Gejala Umum Penyakit Malaria

Gejala Umum Penyakit Malaria - Setelah beberapa waktu lalu, kita membahas tentang informasi seputar penyakit malaria, dalam kesempatan kali ini kita akan mambahas tentang gejala atau tanda-tanda yang ditimbulkan oleh penyakit malaria dan dialami oleh penderitanya.

Gejala Umum Penyakit Malaria
Gejala Umum Penyakit Malaria

Meskipun penyakit malaria ini menimbulkan gejala yang ringan, akan tetapi, timbulnya penyakit malaria ini sendiri cukup membuat penderitanya merasa menderita, yaitu : menggigil, disertai dengan sakit kepala, mual, muntah, diare, nyeri oto, dan gejala pegal-pegal. Selatin itu, gejala penyakit malaria yang timbul sangat bervariasi, tergantung dari daya tahan tubuh atau sistem immunitas penderitanya. (Baca : Penyakit Malaria)

Gejala Malaria ada stadium yang berurutan, yaitu :

1. Stadium dingin (cold stage)

Penderita penyakit malaria akan merasa kedinginan lebih dari 15 menit sampai 1 jam, dimulai dengan menggigil dan perasaan sangat dingin, gigi gemeretak, denyut nadi cepat tetapi lemah, bibir dan jari-jari pucat kebiru-biruan (sianotik), kulit kering dan terkadang disertai muntah.

2. Stadium demam (hot stage)

Gejala ini beralngsung dari 2 hingga 4 jam. Penderita penyakit malaria akan merasa kepanasan (fever), wajah merah, kulit kering, sakit kepala dan sering muntah. Nadi menjadi kuat kembali, merasa sangat hasu dna suhu tubuh menjadi menigkat hingga 41 derajat celcius atau lebih. Pada anak-anak, suhu tubuh yang sangat tinggi dapat menimbulkan kejang-kejang.

3. Stadium berkeringat (sweating s tage)

Pada stadium ini berlangsung 2 hingga 4 jam, penderita penyakit malaria berkeringat sangat banyak. Suhu tubuh kembali turun, kadang-kadang sampai di bawah normal. Setelah itu, biasanya penderita dapat beristirahat hingga tertidur. Setelah bangun, penderita merasa lemah tetapi tidak ada gejala alin sehingga dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari.

Gejala penyakit malaria dengan komplikasi (Malaria Berat)

Penderita yang telah terserang penyakit malaria berai ini dalam darahnay ditemukan parasit malaria melalui pemeriksaan laboratorium sediaan darah tepi atau rapid diagnostic test (rdt) dan disertai dengan gejala berikut ini:
  • Gangguan kesadaran dalam berbagai derajat, mulai dari koma sampai penurunan kesadaran ringan, seperti : mengigau, bicara salah, tidur terus, diam saja, dan tingkah laku berubah.
  • Keadaan umum yang sangat lemah (tidak bisa duduk atau berdiri)
  • Kejang-kejang
  • Panas sangat tinggi
  • Mata atau tubuh kuning
  • Tanda-tanda dehidrasi (mata cekung, turgor, dan elastisitas kulit berkurang, bibir kering, produksi air seni berkurang), pendarahan hidung, gusi atau saluran pencernaan.
  • Nafas cepat atas sesak nafas
Demikianlah sajian informasi mengenai Gejala umum penyakit malaria. Meskipun saat ini penyakit malaria jarang sekali ditemukan, akan tetapi kita harus lebih waspada setiap saat akan penyakit malaria ini. Menjaga kebersihan tubuh dna lingkungan adalah kunci utama bagi kita untuk menghindari dari serangan berbagai penyakit terutama penyakit malaria. Semoga bermanfaat..

* Simak Juga :

0 comments "Gejala Umum Penyakit Malaria", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment