Khasiat Gula Merah untuk Kesehatan

Khasiat Gula Merah untuk Kesehatan - Gula merah adalah pemanis yang terbuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon Enau. Gula merah atau gula aren ini biasanya diasosiasikan dengan sejenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti : kelapa, aren, dan siwalan.
Khasiat Gula Merah untuk Kesehatan
Khaisat Gula Merah untuk Kesehatan

Khasiat Gula Merah untuk Kesehatan

Gula merah yang rasanya tidak seberapa manis ini merupakan pemanis alami yang sehat dan kaya akan manfaat. Bahkan gula merah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, beberapa diantaranya adalah untuk mengatasi anemia, asma, kejang otot, kram saat menstruasi, membersihkan darah, dll.

1. Membersihkan darah

Gula merah memiliki rasa manis tetapi tidak akan membuat darah Anda teracuni oleh bahan-bahan kimia berbahaya. Justru dengan mengkonsumsi gula merah ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Gula merah berperan sebagai agen yang membersihkan racun-racun dari darah Anda.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Gula merah selain dapat membantu mendetos darah juga akan mendetoks pencernaan. Tambahkan sedikit gula merah pada teh, susu, atau minuman yang lain untuk melancarkan sistem pencernaan Anda.

3. Mengatasi sariawan

Sariawan atau panas dalam seringkali banyak dialami sebagian besar orang, dimulai dari anak-anak hingga dewasa. Saat panas dalam menyerang, biasanya nenek moyang kita sejak zaman dulu menyuguhkan segelas kunyit asam yang dimasak dengan menggunakan gulam erah. Kunyit di sini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya peradangan, sedangkan gula merah berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh yang meningkat akibat sariawan. (Baca : Obat Tradisional untuk Sariawan).

4. Mencegah anemia

Khasiat gula merah untuk kesehatan ternyata tidak berhenti sampai di situ. Gula merah juga mampu membantu mencegah timbulnya penyakit anemia atau penyakit kurang darah. Sebagai sumber zat besi yang baik, gula merah mampu mengatasi masalah anemia terutama pada ibu yang sedang mengandung.

5. Mengatasi jerawat

Sudah tidak diragukan lagi, bahwa jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang menjadi musuh bagi kaum remaja, termasuk penulis juga merasa risih dengan keberadaan jerawat di wajah. Panik dan tidak percaya diri mungkin akan Anda rasakan ketika kulit wajah berjerawat, tapi Anda tak perlu khawatir. Jerawat tidak segawat yang Anda pikir, karena kita bisa mengatasinya dengan menggunakan obat tradisional penghilang jerawat, ya, dengan gula merah. Manis gula merah tidak akan mengkibaktan peradangan pada kulit, sehingga aman untuk dikonsumsi bila Anda mendambakan kulit yang lebut dan bersih tentunya terhindari dari masalah jerawat dan juga salah satu kerabatnya, yaitu komedo.

6. Menyembuhkan batuk dan demam

Karena memiliki sifat mendinginkan, gula merah juga boleh dikonsumsi ketika sedang batuk kering dan demam. Diseduh atau dicampurkan pada menu makanan, gula merah dapat membantu mengencerkan dahak dan membuat batuk segera reda.

7. Mengobati asma

Jika Anda memiliki keluhan penyakit asma atau penyakit sesak nafas, disarankan untuk mengkonsumsi gula merah dan mengurangi gula pasir. Saat temperatur tubuh terjaga, asma bisa diatasi dan tidak mudah kambuh. Selain itu, gula merah juga memiliki sifat antialergi.

8. Meredakan nyeri haid

Sesekali kram dan nyeri pada perut akan membuat kaum hawa merasa kesakitan saat  sedang haid. Dengan mengkonsumsi kunyit asam yang diseduh dengan gula merah, maka nyeri saat haid bisa diredakan dalam waktu cepat. Gula merah adalah obat tradisional pereda nyeri haid yang paling efektif, silakan buktikan.

Setelah mengetahui khasiat gula merah untuk kesehatan tubuh, tentunya Anda merasa bahwa manfaat pemanis alami ini sungguh luar biasa. Semoga sajian informasi mengenai manfaat gula merah bagi kesehatan yang kami berikan ini bisa menambah pengetahuan Anda dan memberikan inspirasi untuk mengoptimalkan pemanfaatan bahan pemanis alami yang kaya nutrisi serta baik untuk kesehatan tubuh dibandingkan dengan pemanis buatan yang justru akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Simak pula sajian artikel kesehatan menarik lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel. Semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete