Penyakit Radang Usus Besar Colitis

Penyakit Radang Usus Besar Colitis dalam bahasa medis disebut dengan kolitis, berasal dari kata kolon (usus besar) dan itis (peradangan). Kolitis ini merupakan suatu penyakit berupa peradangan pada usus besar yang akan menimbulkan gejala nyeri, meradang, diarea dan pendarahan anus. Usus besar meliputi area dari caecum (tempat menempel usus buntu atau appendiks), kolon ascendant, kolon transversum, kolon descendent sigmoid, rektum dan anus.


Penyakit Radang Usus Besar Colitis

Penyebab Penyakit Radang Usus Besar Colitis ini menurut Dr . Betty diantaranya adalah 
  • Infkesi virus atau parasit. infeksi ini diakibatkan oleh makanan, minuman atau tangan yang kotor tidak dicuci terlebih dahulu ketika hendak makan.
  • Iskemok kronis (aliran darah yang tidak kuat), yaitu pada kasus atherosklerosis, volvulus, hernia inkarserata dan Henoch-Schonlein purpura (HSP). Biasanya kasus ini disertai dengan demam, diarea yang disertai darah, anemia, dehidrasi dan syok.
  • Reaksi autoimun. Penyakit kolitis ini juga bisa disebabkan oleh reaksi autoimun yang biasa disebut dengan inflammatory bowel disease (penyakit peradangan usus), meliputi kolitis ulseratif dan penyakit Crohn's. Pada kolitis ulseratif gejala yang lebih dominan adalah nyeri perut, sedangkan penyakit Chron's melibatkan saluran pencernaan yang lain, tidak hanya usus besar dan disertai dengan skip lesion.
  • Kolitis mikroskopik, yang meliputi kolitis kolagenosa dan kolitis limfositik. Pada kolitis mikropkopik ini dinding usus besar terisi oleh kolagen dan limfosit, gejalanya adalah diare yang sebagian besar seperti air dan tanpa darah.
Penyakit radang usus besar banyak terjadi pada wanita lansia, namun penyebab dari radang usus besar ini belum diketahui.Penggunaan bahan-bahan kimia juga dapat mengakibatkan kolitis, misalnya enema. sementara radang usus colitis pada anak-anak meliputi necrotizing enterocolitis (NEC) dan kolitis alergi.

Gejala Penyakit Radang Usus Besar Colitis

Umumnya gejala penyakit radang usus besar atau colitis ini tergantung pada penyebabnya, namun umumnya seseorang yang menderita penyakit radang usus besar akan mengalami gejala berikut ini:
  • Nyeri perut disertai dengan diare
  • Kembung dan peningkatan volume udara usus
  • Pendarahan saat terjadinya gerakan usus
  • Tenesmus atau nyeri akibat adanya peregangan pada pergerakan usus
  • Nyeri perut bisa bertambah saat diare dan kemudian berkurang
  • Demam, menggigil dan disertai dengan tanda-tanda infeksi lainnya.
Pemeriksaan untuk mengetahui apakah gejala yang dialami adalah bagian dari gejala penyakit kolitis atau bukan, biasanya akan dilakukan pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah lengkap, elektrolit, ginjal, sampel feses. Pemeriksaan pencitraan berupa kolonoskopi, biopsi, barieum enema, juga CT scan. Biasanya pengobatan yang diberikan dokter untuk penderita penyakit kolitis ini adalah didasari dengan pemberian ciaran adekuat secara intravena, transfusi darah jika diperlukan, diet cair tanpa serat, dimana akan dilakukan pengistirahatan usus besar karena tidak menghasilkan amaps/sisa.

Pengobatan untuk Penderita Penyakit Radang Usus (Colitis)

Obat-obatan yang diberikan kepada penderita penyakit Colitis ini antara lain adalah antibiotik, anti nyeri, antiradang, immunosupresan dan penghenti diare. Terapi bedah akan dilakukan jika memang diperlukan. Keputusan operasi akan dilakukan tergantung dari keparahan penykait, respon terhadap terapi konservatif dan penyebabnya.

Penyakit radang usus colitis ini tentunya tidak hanya bisa disembuhkan dengan jalan operasi. Terdapat obat herbal dari tanaman alami yang berkhasiat tinggi dan bersifat antikanker, antijamur, antinyeri, antiradang,penghenti diare, anti inflamasi, antibiotik alamiah yang mampu mengatasi peradangan akibat infeksi bakteri pada usus besar, yaitu dengan menggunakan kombinasi kulit manggis dan daun sirsak yang tersaji dalam Ace Max's Obat Tradisional Penyakit Radang Usus.

Semoga sajian informasi penyakit radang usus colitis yang kami berikan bermanfaat. Jagalah kebersihan tubuh serta lingkungan, karena dengan menjalani pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat adalah langkah awal bagi kita untuk menjadikan tubuh lebih sehat dan bahagia. Salam sehat..

1 comments:

  1. thanks atas infonya, sangat bermanfaat sekali ditunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete