Khasiat Buah Kecapi untuk Kesehatan

Khasiat Buah Kecapi untuk Kesehatan - Buah Kecapi merupakan buah yang berasal dari Semenanjung Malaka yang kemudian menyebar sampai ke Indonesia. Buah kecapi juga disebut dengan Buah Sentul di beberapa daerah. Buah kecapi ini memiliki karakteristik kulitnya yang tebal dan lumayan keras, sehingga kita harus menggigitnya sedikit demi sedikit atau menggunakan alat bantu seperti pisau untuk membuka cangkangnya.

Khasiat Buah Kecapi untuk Kesehatan
Buah Kecapi ini memiliki nama Latin Sandoricum koetjape, bentuknya pipih tapi cenderung bulat, diameternya sekitar 5 cm, berwarna kuning keemasan, dan adanya bulu halus yang menempel di kulit. Daging buahnya, bagian luar dagingnya berwarna merah, agak keras dan rasanya sedikit asam. Tapi bagian daging buahnya yang dalam warnanya putih, lengket dan menempel pada biji, serta rasanya manis. Biasanya dalam satu buah kecapi ada kurang lebih dari 3 biji berwarna coklat berbentuk seperti telur.

Pohon buah kecapi ini memiliki ukuran yang besar, tingginya bisa mencapai 30 meter dan begitu rimbun dengan daun-daun pada setiap ranting dan batangnya. Daunnya berukuran sampai 18 cm, bentuknya majemuka atau bulat tapi meruncing. Sementara itu, bunga pohon buah kecapi ini terletak pada ketiak daun, warnanya kuning agak kehijauan dan baunya lumayan harum.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Kecapi

Dalam 100 gram buah kecapi atau buah sentul, memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut :
  • Vitamin C sampai 14 gram
    Buah Kecapi
  • Total karbohidrat 13,7 gram
  • Kandungan kalsium hingga 11 gram
  • Serat sampai 1,1 gram
  • Lemak 1 gram
  • Protein 0,7 gram
  • Kalium 328 mg
  • Fosfor 20 mg
  • Zat besi 1,2 mg
  • Kalori 247 KJ
  • Air
Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah kecapi tersebut tentunya memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk dikonsumsi langsung, dijadikan manisan, selai, jelly marmelade, pengharum alami, dan chutney.

Seberanya, buah kecapi ini tidak hanya memiliki manfaat hanya sebatas bahan konsumsi saja, akan tetapi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kecapi memiliki kandungan zat polifenol, yang telah dipercaya mampu mencegah resiko kanker dan penyakit jantung. Tidak hanya itu, kandungan dalam buah kecapi ini juga dapat mencegah kepikunan dini atau penyakit Alzheimer.

Khasiat Buah Kecapi untuk Kesehatan

1. Peluruh keringat

Bagian dari bauh kecapi selain daging buahnya, daunnya juga bisa digunakan sebagai peluruh keringat. Caranyapun sangat mudah, Anda tinggal menggosokkan daun buah kecapi yang masih segar pada kulit.

2. Mengobati demam

Khasiat buah kecapi untuk kesehatan yang berikutnya adalah sebagai obat untuk mengatasi demam. Cara mendapatkan manfaat dari buah kecapi sebagai obat demam ini cukup mudah, rebus daun buah kecapi, minum air rebusan daun kecapi secara rutin dengan dosis yang diperlukan, Insya Alloh demampun segera sembuh.

3.Mengobati cacing gelang

Sebagian besar penyakit cacing ini diderita oleh anak-anak yang biasanya suka bermain di tempat yang kotor. Salah satu manfaat buah kecapi bagi kesehatan adalah sebagai obat cacing gelang. Bagian yang digunakan adalah serbuk kulit pada batangnya, dan pengobatan dengan serbuk kulit batang pohon buah kecapi ini telah dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit cacing gelang secara tradisional.

4. Masalah perut

Akar pohon buah kecapi ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah perut. Akar pohon buah kecapi ini memiliki kandungan yang bersifat antidiare serta dapat mengeluarkan gas dalam perut Anda. Selain itu juga dapat mengobati sakit perut dan kejang. Simak sajian lengkap mengenai penyembuhan penyakit diare atau sakit perut di : Obat Tradisional Penyakit Diare.

5. Menguatkan tubuh wanita usai melahirkan

Kondisi seorang ibu usai melahirkan sangatlah lemah, dan tentunya hal ini tidak bisa dipungkiri. Penggunaan daun buah kecapi telah terbukti dapat menguatkan tubuh wanita yang telah melahirkan. Para dokter bahkan ada yang menyarankan cara tradisional yang sangat manjur.

Itulah sajian informasi mengenai khasiat buah kecapi untuk kesehatan tubuh. Semoga dengan sajian artikel tentang manfaat buah kecapi bagi kesehatan yang kami berikan ini bisa menambah pengetahuan Anda untuk senantiasa bisa memaksimalkan pemanfaatan bahan alami yang terdapat di lingkungan sekitar kita, terutama buah kecapi. Semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Buah Kecapi untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment