Faktor Penyebab Terjadinya Rambut Rontok

Faktor Penyebab Terjadinya Rambut Rontok - Rambut adalah mahkota bagi kaum hawa. Selain memiliki predikat sebagai mahkota, rambut juga memiliki fungsi lain yaitu untuk melindungi kulit kepala dari paparan terik matahari panas atau cuaca dingin. Rambut berfungsi melindungi kepala yang memiliki peranan penting dalam tubuh kita.

Rambut Rontok
Rambut rontok adalah salah satu keluhan yang umumnya dirasakan oleh setiap orang. Tentunya hal ini sangat wajar dan sebagian besar orang juga pernah mengalaminya. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika kerontokan rambut yang Anda keluhakan terjadi dalam jangka waktu yang lama dan rambut yang rontokpun sangat banyak, hal ini akan membuat Anda merasa kesal. 

Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab rambut Anda menjadi rontok? simak sajian lengkapnya berikut ini.

Faktor Penyebab Terjadinya Rambut Rontok

Rambut rontok tentunya tidak terjadi begitu saja tanpa penyebab, ada beberapa hal yang menjadi pemicu kerontokan pada rambut. Penyebab rambut rontok dibagi menjadi 2, yaitu : faktor Eksternal dan Faktor Internal.

A. Faktor Eksternal

1. Gaya Rambut
Faktor yang menyebabkan rambut rontok adalah sering mengubah-ubah gaya rambut. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu kesehatan rambut Anda sebelum Anda memutuskan mengubah gaya rambut. Karena beberapa gaya rambut dapat mengakibatkan rambut menjadi tertarik hingga akarnya. Selain itu, juga dapat membuat rambut menjadi cepat rapuh dan mudah patah.

2. Bahan Kimia
Pengunaan bahan kimia untuk mewarnai, meluruskan dan membuat rambut menjadi gelombang secara permanen dapat mengakibatkan rambut menjadi cepat rusak jika digunakan secara berlebihan dan tidak tepat dalam menggunakannya. Selain itu, penataan rambut dan mengikat rambut secara berlebihan juga dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak dan rontok.

3. Radikal Bebas
Radikal bebas adalah zat beracin yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Pada umumnya, radikal bebas berasal dari polusi dan asap-asap beracun. Akibatnya kulit menjadi keriput, muncul bintik-bintik hitam pada wajah dan rambut menjadi lebih cepat rontok.

B. Faktor Internal

1. Keturunan
Faktor internal penyebab terjadinya rambut rontok dikarenakan faktor keturunan atau genetik, hal ini dapat disebabkan jika salah astu dari orang tua memiliki gen yang dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga hal ini dapat diturunkan pada anak-anak mereka. Biasanya hal tersebut dapat diketahui dengan cara memeriksa diri pada ahli kulit.

2. Hormon
Hormon yang tidak seimbang dapat mengkibatkan rambut menjadi rontok, sehingga terkadang ibu yang sedang hamil atau mengandung biasanya akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok cukup parah.

3. Stress
Stress adalah salah satu penyebab rambut rontok. Biasanya rambut akan menjadi lebih mudah rontok, ketika sedang mengalami hal yang dapat menyebabkan stress. Pada saat menglami stress, rambut menjadi lebih cepat rontok dibandingkan pada saat-saat biasa. (Baca : Obat Tradisional Penghilang Stress).

4. Penyakit
Penyakit diabetes mellitus (kencing manis) dan penyakit lupus dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut.

5. Kekurangan kalori dan nutrisi
Biasanya seseorang yang sering melakukan diet dapat menyebabkan efek samping pada terjadinya kekurangan protein, kalori dan nutrisi rambut, sehingga rambut menjadi tidak sehat, lemah dan pada akhirnya rontok. Cara mengatasinya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat seimbang dan bergizi tinggi.
Itulah sajian lengkap mengenai faktor penyebab terjadinya rambut rontok. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai faktor pemicu apa saja yang bisa menimbulkan kerontokkan pada rambut Anda. Simak juga sajian informasi kesehatan menarik lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel. Salam sehat..

0 comments "Faktor Penyebab Terjadinya Rambut Rontok", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment