Khasiat Luar Biasa Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Khasiat Luar Biasa Kacang Kedelai untuk Kesehatan - Kacang kedelai adalah salah satu polong-polongan yang menjadi bahan dasar tahu, tempe, kecap, dan makanan lainnya. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Kedelai ini merupakan sumber utama protein dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat.

Khasiat Luar Biasa Kacang Kedelai untuk Kesehatan
Khasiat Luar Biasa Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Kacang kedelai termasuk jenis kacang polong-polongan yang memiliki kandungan protein nabati. Protein dalam kacang kedelai ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya sebagai sumber neergi kedua untuk tubuh. Protein dalam kacang kedelai mampu menyuplai zat-zat yang dibutuhkan tubuh.

Khasiat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

1. Menu diet sehat

Khasiat kacang kedelai untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai menu diet yang sehat. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, ada baiknya mengkonsumsi menu olahan dari kacang kedelai. Hal ini karena kacang kedelai tidak banyak mengandung lemak dan lemak yang tekandung di dalamnyapun adalah lemak nabati serta tidak mengakibatkan kenaikan berat badan pada tubuh Anda.

2. Baik untuk penderita diabetes

Kacang kedelai sangat direkomendasikan untuk para penderita penyakit diabetes mellitus. Hal ini karena kacang kedelai mampu mengurangi jumlah kadar gula dalam darah. Bagi anda yang menderita penyakit gula darah atau penyakit kencing manis, bisa mengkonsumsi makanan dari kacang kedelai seperti tempe, tahu ataupun susu kedelai. Tentunya tanpa menggunakan pemanis buatan yang berlebihan yang justru akan mengakibatkan kadar gula dalam darah menjadi meningkat. (Obat Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus).

3. Mencegah osteoporosis

Dalam kacang kedelai terdapat kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C yang sangat baik untuk pertumbuhan. Sehingga mengkonsumsi kacang kedelai dapat menyehatkan tulang dan bahkan bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang sejak dini (penyakit osteoporosis).

4. Meremajakan kulit

Fungsi dari kacang kedelai adalah untuk meremajakan kulit. Kacang kedelai ini mampu mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru, sehingga kulit akan terlihat sehat dan kencang, seperti yang dikutip dari beberapa ahli gizi yang mengatakan kacang kedelai ini bagus untuk kesehatan kulit.

5. Anti kanker

Bagi penderita penyakit kanker, mengkonsumsi kacang kedelai adalah sebuah alternatif yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Karena dalam kacang kedelai terdapat kandungan antioksidan yang mampu mengangkal radikal bebas penyebab kanker dan memiliki zat isoflavon yang baik untuk pertahanan tubuh.

6. Menuurnkan kadar kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda bisa rutin mengkonsumsi kacang kedelai dalam menu makanan Anda. Kandungan vitamin E, isoflavon, dan protein dalam kacang kedelai memberikan pengaruh besar dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Meskipun kedelai hanya sejenis kacang-kacangan yang bentuknya sangat kecil, namun ternyata khasiat dan manfaatnya sunguh luar biasa untuk kesehatan tubuh dan salah satunya sebagai bahan alami penurun kadar kolesterol jahat.

7. Mengatasi darah rendah

Untuk penderita penyakit tekanan darah rendah ataupun penyakit anemia, Anda bisa mengkonsumsi kacang kedelai untuk menormalkan tekanan darah Anda. Hal ini karena dalam kacang kedelai terdapat kandungan vitamin B12 yang mampu menangani tekanan darah rendah, hal ini sesuai dengan pernyataan yang disampaikan oleh banyak ahli gizi di berbagai forum.

8. Mengatasi gejala menopause

Kandungan isoflavon pada kedelai membantu untuk mengatur estrogen. Penelitian telah menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat mengurangi  rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita menopause.

9. Memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal

Protein dan serat yang larut dalam kedelai, mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.

10. Mengurangi resiko penyakit jantung


Protein dan isoflavon hadir dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol "jahat") serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.

11. Membalikkan efek endometriosis


Kedelai membantu dalam menunda aksi estrogen alami tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan gejala lainnya pada wanita.

Itulah khasiat kacang kedelai yang luar biasa untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat yang dapat kita perolah dari kacang kedelai untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

0 comments "Khasiat Luar Biasa Kacang Kedelai untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment