Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan - Pepaya memiliki nama ilmiah Carica papaya, jenis tumbuhan jenis genus yang tumbuh dengan subur pada daerah yang beriklim tropis. Diperkirakan berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Serikat bagian utara, penyebaran sudah mencakup seluruh dunia.

Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya
  • Vitamin A (1.750 IU)
  • Vitamin B ( 0.03 mg)
  • Vitamin C (56 mg)
  • Kalium (470 mg)
  • Zat Besi (0.3 mg)
  • Kalsium (20 mg)
  • Riboflavin (0.04 mg)
  • Fosfor (16 mg)
  • Niacin (0.3 mg)
  • Lemak (0.1 gr)
  • Karbohidrat (10 gr)
  • Protein (0.6 gr)
  • Kalori (39)
Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata
Buah pepaya mengandung vitamin A yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

2. Mencegah stroke dan serangan jantung
Selain kaya akan vitamin A, buah pepaya juga kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol yang mengakibatkan stroke ataupun serangan jantung.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Mengalami flu, meriang, secara tiba-tiba padahal cuaca sangat cerah. Hal tersebut bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh Anda mengalami penurunan. Bagi Anda ang mengalaminya, bisa mencoba mengkonsumsi buah pepaya untuk mengatasinya karena kandungan vitamin C dalam buah pepaya ini mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

4. Mengatasi sembelit
Kandungan Papain dalam buah pepaya mampu membunuh bakteri yang mengganggu sistem pencernaan serta sebagai biang penyebab sembelit. Dengang mengkonsumsi pepaya secara rutin, maka Anda akan terhindar dari penyakit sembelit dan sistem pencernaan tubuh Anda juga akan semakin lancar dan sehat.

5. Menjaga kesehatan kulit
Anda memiliki keluhan kulit kering atau kusam? Anda bisa mencoba mengatasi semua masalah tersebut dengan menggunakan buah yang memiliki warna kuning oranye ini. Dengan rajin mengkonsumsi  buah pepaya, maka kecukupan nutrisi kulit Anda akan terpenuhi, hal ini karena kandungan vitamin C dan E dalam buah pepaya dapat membantu menutrisi kulit kering dan meremajakan sel kulit secara alami.

6. Mengobati luka pada kulit
Selain daging buahnya yang memiliki banyak sekali manfaat, ternyata kulit buah pepaya inipun memiliki manfaat untuk mengobati luka. Jika Anda memiliki keluhan iritasi maupun luka gores pada kulit, kulit buah pepaya bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengobatannya.

7. Membersihkan racun dalam tubuh
Hobi mengkonsumsi makanan cepat saji maupun makanan yang diolah dari bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh, tentunya itu akan memberikan dampak tersendiri bagi kesehatan tubuh seseorang. Jika Anda mengkonsumsi buah pepaya secara rutin, maka kandungan zat antioksidan dalam buah pepaya tersebut mampu menetralkan racun-racun atau toksin yang bersarang dalam tubuh secara tuntas.

8. Menjaga kesehatan ginjal
Tidak hanya buah dan kulitnya saja, ternyata biji buah pepaya juga memiliki khasiat yang tak kalah luar biasanya, yaitu untuk menjaga kesehatan organ ginjal. Biji pepaya mengandung nutrisi penting seperti : flavonoid dan phenotic yang merupakan zat aktif yang berperan dalam menjaga kesehatan ginjal.

9. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan dalam buah pepaya akan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan berbagai masalah di kulit, seperti : flek, keriput, dan sebagainya. (Baca : Obat Tradisional Pencegah Penuaan Dini).

10. Vitalitas pria
Kandungan enzim arginine dalam pepaya, efektif untuk mendongkrak aliran darah di area Mr.P. Arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga Mr.P membesar dan aliran darah di area tersebut menjadi lancar. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Lemah Syahwat).

11. Menambah nafsu makan
Anda atau salah satu dari anggota keluarga sedang tidak nafsu makan? Jika iya, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mengkonsumsi bahan alami untuk menambah nafsu makan ini. Caranya dengan memetik selembar daun pepaya dan lumatkan dengan tangan. Tambahkan garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras dan ambil airnya dan minumlah sekaligus.

12. Obat sakit gigi
Cukup dengan meneteskan getah daun pepaya muda pada gigi yang sakit dengan menggunakan kapas. Lakukan secara rutin, hingga rasa nyeri mereda.

Itulah sajian informasi mengenai khasiat buah pepaya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai sejuta manfaat dari buah pepaya dan bisa kita gunakan untuk memelihara kesehatan tubuh dan penyembuhan beberapa jenis penyakit. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment