Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan - Bawang merah adalah salah satu jenis rempah-rempah yang populer sebagai bumbu dapur, yang mampu menambah citarasa masakan menjadi lebih nikmat. Tahukah Anda bahwa bawang merah yang kerap kita jumpai di dapur rumah kita ini justru sangat populer di dunia medis karena kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai jenis penyakit berbahaya. Bawang merah juga sebagai sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Kandungan Nutrisi Bawang Merah

Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan
Bawang merah adalah jenis makanan yang padat nutrisi yang berarti rendah kalori dan tinggi nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah vitamin, mineral, dan antioksidan. Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :
  • 64 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 lemak
  • 0 kolesterol
  • 3 gram serat
  • 7 gram gula
  • 2 gram protein dan 10%
  • Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  • Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.
Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang merah untuk bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya sebagai rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu masakan saja, tapi khasiatnya memang sudah terbukti mampu mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya. Adapun khasiat bawang merah untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Pencegah Kanker

Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Manfaat dari bawang merah itu sendiri, cenderung karena sebagian senaywa organosulfur mereka yang kaya. Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis. Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas yang telah diketahui sebagai penyebab penyakit kanker.

2. Obat Kanker Prostat

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara aupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tinggi, memiliki resiko yang rendah terhadap kanker prostat. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Kanker Prostat).

3. Esofagus dan Kanker Perut

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

4. Mengatur Tidur dan Suasana Hati

Folat ditemukan dalam bawang merah, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lainnya untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang tidak hanya mengatur suasana hati, tetapi juga nafsu makan, dan tidur dengan baik serta terhindar dari masalah Insomnia.

5. Baik untuk Kesahatan Jantung

Kandungan sulfida methylallyl dan asam amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Bawan merah juga mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

6. Mengatasi Perut Kembung pada Anak-anak

Anak-anak dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang menyebabkan perut menjadi kembung. Untuk mengatasinya caranya sangat mudah, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian baluskan pada bagian pusar si kecil.

7. Meredakan Batuk

Batuk sering menyerang kita saat suasana dingin, dan yang paling rentan terserang batuk ini adalah anak-anak. Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan dengan minyak telon dan balurkan ke sekujur punggung dengan sedikit diurut.

8. Mengatasi Sembelit

Bawang merah adalah salah satu jenis rempah yang memiliki khasiat sebagai obat tradisional penyakit sembelit. Serat yang terdapat dalam bawang merah mentah membantu mengeluarkan toksin ataupun partikel makanan yang sulit untuk dicerna oleh usus. Jika Anda mengalami kesulitan saat buang air besar (BAB) atau sembelit, cobalah konsumsi bawang merah, Insya Alloh bisa membantu melancarkan sistem pencernaan Anda dan tentunya terhindar dari sembelit atau konstipasi.

9. Meredakan Sakit Tenggorokan

Bawang merah juga dikenal sebagai obat ayuverda saat mengalami batuk dan sakit tenggorokan. Haluskan bawang, seperti membuat jus lalu tambahkan sedikit jahe dan madu.

10. Menurunkan Resiko Diabetes

Bawan merah adalah salah satu obat tradisional penyakit diabetes mellitus. Jika penderita penyakit diabetes mengkonsumsi bawang merah mentah itu sama saja dengan meningkatkan produksi insulin. Bagi Anda penderita penyakit diabetes, dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin, seperti yang dilansir dari Bold Sky.

11. Mengatasi Wasir

Menurut penelitian, bawang merah mentah dapat menghentikan pendarahan dan mengurangi rasa nyeri pada dubur akibat wasir atau ambeien. Dengan mengkonsumsi 3x sehari, rasa nyeri dan pendarahan pada anus akan hilang.

Itulah khasiat bawang merah untuk kesehatan. Semoga bemanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment