Beberapa Jenis Buah Rambutan di Indonesia

Beberapa Jenis Buah Rambutan di Indonesia - Rambutan ini merupakan buah yang hampir ada dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kata "Rambutan" itu sendiri berasal dari buahnya yang berambut. Rasanya manis dan segar, namun ada juga yang masam. Buah rambutan ini paling banyak dijumpai ketika musim hujan dan jumlahnya sangat melimpah.

Jenis-jenis Buah Rambutan di Indonesia

1. Rambutan Rapiah


Rambutan Rapiah
Rambutan rapiah berwarna kuning agak kehijauan dan berambut pendek serta kasar. Meskipun penampilannya tidak menarik, namun rasanya manis, daging buahnya tebal, kenyal dan daging buahnya mudah dikelupas.

2. Rambutan Narmada

Rambutan Narmada

Buah warna rambutan ini cerah kuning kemerahan. Rasanya manis dengan kulit buah kenyal dan tidak lembek. Rambutan jenis ini berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

3. Rambutan Sinyonya

Rambutan Sinyonya

Warna buah rambutan sinyonya ini merah menyala dan memiliki rambut yang lebat. Rasa buahya masam dan sedikit manis, kulit buahnya tipis dan menempel pada biji buahnya. Sinyonya ini memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga cenderung lembek.

4. Rambutan Binjai

Rambutan Binjai

Rambutan jenis Binjai ini berwarna merah tua hingga merah darah dengan rambut agak jarang dan kasar. Rasa buahnya manis dan dagingnyapun tebal serta mudah dikelupaskan.

5. Rambutan Garuda

Rambutan Garuda

Rambutan Garuda memiliki buah lebih besar dibandingkan dengan buah rambutan pada umumnya. Jenis rambutan ini berbasal dari daerah Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Buahnya berwarna merah dengan ujung kekuningan, rasanya manis agak gurih dan cenderung lebih keringn dibandingkan dengan buah rambutan jenis lain.

6. Rambutan Kapulasan

Rambutan Kapulasan

Buah rambutan kapulasan ini berwarna merah kecokelatan dengan kulit tebal dan rambut buah yang pendek dan kasar. Daging buahnya kenyal dan kering dengan rasa asam manis.

Simak Juga :
Itulah beberapa jenis buah rambutan di Indonesia yang seringkali kita temukan. Terima kasih telah menyimak sajian informasi yang kami berikan. Simak juga artikel kesehatan menarik lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Beberapa Jenis Buah Rambutan di Indonesia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment