Langkah Pencegahan Penyakit Malaria

Langkah Pencegahan Penyakit Malaria - Berikut ini adalah Tips Mencegah Penyakit Malaria yang sederhana dan tentunya dapat kita lakukan sendiri. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Informasi Seputar Penyakit Malaria dan Gejala Umum Penyakit Malaria. Mari kita simak sajian informasi mengenai cara mencegah malaria berikut ini.

Langkah Pencegahan Penyakit Malaria

Langkah Pencegahan Penyakit Malaria

1. Menghindari gigitan nyamuk malaria

Cara mencegah penyakit malaria yang pertama adalah dengan menghindari gigitan nyamuk malaria tersebut. Di daerah rawa-rawa atau pingiran kota yang banyak sawah, tambak ikan, disarankan untuk memakan baju lengan panjang dan celana panjanng saat keluar rumah terutama pada malam hari. Juga bagi merekan yang tinggal di daerah endemis malaria agar memasang kawat kasa di jendela dan ventilasi rumah, dan menggunakan kelambu saat tidur. Selain itu, kita juga dapat menggunakan obat nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk malaria tersebut.

2. Membunu jentik nyamuk dan nyamuk malaria dewasa

Untuk membunuh jentik nyamuk dan nyamuk malaria dewasa, dapat dilakukan tindakan berikut ini:
  • Penyemprotan rumah. Sebaiknya penyemprotan dilakukan di daerah endemis malaria dengan insektisida 2 kali dalam setahun dengan interval waktu enam bulan.
  • Larvaciding. Merupakan kegiatan penyemprotan rawa-rawa yang potensial tempat peindukan nyamuk malaria.
  • Biological control. Adalah suatu kegiatan penebaran ikan kepala timah dan ikan guppy di genangan-genangan air yang mengalir di persawahan. Ikan-ikan tersebut berfungsi sebagai pemangsa jentik-jentik nyamuk malaria.

3. Mengurangi tempat perindukan malaria

Tempat perindukan malaria ini bervariasi, tergantung variasi spesies nyamuknya itu sendiri. Di daerah endemis malaria, masyarakat perlu menjaga kebersihan lingkungan. Membersihkan lingkungan dan barang-barang yang tak terpakai yang memungkinkan menjadi genangan air tempat perkembangan larva nyamuk malaria, besihkan dan kubur barang-barangan atau sampah yang tak terpakai.

4. Pemberian obat pencegahan malaria

Pemberian obat pencegahan malaria (Profilaksis) malaria bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi, serta timbulnya gejala penyakit malaria. Orang yang akan berpergian ke daerah-daerah endemis malaria harus minum obat malaria sekurang-kurangnya seminggu sebelum keberangkatannya sampai 4 minggu setelah orang tersebut meninggalkan daerah endemis malaria tersebut.

Itulah beberapa langkah pencegahan penyakit malaria. Semoga bermanfaat dan menambah kesadaran kita akan pentingnya menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan guna mencegah terjadinya serangan penyakit malaria ini. Salam sehat..

* Simak juga:

1 comments:

  1. pembersihan terhadap bintik-bintik nyamuk memang sangat diperlukan, makanya kalau dulu masih diberlakukan penyemprotan nyamuk yang dari rumah ke rumah hal ini untuk mencegah malaria dan dbd. namun tanpa antisipasi masyarakat mungkin hal ini hanya bersifat membantu sementara.

    ReplyDelete