Khasiat Daun Selada untuk Kesehatan

Khasiat Daun Selada untuk Kesehatan - Siapa yang tak kenal salah satu jenis sayuran ini? Ya, selada memang sudah populer di kalangan masyarakat luas, karena kerap kali digunakan sebagai lalapan dan sering juga dijadikan untuk salad, bahkan sering disebut sebagai rajanya salad, hal ini karena teksturnya yang sangat halus.

Khasiat Daun Selada untuk Kesehatan
Selada ini memiliki nama Latin lactuca sativa dan termasuk ke dalam Asteraceae. Daun selada sering dikonsumsi dalam keadaan mentah dan kita dapat menemukannya dalam beberapa jenis makanan seperti pada salad atau hamburger, dan tak jarangan pula banyak yang mengkonsumsi selada ini sebagai lalapan temak makan sambal.

Selada memiliki beberapa jenis varian, namun yang dikenal secara luas hanya ada 5 jenis saja. Diantaranya adalah butterhead (boston), selada china, crisphead (Iceberg), looseleaf, Romaine, dan Summer Crisp (Batavia).

Kandungan Nutrisi Daun Selada

Sayur selada ini adalah sumber yang baik bagi klorofil dan vitamin K, kaya akan garam minerl dengan unsur-unsur alkali yang sangat mendominasi. Hal ini tentunya akan membantu menjaga darah tetap bersih, pikiran dan tubuh dalam keadaan sehat.

Selada berdaun kaya akan lutein dan beta-karoten, juga memasok vitamin C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Vitamin K berfungsi untuk membantu pembekuan darah. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan B6, asam folat likopen, kaliu, dan zeaxanthon. Selada mengandung aklaliod yang bertanggungjawab dalam efek terapeutik.

Meskipun semua varietas selada memiliki kalori rendah, namun memiliki kandungan gizi yang berbeda. Selada merupakan sumber kolin yang baik. Selada Romain yang paling padat nutrisi dari semua varietas dan merupakan sumber vitamin A, B1, B2, dan C, asam folat, mangan, kromium. Selada merah mendapatkan warna merahnya dari pigmen yang disebut dengan antosianin, pigmen ini berfungsi sebagai antioksidan, menghilangkan radikal bebas yang merusak sel dan penyebab terjadinya berbagai jenis penyakit. Beberapa peneliti menemukan berbagai selada merah mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat.

Khasiat Daun Selada untuk Kesehatan

1. Menjaga berat badan

Selada sangat baik untuk Anda yang sedang melakukan program diet, karena rendah akan kalori, rata-rata hanya 1-50/porsi. Selada juga kaya air, memungkinkan tubuh Anda untuk terhidrasi dengan baik. Selada juga mengandung serat yang mampu membantu sistem pencernaan dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

2. Membantu mengatasi sembelit

Selada mengandung serat makanan yang dapat membantu usus untuk bergerak lebih mudah, sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh dan sebagai salah satu jenis sayuran yang bermanfaat sebagai obat alami pencegah sembelit. Selada juga terbukti mampu mengobati gangguan asam lambung atau sebagai obat tradisional penyakit asam lambung (penyakit maag), mengatasi arthritris, katarak, masalah peredaran darah, dan kolitis.

3. Membantu dalam pemulihan jaringan

Selada memiliki kandungan magnesium yang sangat tinggi. Sedangkan magnesium ini adalah elemen yang berperan aktif dalam pemulihan jaringan, syarafa, otak, dan otot. Selain itu, magnesium juga memiliki kontribusi untuk mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan tersebut. Mengkonsumsi selada bisa mempercepat bangkitnya otot-otot lelah, jaringan dan syaraf.

4. Menenangkan gairan seksual

Para peneliti di Universitas California menyatakan hasil percobaannya, bahwa selada memiliki efek menenangkan pada gairah seksual, yang berpengaruh kuat pada peningkatan tingkat kesuburan. Meskipun temuan ini tampak begitu tak biasa, selada sering disarankan untuk membantu pria yang mengalami keluhan penyakit ejakulasi dini. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Lemah Syahwat).

5. Nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan menyusui

Asam folat dalam selada mampu membantu mencegah terjadinya anemia megaloblastik selama kehamilan. Hal ini telah ditunjukkan dalam serangkaian percobaan pada ibu yang rajin mengkonsumsi selada bebas dari anemia. Makan selada juga memiliki dampak positif pada sekresi hormon progesteron. Mengkonsumsi selada dengan bayam, asparagus, kacang polong, dan kembang kol akan meningkatkan asam folat atau vitamin B dari menu makanan. Sekitar 300-500 mcg vitamin ini diperlukan selama trimester terakhir kehamilan. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan anemia megaloblastik.

6. Melawan penyakit

Selada mengadung beta-karoten yang merupakan pejuang untuk melawan penyakit. Penyakit tertentu seperti katarak, stroke, penyakit jantung, dan kanker dapat dilawan dengan mengkonsumsi daun selada secara rutin dalam menu harian Anda.

7. Mencegah kanker

Menurut American Cancer Institute dan American Cancer Society, makanan yang kaya akan vitamin A dan C dapat membantu mencegah penyakit kanker. Selada mengandung kedua vitamin tersebut.

8. Meredakan sakit kepala

Daun selada ternyata merupakan salah satu jenis tanaman herbal untuk sakit kepala. Jus daun selada bila dicampur dengan minyak mawar, lalu ditempelkan pada dahi, dapat membantu meredakan keluhan sakit kepala yang Anda rasakan, sehingga dapat menjamin tidur menjadi lebih nyenyak.

9. Mencegah cacat lahir

Selada kaya akan asam folat, yang dikenal dapat membantu mencegah cacat lahir pada tahap awal kehamilan, selain itu juga mampu mencegah terjadinya penyakit anemia.

10. Mencegah insomnia

Mengkonsumsi selada dapat membantu melawan penyakit insomnia atau penyakit susah tidur, hal ini akrena selada mengandung zat yang menginduksi tidur yang disebut dengan lactucarium. Ini adalah zat candu ringan yang ada pada hampir semua jenis selada.

11. Merawat rambut rontok

Campuran jus selada dengan jus bayam sangat baik untuk mereka yang memiliki masalah dengan rambut rontok. Atasi rambut rontok dengan menggunakan bahan alami, tentunya ini akan lebih menguntungkan bagi Anda, karena selain mampu bekerja mengatasi kerontokan rambut secara alami, penggunaan selada untuk rambut rontok ini tidak memerlukan biaya yang menguras kantong Anda. Menarik bukan?

12. Menjaga kesehatan organ hati

Itulah beberapa khasiat daun selada untuk kesehatan tubuh. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat selada yang luar biasia bagi kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba..

1 comments:

  1. Nah sudah taukan manfaat daun selada? Tau gak Manfaat Selada untuk diet juga bisa loh, butuh selada? silahkan kontak kami.

    ReplyDelete