Makanan Sehat Pencegah Kanker Serviks

Makanan Sehat Pencegah Kanker Serviks - Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sangat efektif untuk mencegah timbulnya penyakit kanker rahim yang sangat berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi kaum wanita dan telah kita ketahui bahwa penyakit kanker serviks ini dapat merenggut keselamatan jiwa penderitanya.

Penyakit Kanker Serviks
Perempuan terancam penyakit kanker serviks, tidak terkecuali juga wanita yang berusia produktif atau sudah memasuki usia 35-50 tahun. Wanita yang telah melakukan hubungan seksual di bawah usia 20 tahun, memiliki resiko terserang penyakit kanker serviks 2x lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan hubungan seksual di bawah 20 tahun.

Sampai saat ini, gejala awal penyakit kanker serviks belum bisa kita kenali pada awal penyerangannya, karena kebanyakan 70% kasus penderita penyakit kanker serviks ini mengalami gejalanya setelah penyakit kanker rahim yang dideritanya itu memasuki stadium lanjut. Melakukan pencegahan penyakit kanker serviks sedini mungkin dan menjaga pola makan yang sehat serta seimbang adalah hal utama yang harus kita lakukan, demi menjaga kesehatan alat reproduksi pada kaum wanita itu sendiri dan tentunya agar terhindar dari penyakit kanker serviks yang mematikan.

Makanan Sehat Pencegah Penyakit Kanker Serviks

Makanan Sehat Pencegah Kanker Serviks
1. Kubis

Brassica oleracea atau dikenal dengan kubis atau kol ini adalah sayuran yang berasal dari Asia- Mediterania yang memiliki 400 varietas kubis. Kubis memiliki kandungan fitonutrien dan vitamin A, C, dan K. Kubis juga mengandung lupeol, sinigrin, DIM,I3C, suldoraphae untuk menghambat perkembangan sel kanker termasuk kanker serviks. Kubis ini memilik kandungan gizi yang sangat tinggi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

2. Brokoli dan bunga kol

Bunga kol dan brokoli mengandung vitamin B yang mampu mencegah timbulnya penyakit kanker serviks. Selain itu, terdapat pula kandungan glucoraphanin, indole-3-carbinal, senyawa antioksidan yang merupakan anti kanker. Bukan hanya mampu mencegah timbulnya penyakit kanker, tapi bisa juga mencegah penyakit kanker yang lain seperti penyakit kanker prostat dan kanker payudara.

3. Alpukat

Makanan Pencegah Kanker Serviks yang selanjutnya adalah Buah Alpukat. Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat. Selain digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah, buah yang sering dijadikan sebagai bahan dasar minuman jus ini juga mampu mencegah penyakit kanker serviks, karena buah alpukat memiliki 25  nutrisi. Kemampuan yang dimiliki alpikat adalah, mampu menangkal radikal bebas karena adanya kandungan glutation. Selain itu, kandungan asam oleat dari buah alpukat ini juga sangat efektif untuk melindungi tubuh dari kanker.

4. Raspberry, blueberry, blacberry

Kandungan amtioksidan pada buah-buahan ras berry memiliki anti oksidan yang mampu secara efektif mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker serviks.

5. Wortel

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, wortel ternyata memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem immunitas tubuh dari serangan virus, termasuk penyebab penyakit kanker serviks. Dan wortel juga dikenal sebagai syuran sumber vitamin A yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

6. Teh Hijau

Teh hijau (Hanzi) sangat terkenal di berbagai negara Tiongkok, Taiwan, Jepang, Asia Tenggara, Hongkong, karena manfaatnya yang dapat melawan sel-sel kanker. Hal ini dikarenakan dalam teh tersebut terdapat kandungan polyphenol dan flavonoid yang dapat membuat sel kanker menjadi pasif dan membangung kembali sistem imunitas tubuh dengan baik.

7. Cokelat

Kakao atau dikenal dengan istilah ilmiah (Theobroma cacao) yaitu Cokelat memiliki kandungan vitamin A, B, C, D dan E, serta mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat membuat kita terhindar dari radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit kanker serviks.

8. Tomat

Lycopene, carotenoid pigment berdasarkan penlitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, telah diketahuo dapat mengurangi resiko penyakit kanker serviks. Manfaat tomat ini dapat kita peroleh dari berbagai olahan tomat, dan penelitian mengenai keampuhan tomat dalam memerangi penyakit kanker serviks ini didukung oleh Harvard School of Public Health.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitu memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan. Kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun mampu menjaga kesehatan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker dan mampu mengobati penyakit kanker serviks atau penyakit kanker rahim.

Itulah beberapa makanan sehat pencegah penyakit kanker serviks (Baca : Obat Tradisional Penyakit Kanker Serviks). Semoga bermanfaat dan membantu proses penyembuhan penyakit kanker serviks yang saat ini anda jalani. Dengan melakukan kebiasaan serta pola makan yang sehat dan seimbang, adalah kunci utama bagi kita untuk menghindari serangan penyakit yang menjadi penyebab kematian kaum wanita di seluruh dunia ini. Salam sehat..

0 comments "Makanan Sehat Pencegah Kanker Serviks", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment