Khasiat Kentang untuk Kesehatan

Khasiat Kentang untuk Kesehatan - Kentang telah populer sebagai salah satu bahan utama makanan. Selain itu, banyak orang yang menggunakannya sebagai makanan alternatif untuk membantu program diet yang sedang dijalani. Hal ini karena kentang kaya akan krbohidrat seperti halnya gandum atau nasi, namun dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, sehingga sangat bermnafaat untuk kesehatan tubuh kita.

Khasiat Kentang untuk Kesehatan

Khasiat Kentang untuk Kesehatan
1. Tinggi Serat

Kentang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut, kentang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan sistem pencernaan. Dan tentunya, kentang ini juga dijadikan sebagai makanan alternatif bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena kentang kaya akan kandungan serat, memiliki kandungan karbohidrat tapi memliki kadar kalori yang rendah. (Baca : Obat Tradisional untuk Melangsingkan Tubuh).

2. Melawan Penyakit

Kentang telah diketahui mampu mengurangi resiko penyakit kanker, salah satunya adalah mencegah kanker prostat dan kanker rahim. Beberapa penelitian yang telah dilakukan para ahli juga menunjukkan bahwa kentang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kentang mengandung vitamin B6 yang dapat membantu melawan gangguan syaraf dan pembentukan kristal atau tumor.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kentang memilki kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Membalurkan jus ketang di area wajah atau menjadikannya sebagai masker, akan membuat kulit wajah Anda menjadi lebih bersih dan tampak lebih bersinar. Seperti halnya timun, potongan kentang yang diletakkan di bagian mata selama 30 menit, akan dapat mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam dibawah mata.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mungkin kita telah mendengar bahwa kentang dapat menggemukkan badan. Namun faktanya, kentang tidak memiliki kadar kalori yang tinggi seperti halnya nasi. Bahkan kentang mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga Anda tidak mudah lapar. Selain itu, kentang juga mampu membantu Anda dalam menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Baik untuk Otak

Kentang kaya akan zat besi dan tembaga, dan kedua kandungan tersebut sangatlah bermanfaat untuk perkembangan otak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita memasukkan kentang ke dalam menu harian kita.

6. Mencegah Peradangan

Jika Anda memiliki peradangan baik itu peradangan internal ataupun peradangan eksternal, jangan pernah khawatir. Kentang mampu membantu Anda untuk mengatasi peradangan yang sedang diderita. Kentang merupakan jenis sayuran yang mudah dicerna dan mampu mengurangi peradangan pada usus dan sistem pencernaan, serta pada bagian mulut. Untuk peradangan eksternal, jus kentang akan sangat membantu untuk mengobati memar, luka bakar, keseleo, dan bisul. Selain itu, kentang juga diketahui dapat mengobati efek narkotika dan masalah kulit lainnya.

7. Mengatasi Batu Ginjal

Kentang memang mengandung zat besi dan kalsium yang juga dapat membantu pembentukan batu ginjal. Namun, kentang sangat kaya akan magnesium yang dapat mencegah terjadinya akumulasi atau deposisi kalsium dalam ginjal dan jariangan lain sehingga kentang terbukti bermanfaat untuk mengobati penyakit batu ginjal. Pada dokter menyarankan para penderita penyakit batu ginjal untuk memasukkan kentang ke dalam menu makan hariannya.

8. Pereda Stress

Kentang mengandung vitamin B6, mampu menghilangkan stress yang berasal dari pikiran. Kentang membuat hormon adrenalin yang dapat merespon stress, hingga pada akhirnya membuat tubuh menjadi rileks kembali dan memberikan perasaan menenangkan.

Itulah beberapa khasiat kentang untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda menganai manfaat yang terkandung dalam kentang. Simak sajian lengkap mengenai artikel kesehatan lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Khasiat Kentang untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment