Makanan Sehat Pencegah Rambut Rontok

Makanan Sehat Pencegah Rambut Rontok - Kerontokan rambut yang dialami wanita ataupun pria tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang tepat. Selain karena faktor perawatan, rokok, genetik, bahan kimia, penyakit tertentu dan stress, ternayta nutrisi memiliki peranan penting dan bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan rambut kita.

Makanan Sehat Pencegah Rambut Rontok

Rambut yang ternutrisi dengan baik, tidak akan mudah rontok dan tentu saja akan tampak lebih indah dan kuat. Setelah kemarin kita membahas tips alami mengatasi rambut rontok, sajian informasi berikut ini kita akan membahas beberapa jenis makanan sehat pencegah rambut rontok. Jenis makanan apa saja yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegahnya dari kerontokan? Simak sajian lengkapnya berikut ini :

1. Wortel
Makanan Sehat Pencegah Rambut Rontok

Khasiat wortel untuk kesehatan tubuh, tidak hanya baik untuk mata. Tetapi juga baik untuk mencegah rambut rontok. Kandungan vitamin A dalam sayuran yang berwarna oranye ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan menjadikan rambut tampak mengkilat, kuat dan lembab. Diet yang seimbang yang terdiri dari protein rendah lemak, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, salmin, dan susu rendah lemak akan menjadi pendorong besar untuk kesehatan rambut.

2. Bayam
Bayam Makanan Pencegah Rambut Rontok

Jika Anda memiliki jenis rambut yang kering, tipis, warnanya berubah, kaku dan mudah rontok, kemungkinan cadangan zat besi menipis. Makanan yang banyak mengandung zat besi seperti bayam, kentang, daun singkong, prune, buah bit, dan hati bisa mengembalikan jumlah zat besi dalam tubuh. (Baca : 9 Khasiat Bayam untuk Kesehatan).

3. Kacang Hijau
Kacang Hijau Makanan Sehat Pencegah Rambut Rontok

Kacang hijau. Ya, salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak sekali manfaatnya. Selain bisa digunakan sebagai bahan makanan, diproses menjadi kecambah atau tauge (Baca : Khasiat Tauge untuk Kesehatan), manfaat kacang hijau ternyata tidak behenti sampai di situ, ya mencegah rambut rontok. Meskipun kacang hijau tidak kaya akan vitamin atau mineral atau antioksidan tertentu, tetapi mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang seimbang seperti zat besi, vitamin B kompleks dan seng. Nutrisi tersebutlah yang beperan secara aktif dalam menjaga kesehatan rambut.

4. Udang
Udang Makanan Pencegah Rambut Rontok

Dari berbagai makanan laut yang tersedia, udang menjadi pilihan yang tepat karena mengandung vitamin B12, seng, dan zat besi untuk menutrisi rambut agar tidak mudah rontok.

5. Telur
Telur Makanan Sehat Pencegah Rambut Rontok

Telur kaya akan kandungan penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh termasuk untuk rambut. Telur mengandung protei, vitamin B12, seng, zat besi, dan asam lemak omega6 dalam jumlah besar. Selain itu, juga sumber biotin (vit B7) yang merupakaan zat mendasar dalam mengatasi rambut rontok.

6. Susu Rendah Lemak
Susu Rendah Lemak Pencegah Rambut Rontok

Kalsium dalam susu skim atau yoghurt rendah lemak penting untuk kesehatan rambut. Susu rendah lemak jugau mengandung kasein dan whey, sumber protein berkualitas tinggi.

7. Salmon
Salmon Makanan Sehat Pencegah Rambut Rontok

Kandungan protein dan viatmin D yang merupakan kunci rambut yang kuat tinggi pada salmon. Selain itu, asam lemak omega3 pada salmon diperlukan untuk pertumbuhan rambut, selain itu omega3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit kepala serta pada minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut terhidrasi. Asam lemak esensial yang bermanfaat untuk pencegahan rambut rontok juga bisa didapatkan pada Alpukat.

Simak Juga:
Itulah beberapa jenis makanan sehat pencegah rambut rontok. Untuk mengatasi kerontokan rambut yang Anda keluhkan, sebenarnya sangatlah mudah, karena kita juga bisa menggunakan tips alami mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar. Selain itu, jangan pernah lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk mencegah rambut rontok yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut Anda dan mencegah terjadinya kerontokan. Semoga bermanfaat..

0 comments "Makanan Sehat Pencegah Rambut Rontok", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment