Macam-Macam Kelainan (Penyakit) Pada Mata

Macam-Macam Kelainan (Penyakit) Pada Mata - Gangguan atau kelainan pada mata banyak macamnya. Ada yang menular dan ada juga yang tidak menular. Rata-rata kelainan atau penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri dan virus bersifat menular, sedangkan penyakit mata yang disebabkan karena alergi atau merupakan penyakit bawaan (genetis), maka penyakit mata tersebut tidak akan menular. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak sajian informasi berikut ini.

Macam-Macam Penyakit Mata

Macam-Macam Kelainan (Penyakit) Pada Mata

1. Rabun Jauh (Miopi)

Adalah cacat mata dengna kondisi mata tidak dapat melihat yang bejarak jauh. Gangguan rabun jauh ini disebabkan oleh bola mata yang terlalu panjang atau lensa terlalu cembung, sehingga bayangan benda jatuh di depan retina. Rabun jauh atau miopi ini dapat dibantu dengan kaca mata berlensa cekung atau negatif.

2. Rabun Dekat (Hipermetropi)

Penderita gangguan mata jenis ini tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat. Hal ini dikarenakan oleh bola mata yang terlalu pendek atau lensa mata yang terlalu pipih, sehingga bayangan benda jatuh di belakang retina. Untuk membatu penderita penyakit hipermetropi ini bisa menggunakan kaca mata berlensa cembung atau positif.

3. Mata Tua (Presbiopi)

Penderita presbiopi tidak jelas melihat benda yang berjarak jaih maupun dekat. Pada umumnya penyakit ini diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia (lansia). Faktor penyebab yang menjadi pemicu terjadinya penyakit mata tua ini adalah karena otot penggerak lensa mata yang sudah mengendor, sehingga daya akomodasinya berkurang. Penderita penyakit presbiopi ini dapat ditolong dengan menggunakan kaca mata berlensa rangkap, yaitu cekung dan cembung.

4. Rabun Senja atau Rabun Ayam

Seseorang yang menderita penyakit atau kelainan mata rabun senja ini kurang jelas dalam melihat benda pada malam hari atau dalam keadaan remang-remang (kurang pencahayaan). Kelaianan atau gangguan mata rabun senja ini diakibatkan oleh kekurangan vitamin A. Untuk dapat mencegah hal ini terjadi, konsumsilah makanan-makanan yang cukup mengandung vitamin A, seperti sayur-sayuran atau buah-buahan yang berwarna jingga atau oranye, seperti : wortel.

5 Astigmatisma (Mata Silindris)

Astigmatisma adalah gangguan yang mengakibatkan penglihatan menjadi kabur atau samar-samar, disebabkan oleh kornea mata yang tidak rata. Astigmatisma atau mata silindris ini dapat ditolong dengan menggunakan kaca mata silindris.

6. Buta Warna

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah penyakit buta warna? Ya, seseorang yang menderita penyakit buta warna ini tidak dapat membedakan warna tertentu (warna yang agak samar-samat atau sama), dan penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini bersifat menurun atau genetis dan tidak dapat disembuhkan.

7. Katarak

Pada penderita penyakit katarak ini lensa matanya keruh, sehingga menghalangi masuknya sinar cahaya ke bagian retina. Pada umumnya, penyakit katarak diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia, tapi tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini juga menyerang mereka yang masih dalam usia muda. Salah satu solusi yang paling umum digunakan untuk menolong penderita penyakit katarak adalah dengan tindakan operasi.

Itulah beberapa jenis gangguan pada mata. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai macam-macam kelainan(penyakit) pada mata dan tentunya semoga kita bisa lebih mensyukuri atas karunia Allah SWT. yang telah memberikan anugerah kepada kita untuk dapat melihat keindahan dunia dengan mata yang sempurna. Salam sehat..

0 comments "Macam-Macam Kelainan (Penyakit) Pada Mata ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment