10 Khasiat Wijen yang Luar Biasa untuk Kesehatan

10 Khasiat Wijen yang Luar Biasa untuk Kesehatan - Siapa yang tak kenal dengan biji super kecil ini? Wijen ini seringkali kita manfaatkan sebagai bahan tambahan aneka bahan makanan. Mungkin tidak banyak orang yang tahu, bahwa dibalik bentuknya yang kecil wijen ini ternyata kaya akan kandungan nutrisi dan zat gizi dan tentunya  memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Wijen yang terkenal adalah wijen yang bijinya putih dan hitam. 
  1. Biji wijen hitam mengandung zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang putih dan biasanya dibuat sebagai minyak untuk pengobatan
  2. Biji wijen putih mengandung banyak kalsium dibandingkan dengan yang hitam, dan telah digunakan untuk mengobati kekurangan kalsium.
Meskipun ada perbedaan diantara ke duanya, tapi baik itu wijen hitam ataupun wijen yang putih memiliki kandungan asam lemak, vitamin dan serat makanan, serta nutrisi yang ada dalam 1 ons (28gr) porsi biji wijen.

10 Khasiat Wijen yang Luar Biasa untuk Kesehatan
Kandungan Nutrisi dalam Biji Wijen :
  • Mangan
  • Tembaga
  • Kalsium
  • Besi
  • Magnesium
  • Tryptohpan
  • Zinc
  • Serat
  • Thiamin
  • Vitamin B6
  • Fosfor
  • Protein
10 Khasiat Wijen yang Luar Biasa untuk Kesehatan

1. Mencegah diabetes mellitus

Manfaat biji wijen untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menurunkan gula darah. Biji wijen kaya akan nutrisi termasuk magnesium, yang telah terbukti mampu mencegah penyakit diabetes mellitus, seiap biji wijen 100 gram mengandung magnesium 351 mg dan biji super kecil ini terdaftar di atas 10 makanan tertinggi yang kandungan magnesiumnya. Selain itu, wijen juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Menjaga kesehatan kulit

Biji wijen diperkaya dengan seng, yang merupakan mineral penting untuk menjadikan kulit tampak lebih bersinar, dan untuk mendapatkan manfaat ini, biji wijen sering dibuat menjadi minyak dan diaplikasikan pada kulit. Adapun manfaat minyak biji wijen untuk kesehatan kulit, antara lain :
  • Membantu mempertahankan fleksibilitas kulit dengan menjaganya agar tetap lembut
  • Membantu memproduksi kolagen
  • Mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.
  • Membantu memperbaiki daerah kulit yang rusak serta bekas luka bakar
  • Mencegah munculnya kerutan dengan cara mencegah kerusakan akibat sinar UV
  • Mampu mencegah kanker kulit
3. Mengatasi anemia

Biji wijen diyakini mampu mengatasi penyakit anemia atau penyakit kurang darah, karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi, terutama biji wijen hitam. Bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit anemia, disarankan untuk mengkonsumsi biji wijen, karena mampu menyembuhkan anemia yang Anda derita. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Anemia).

4. Menjaga kesehatan tulang

Wijen merupakan sumber kalsium yang baik, dan mampu mencegah berbagai masalah tulang. Hasil studi menunjukkan bahwa beberapa biji wijen yang dengan kandungan kalsium lebih tinggi dibandingkan dengan setengah gelas susu, dan juga kandungan seng dalam biji wijen ini mampu meningkatkan kepadatan tulang.

5. Anti kanker

Biji wijen mengandung konten fitosterol yang lebih tinggi daripada jenis lain dari biji-bijian dan kacang-kacangan, yang merupakan anti-kanker penting compound.For efek melawan kanker, Anda hanya dapat menambahkan satu sendok makan biji wijen dalam yogurt Anda, sereal atau salad, mereka dapat mengatur hormon Anda secara alami dan lakukan sebagai kanker-pejuang, sangat bermanfaat untuk kanker payudara.

6. Menjaga pencernaan

Isi kaya serat membuat biji wijen mendukung sistem pencernaan yang sehat dan usus besar yang sehat. Untuk Anda yang saat ini mungkin memiliki sistem pencenaan kurang sehat, mengkonsumsi biji wijen adalah salah satu alternatif terbaik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh Anda.

7. Membantu pertumbuhan rambut

Minyak biji wijen mengandung ton nutrisi seperti omega-3, omega-6 dan omega-9 yang besar untuk mempromosikan pertumbuhan rambut. Ini juga kaya dengan vitamin yang feed rambut Anda, pijat secara teratur rambut dengan minyak biji wijen akan memberikan kulit kepala dan rambut sehat. Simak >> Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut.

Dan biji wijen, terutama yang hitam yang terkenal untuk kualitas gelap, itu adalah pilihan yang baik bagi orang-orang yang ingin memiliki rambut gelap alami. Pijat rambut dengan minyak biji wijen bersama-sama dengan minyak zaitun atau almond dapat lebih bermanfaat.

8. Obat sakit gigi

Minyak wijen dapat membantu meredakan sakit gigi. Minyak wijen mampu menghilangkan mutan streptococcus dalam air liur di mulut serta meredakan rasa sakit gigi dan juga mampu membentu memutihkan warna gigi.

9. Meringankan arthritis

Seperti yang telah disebutkan bahwa setiap 28 gr biji wijen mengandung 0,7 mg tembaga, mineral ini sangat bermanfaat untuk sistem enzim antioksidan untuk memperkuat tulang sendi dan mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan karena penyakit arthritis.

10. Mengurangi stress

Kandungan nutrisi dalam biji wijen ini mampu menghilangkan stress, seperti magnesium yang dapat mengatur fungsi otot, untuk mengendurkan otot, vitamin B1 (bersifat menenangkan) dan digunakan dalam mengobati depresi dan mengurangi stress berlebih.

Itulah beberapa Khasiat wijen untuk kesehatan. Semoga menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat yang dapat kita ambil dari biji super kecil ini. Terima kasih telah menyimak sajian informasi 10 Khasiat Wijen yang Luar Biasa untuk Kesehatan, semoga bermanfaat..

2comments:

  1. == Sabun antijerawat, bekas jerawat, flek hitam AMPUH ===
    Dijamin...
    Bebas kimia, bebas detergen
    SMS / WA 0877-3623-5547
    Pin 7eb24ca6..MAU?? klik link dibawah ini
    https://www.tokopedia.com/aris/sabun-penghilang-jerawat-flek-hitam-beliva

    ReplyDelete
  2. == Sabun antijerawat, bekas jerawat, flek hitam AMPUH ===
    Dijamin...
    Bebas kimia, bebas detergen
    SMS / WA 0877-3623-5547
    Pin 7eb24ca6..MAU?? klik link dibawah ini
    https://www.tokopedia.com/aris/sabun-penghilang-jerawat-flek-hitam-beliva

    ReplyDelete