Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan

Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan - Tanaman Mangga atau yang biasa dikenal dengan nama Mapelam merupakan tumbuhan kerabat Mangifera yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Secara ilmiah, mangga ini dikenal dengan nama Mangifera Indica dan digolongkan ke dalam kelompok suku Anacardiceae.

Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan
Pohon dari tanaman mangga berupa kayu dengan ketinggian yang mencapai maksimal 40 meter. Menurut sejarahnya, mangga ini pertama kali ditemukan di India juga di Burma. 

Namun, pada perkembangannya, buah yang memiliki aroma khas dan rasa yang manis asam ini telah menyebar ke seluruh pelosok dunia termasuk Indonesia. Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, buah mangga ini juga telah populer memiliki khasiat dan manfaat yang juga luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Penasaran mengenai manfaat buah mangga untuk kesehatan? Tapi sebelum kita membahas mengenai khasiat buah mangga bagi kesehatan tubuh, ada baiknya kita menetahui tentang kandungan nutrisi apa saja yang terdapat dalam mangga ini. Simak sajiannya berikut ini.

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Sederet manfaat buah mangga bagi kesehatan tidak terlepas dari kandungan nutrisi dan zat gizi yang ada di dalamnya. Dalam 100 gram buah mangga terdapat nilai gizi sebanyak 272 Kilo Joule atau setara dengan 65 Kcal. Komponen senyawa yang menyusun gizi tersebut, antara lain adalah : karbohidrat, sejumlah gula alami, fiber atau serat, vitamin, protein, beta karoten, thiamin, riboflavin, niacin, asam pantienat, vitamin C, vitamin B, asam folat, kalsium, zat besi, fosfor, seng, kalium, magnesiu, dan zat nutrisi lainnya. Semua komponen ini memberikan efek positif bagi kesehatan maupun kecantikan. Bagaimana, luar biasa bukan?

Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan
  1. Anti kanker. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dimana para peneliti mendapatkan fakta menarik seputar kandungan antioksidan dalam buah mangga. Antiokisdan dalam buah mangga ini berperan secara aktif dalam melindungi tubuh dari berbagai resiko kanker seperti penyakit kanker payudara, kanker usus besar, kanker darah, kanker prostat, dan jenis tumor/kanker yang lainnya. Senyawa ynag ada di dalam buah mangga yang ampuh mereduksi ancaman kanker ini adalah asam galat, astragalin, filsetin, quercetin, dan juga methylgallat.
  2. Mencerahkan kulit. Kabar gembiar bagi Anda yang saat ini sedang mencari tips mencerahkan kulit dengan bahan-bahan alami yang tentunya aman dan sangat efektif. Dengan mengkonsumsi buah mangga, pori-pori Anda akan bersih dan terhindar dari jerawat. Kulit Anda akan jauh lebih cerah dan tentunya lebih sehat. Manfaat ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi mangga atau dengan menggunakannya sebagai bahan kecantikan seperti masker.
  3. Mengatasi kolesterol. Manfaat ini bersumber dari kandungan vitamin C di dalam mangga yang tinggi. Vitamin C mampu mendetoks darah dari unsur-unsur yang tidak penting seperti kolesterol jahat.
  4. Menjadikan mata lebih jernih. Dengan mengkonsumsi buah mangga secangkir setiap harinya akan membantu mata Anda menjadi lebih sehat dan pandangan menjadi lebih jernih. Hal ini karena buah mangga kaya akan vitamin A. Mangga juga membantu mata agar terus lembab dan terhindar dari kekeringan. (Baca : 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata.)
  5. Memperbaiki sistem pencernaan. Hal ini terkait erat dengan kandungan fiber atau serat dalam buah mangga yang mampu menjadikan sistem pencernaan Anda menjadi lebih lancar dan tentunya terhindar dari masalah penyakit sembelit atau konstipasi.
  6. Meningkatkan gairan seks. Kadar vitamin E dalam buah mangga dalam membantu meningkatkan gairah seks. Bagi Anda yang sudah memiliki pasangan, mengkonsumsi buah mangga dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan kualitas hubungan suami isteri Anda. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Lemah Syahwat).
  7. Mengatasi panas dalam. Mangga bisa berfungsi sebagai pendingin tubuh. Panas dalam biasanya akan muncul saat ginjal terbebani dengan cuaca yang panas. Dengan mengkonsumsi mangga, Anda bisa mentralkan racun dan suhu dalam ginjal.
  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini terkait dengan kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah mangga. Selain itu, warna dagingnya yang cerah ini mengandung sedikitnya 25 karotenoid yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar.
  9. Menurunkan berat badan. Dengan mulai mengkonsumsi buah mangga yang kaya akan vitamin dan nutrisi akan membuat Anda menjadi kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal inilah yang bisa menekan nafsu makan Anda, dan tentunya berat badan akan turut menyusut.
  10. Mengobati anemia. Buah mangga memiliki fungsi sebagai obat alami penyakit anemia. Penderita penyakit anemia mengalami kekurangan zat besi dalam tubuhnya sehingga menimbulkan kekurangan sel darah merah pada tubuhnya. Buah mangga merupakan solusi alami bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit anemia atau penyakit kurang darah, karena buah mangga mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, mangga juga berperan penting bagi wanita hamil, karena wanita hamil memerlukan zat besi yang banyak untuk si buah hati.
Semoga sajian informasi khasiat buah mangga untuk kesehatan yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat dari bahan alami di lingkungan sekitar kita yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Terima kasih telah menyimak manfaat buah mangga bagi kesehatan di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel. Salam sehat..

0 comments "Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment