Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan - Kemajuan zaman semakin pesat, dan di Era modern saat ini banyak sekali orang yang lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji, dan kebanyakan dari masyarakat kita seolah menutup mata akan beberapa bahan-bahan maknan alami yang dapat dengan mudah kita temui di lingkungan sekitar kita dan tentunya kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Ya, kali ini bahan alami dengan sejuta manfaat yang akan kita bahas adalah jantung pisang.

Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan
Pisang adalah salah satu jenis tanaman yang dimulai dari akar, batang, hingga daunnya dapat kita ambil manfaatnya untuk kebutuhan sehari-hari. Dan yang tak kalah menarik dari pisang ini ternyata jantungnya pun memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan menyatakan bahwa jantung pisang memilki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Jantung Pisang

Jantung Pisang mengandung zat-zat atau nutrisi yang sangat bermanfaat untuk keshatan tubuh kita, antara lain : flavonoid, protein, fosfor, mineral, kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan kata lain, jantung adalah bahan pangan yang memiliki kandungan nutrisi paling lengkap. Dan yang paling penting adalah, jantung pisang sangat aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalami program diet karena kandungan lemaknya sangat rendah, dan memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Tidak jarang orang menganggap remeh jantung pisang ini, karena harganya yang sangat murah dan identik dikonsumsi oleh kalangan pinggiran. Sebagian orang lebih memiliki untuk membeli dan mengolah sayuran yang lain dibandingkan dengan jantung pisang, mungkin hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan akan manfaat jantung pisang itu sendiri. Lain halnya jika Anda mengetahui khasiat jantung pisang untuk kesehatan, mungkin Anda akan berfikir dua kali.

a. Mencegah Penyakit Stroke

Khasiat jantung pisang untuk kesehatan yang menakjubkan adalah kemampuannya yang dapat mencegah terjadinya penyakit stroke. Jantung pisang mampu melancarkan sirkulasi darah. Hal ini karena jantung pisang bersifat anti-koagulan yang mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Mengingat penyembuhan penyakit stroke terbilang mahal, rasanya kita semua akan memiliki pendapat yang sama, akan lebih baik jika kita mencegah penyakit stroke sedini mungkin dengan mengkonsumsi jantung pisang dan menambahkannya dalam menu harian kita. Selain memiliki rasa yang tak kalah lezat dengan makanan lain, jantung pisang juga efektif dijadikan sebagai obat tradisional penyakit stroke.

b. Membantu Program Diet

Jantung pisang sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet rendah lemak, hal ini karena khasiat jantung pisang mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan nasi dan makanan lainnya. Selain itu, jantung pisang juga mengandung serat yang tinggi sehingga berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan perut Anda. (Baca : Obat Tradisional untuk Melangsingkan Tubuh).

c. Mengobati Diabetes

Diketahui bahwa jantung pisang sangat baik untuk penderita penyakit diabetes. Hal ini karena kandungan indeks glikemik (GI) yang terdapat dalam jantung pisang tergolong rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes mellitus. (Simak : Obat Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus). 

Kebanyakan diantara masyarakat kita hanya mengambil bagian buahnya saja, sedangkan jantung pisangnya sendiri dibuang. Nah, sekarang Anda sudah tahu mengenai khasiat jantung pisang untuk kesehatan, sudah saatnya kita memanfaatkan potensi alam, yaitu dengan mengambil manfaat dari jantung pisang yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar kita. Terima kasih telah menyimak sajian khasiat jantung pisang untuk kesehatan. Semoga bermanfaat..

1 comments: