10 Fungsi Organ Ginjal Pada Manusia

10 Fungsi Organ Ginjal Pada Manusia - Ginjal adalah salah satu organ manusia yang termasuk ke dalam sistem eksresi. Terdapat sepasang ginjal pada tubuh kita, panjangnya sekitar 10 cm dengan berat kurang lebih 200 gram. Sebagai alat ekskresi, ginjal mengeluarkan sisa penyaringan darah yang berupa urine. Berikut ini akan kita bahas mengenai 10 fungis ginjal pada manusia. Mari simak sajian selengkapnya.

10 Fungsi Organ Ginjal Pada Manusia

1. Menyaring darah

Mengkonsumsi makanan yang kita makan setiap hari sebagai penghasil energi setelah melalui proses pencernaan pastilah akan menghasilkan banyak zat sisa dan limbah bahkan racun atau roksin. Ginjal adalah organ yang bertugas untuk mengeluarkan sisa-sita metabolisme tersebut, karena jika tidak dikeluarkan zat toksin atau racun akan kembali bersirkualsi dengan darah dan tentunya akan membahayakan kesehatan tubuh kita.

Nefron adalah salah satu bagian dari ginjal yang menjalankan fungsi ini. Jika ginjal seseorang mengalami kerusakanm maka tubuh orang tersebut akan teracuni oleh kotoran hasil sisa metabolisme dan racun yang tidak bisa dikeluarkan dengan baik. Untuk melakukan hal ini, ginjal harus menyaring sekitar 200 liter darah dan mengahasilkan 2 liter zat-zat sisa dan air per harinya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa tubuh kita buang air sebanyak kurang lebih dari 2 liter/ hari.

2. Mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa

Ginjal memiliki fungsi untuk mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam dan basa tersebut melalui urine atau air kencing.

3. Mengekskresikan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh

Ginjal akan mengekskresikan (mengeluarkan) zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti : urea, asam urat, amoniak, creatinin, garam organik, bakteri, dan juga obat-obatan. Jika beberapa zat tersebut tidak dikeluarkan, maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan kesehatan tubuh penderitanya.

4. Memproses ulang zat

Ginjal akan mengembalikan zat yang masih beguna bagi tubuh untuk kembali menuju darah. Zat tersebut adalah berupa glukosa, garam, air, dan asam amino. Proses pengembalian zat ini disebut reabsorpsi.

5. Mengatur volume cairan dalam darah

Ginjal mampu mengontrol jumlah cairan dalam yang dipertahankan agar tetap seimbang di dalam tubuh. Tanpa adanya kontrol ini, maka tubuh akan kering karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh akan tenggelam karena kebanjirkan cairan darah dalam tubuh yang menumpuk dan tidak dapat terbuang.

6. Mengatur keseimabgan kandungan kimia dalam darah
Salah satu contohnya adalah mengatur kadar garam dalam darah

7. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Ginjal memiliki peranan penting lainnya dalam tubuh, yaitu dapat mengatur kelebihan atau kekurangan gula dalam darah dengan menggunakan hormon insulin dan adrenalin. Hal ini sangatlah penting, karena untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus atau penyakit kencing manis. Hormon insulin memiliki fungsi sebagai penurun kadar gula dalam darah jika kadar dalam darah berlebihan. Adrenalin berfungsi untuk menaikkan kadar gula dalam darah jika jumlah kadar gula yang dibutuhkan tidak mencukupi.

8. Penghasil zat dan hormon

Ginjal merupakan penghasil zat atau hormon tertentu seperti eritropoietin, kalsitriol, dan renin. Hormon eritropoietin atau yang sering disingkat dengan EPO memiliki fungsi untuk merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang. Renin memiliki fungsu untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh, sementara kalsitriol berfungsi untuk membentuk vitamin D, menjaga keseimbangan kimia di dalam tubuh, serta untuk mempertahankan kalsium dalam tulang yang ada di dalam tubuh.

9. Menjaga tekanan osmosis
Ginjal menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur keseimbangan garam-garam di dalam tubuh

10. Menjaga darah

Fungsi Organ Ginjal Pada Manusia yang terakhir adalah menjaga darah. Ginjal memiliki fungsi sebagai penjaga kadar pH darah agar tidak terlalu asam. Ginjal mempertahankan pH plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan hidroksil. Akibatya, urine yang dihasilkan dapat bersifat asam pada pH 5 atau alkalis pada pH 8.

Itulah 10 Fungsi Organ Ginjal Manusia. Semoa sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita akan fungsi ginjal. Dengan demikian, kita akan lebih tahu bahwa ginjal memiliki fungsi yang amat penting bagi kelangsungan hidup manusia, karena itu mari sayangi ginjal dengan memulai gaya hidup dan pola makan yang sehat. Salam sehat..

0 comments "10 Fungsi Organ Ginjal Pada Manusia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment