Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan

Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan - Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempah yang populer penggunaannya sebagai bumbu masakan nusantara. Hal ini karena kayu manis memiliki aroma dan rasa yang enak. 

Khaisat Kayu Manis untuk Kesehatan
Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan

Selain  mampu menambah aroma dan citarasa yang sedap, kayu manis juga memiliki fungsi yang lain yaitu untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat kayu manis bagi kesehatan antara lain :
 
1. Mengontrol gula darah

Khasiat kayu manis untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai obat tradisional penyakit diabetes mellitus. Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah darah. Kayu manis dapat membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien penderita penyakit diabetes tipe 2. 1 gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat kadar gula darah, triglyserides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada penderita penyakit diabetes mellitus. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung pada penderita diabetes.

2. Anti infeksi

Kayu manis memiliki komponen anti infeksi alami. Dalam berbagai penelitian, kayu manis telah terbukti efektif menghilangkan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh mikroorganisme berbahaya.

3. Meningkatkan fungsi otak

Mencium bau kayu manis telah diketahui mampu meningkatkan aktiviats otak. Whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis dapat meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal konsentrasi, mengingat, kecepatan bekerja pada program komputer.

4. Menurunkan kolesterol jahat

Kayu manis mengandung kalsium, serat dan banyak mineral seperti mangan. Oleh karena itu, kayu manis cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Selain itu, kayu manis juga secara efektif mampu menurunkan kadar kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis ini mampu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegahh kanker usus. Tidak berhenti sampai di situ, serat pada kayu manis juga bisa juga digunakan sebagai obat tradisional penyakit sembelit.

5. Anti kanker

Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi poliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah-rempah yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan membantu proses penyembuhan penyakit kanker yang berbahaya ini.

6. Menghangatkan

Masyarakat China telah lama menggunakan kayu manis dalam pengobatan tradisional pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini tidak lain karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh menjadi lebih hangat dan nyaman.

7. Mencegah penggumpalan darah

Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan kayu manis bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah. Kayu manis dapat mengeluarkan asam lamak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

8. Mengobati rematik

Rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit rematik dapat diatasi dengan mengkonsumsi kayu manis. Mengapa kayu manis dapat dikatkan sebagai obat tradisional penyakit rematik, hal ini karena dalam beberape penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan bahwa kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

9. Kaya akan manfaat

Kayu manis dapat dijadikan sebagai pengawet makanan yang alami. Selain itu juga mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang telah terbukti secara efektif mampu mengurangi rasa nyeri saat haid atau melahirkan. Kayu manis memiliki kandungan alami yang disebut dengan cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

10. Anti bakteri

Minyak alami dari kayu manis juga dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada tubuh. Karena kemampuan anti-bakteri dan mikroba ini, peneliti bahkan menjelaskan kayu manis bisa digunakan sebagai pengawet makanan alami.

Itulah sajian informasi mengenai khasiat kayu manis untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat yang terkandung dalam rempah-rempah kayu manis.

0 comments "Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment