Informasi Seputar Penyakit Malaria

Informasi Seputar Penyakit Malaria - Berikut ini adalah sajian informasi mengenai penyakit malaria yang sangat berbahaya bagi penderitanya, hingga bisa menimbulkan gejala-gejala yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman bahkan penyakit malaria ini bisa mengakibatkan kematian. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Informasi Seputar Penyakit Malaria

Penyakit Malaria
Kata Malaria berasal dari bahas Italia " Mala Aria" yang berarti " bad air" dalam bahasa indonesia " Udara Buruk". Penyakit malaria ini juga pernah disebut sebagai penyaki demam rawa. Telah diketahui bahwa penyakit ini pernah mewabah di Eropa dan Amerika Utara. Meskipun penyakit ini jarang ditemukan di belaahan dunia tersebut, dikarenakan perubahan geografi yang telah menyingkirkan rawa-rawa tempat nyamuk malaria berkembang biak.

Plasmodium Protista Eukarotik yang ditularkan oleh nyamuk adalah penyebab utama penyakit malaria. Di dalam tubuh manusia terdapat parasit ini yang bersembunyi dan berkembagn biak dalam hati (liver) kemudian menginfeksi sel darah merah sehingga menyebabkan gejala seperti demam dan sakit kepala, dan pada kasus yang parah akan mengarah pada koma (tidak sadarkan diri) bahkan kematian.

Ada 4 jenis Plasmodium, yaitu : plasmodium vivax, plasmodium ovale, malariae plasmodium dan plasmodium falciparum yang mengakibatkan penyakit malaria. Khusus untuk plasmodium falciparum sering menjurus kepada sakit malaria berat yang sering mengakibatkan kematian (pada tahun 2010 diperkirakan 90% angka kematian akibat malaria terjadi di Sub-Sahara Afrika dimana plasmodium falciparum adalah penyebab yang menimbulkan setiap kasus malaria yang terjadi), sedangkan 3 jenis lainnya adalah jenis malaria yang ringan dan jarang menyebabkan malaria yang akut. Selain dari ke-4 malaria yang kita kenal, ada juga plasmodium knowlesi yang umumnya menyebabkan malaria pada spesies hewan kera, dan juga bisa menginfeksi manusi walaupun kemungkinannya sangat kecil.

Selama 50.000 tahun diperkirakan oleh para ahli kesehatan, manusia telah diinfeksi oleh penyakit malaria ini. Menurut sejarah demam periodik, penyakit malaria telah ditemukan pada tahun 2700 SM di China dan kekaisaran Romawi, dan rekaman sejarah abad 19 mencatat bahwa pada perang pasifik telah diperkirakan sekitar 500.000 tentara As terinfeksi penyakit malaria ini, dimana 60.000 diantaranya tidak dapat diselamatkan jiwanya.

Parasit Malaria yang ditemukan pada jenis hewan mamalia seperti orang utan dan gorila sangat mirip dengan parasit malaria yang ditemukan pada manusi. Diperkirakan berdasarkan bukti-bukti terkini bahwa penyakit malaria ini mungkin berasal dari gorila.

* Simak juga:

0 comments "Informasi Seputar Penyakit Malaria", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment