Kandungan Nutrisi dan Khasiat Kacang Merah

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Kacang Merah - Kacang Merah memiliki nama ilamiah Phaseolus vulgaris yang termasuk ke dalam jenis tanaman polong-polongan yang memiliki kandungang nutrisi tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sesuai degan namanya, warna dari kacang merah ini adalah merah.

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa mengkonsumsi kacang merah ini akan berbahaya bagi penderita penyakit kolesterol dan kegemukan. Akan tetapi, kacang meraih itu sebenarnya memiliki kandungan gizi yang luar biasa dan tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Kacang Merah

Kandungan Nutrisi Kacang Merah

Kacang merah kaya akan zat gizi yang mampu membangun kesehatan tubuh. Kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat, dan proteinnya yang tinggi menjadikan kacang merah ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Karbohidrat kompleks dan kadar serat yang tinggi juga menjagikannya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Indeks kadar glikemik pada kacang tanah ini juga dapat menekan masalah gejala penyakit diabetes yang sering terjadi.

Kandungan serat (fiber) dan viramin B terutama B6, asam folat, besi, mangan, thiamin, dan protein ini terkandung dalam kacang merah ini. Sekitar 9 gr protein dicukupkan oleh kacang merah yang seimbang dengan 17% angka kecukupan protein sehari-hari.

1. Antioksidan

Kacang merah menempati peringkat atas pada daftar makanan yang mengandung antioksidan. Para peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat melakukan survei pada 100 makanan yang berbeda. Fakta ilmiah yang menakjubkan bahwa kandungan antioksidan dalam kacang merah melebihi kualitas antioksidan pada buah-buahan lain yang dibudidayakan seperti blueberry dan ceri. Antioksidan ini bermanfaat untuk menjaga fungsi sel-sel yang berkaitan terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

2. Sumber protein nabati

Kacang merah merupakan sumber protein yang baik, dengan semua jenis asam amino yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Kacang merah juga rendah lemak dan bebas kolesterol. Ketika tubuh mendapatkan manfaat protein yang berasal dari kacang merah, juga mendukung kesehatan jantung dari serat larut serbaguna yang disediakan oleh kacang-kacangan ini. Secangkir kacang merah memberikan lebih dari 15 gram protein.

3. Meningkatkan energi tubuh

Kacang merah juga merupakan sumber zat besi yang baik. Kandungan zat besi pada kacang sangat tinggi dapat memenuhi kebutuhan enegi. Setiap 1 porsi cangkir kacang merah yang telah dimasak, mengandung lebih dari 5 mg zat besi. Setara dengan 30 persen kebutuhan harian nutrisi.  Energi pada proses metabolisme tubuh, juga membutuhkan zat besi.

Selain itu, zat besi adalah komponen integral dari hemoglobin, yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi kacang merah  sangat diperlukan untuk membantu kelancaran peredaran oksigen dalam tubuh. Jika sedang dalam kondisi mengandung atau menyusui, sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan zat besi. Hal ini untuk menunjang, pertumbuhan janin dan anak-anak, seperti halnya manfaat bayam.

4. Menyehatkan Pencernaan

Khasiat Kacang Merah terkenal dengan kandungan seratnya, yang banyak kacang-kacangan lain seperti, manfaat kacang hijau. Kandungan serat ini sangat membantu pencernaan yang terjadi pada usus. Serat membantu pergerakan usus selalu berjalan dengan baik. Pada akhirnya hal ini dapat memberi hal yang baik pada kelancaran buang air besar. Kelancaran pencernaan ini sangat bersampak positif pada penurunan resiko gejala kanker usus besar.

5. Mengontrol kadar gula darah

Serat dalam kacang merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan membantu mendorong kolesterol, melalui jalur pencernaan sebelum tubuh menyerapnya. Kandungan serat yang tinggi dari kacang merah ini mengindikasikan, makanan menjadi sangat lambat dicerna dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Sehingga, kacang merah menjadi pilihan yang tepat bagi penderita penyakit diabetes mellitus yang sedang melakukan proses penyembuhan untuk menurunkan kadar gula darahnya. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus).

6. Mengoptimalkan memori otak

Sebagai sumber vitamin B, kacang merah sangat erat kaitannya dengan fungsi sel-sel otak. Syaraf-syaraf otak dapat dipelihara oleh vitamin B, terutama vitamin B1 (Thiamin). Thiamin ini sangat berperan terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak/kognitif.

Thiamin dibutuhkan dalam proses neurotransmitter untuk memori otak. Hubungan ini telah ditemukan, mengenai faktor yang signifikan dalam penurunan fungsi mental (pikun) dan penyakit kepikunan seperti penyakit alzheimer. Karena efeknya ini, kacang merah ini juga memiliki berbagai khasiat, antara lain :
  • Mencegah kepikunan
  • Membentuk otot tubuh
  • Memenuhi kebutuhan gizi sehat
  • Mencegah kanker
Itulah beberapa manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh. Setelah mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat kacang merah untuk kesehatan, tidak lagi ada alasan bagi Anda untuk tidak menjadikannya salah saatu menu makanan harian Anda. Karena jika Anda masih meragukan khasiatnya, sungguh sangat disayangkan. Terima kasih telah menyimak sajian informasi Kandungan Nutrisi dan Khasiat Kacang Merah. Semoga bermanfaat.

0 comments "Kandungan Nutrisi dan Khasiat Kacang Merah", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment