Fungsi Organ Limpa dalam Tubuh Manusia

Fungsi Organ Limpa dalam Tubuh Manusia - Limpa adalah kelenjar tanpa saluran (ductless) yang berkaitan erat dengan sistem sirkulasi dan berfungsi untuk menghacurkan sel darah merah yang tua. Limpa adalah salah satu organ tubuh yang termasuk ke dalam siste limfoid, selain timus, dan kelenjar limfe. Limpa merupakan kelenjar limfoid terbesar dan terletak di bagian depan dan dekat dengan punggung rongga perut di antara diafragma dan lambung. Secara otomatis, tepi limpa yang normal berbentuk pipih.

Fungsi Organ Limpa dalam Tubuh Manusia

Limpa ini adalah organ penting yang dianggap sebagai bagian dari sistem limfatik. Organ limpa ini ada di hampir semua vertebrata, termasuk manusia dan anjing, dan limpa ini melakukan beberapa fungsi penting dalam tubuh. Limpa manusia adalah organ yang lunak, dengan warna ungu gelap. Jaringan organ limpa dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis, pulpa putih dan pulpa merah, yang bertanggungjawab untuk melakukan beberapa fungsi tertentu. Sekitar 10% dari populasi juga memiliki limpa kecil di samping yang biasa. Limpa tambahan ini disebut aksesori limpa dan tidak menimbuhkan bahaya.

Seperti organ tubuh yang lain, limpa juga rentan terhadap berbagai penyakit dan infeksi. Kondisi ini dapat menyebabkan pembesaran organ ini, yang disebut dengan splenomegali. Gangguan ini serius dapat menghambat fungsi limpa dalam tubuh. 

Fungsi Organ Limpa dalam Tubuh Manusia

Limpa berkaitan dengan produksi limfosit, yang merupakan sel darah putih. Jadi, limpa merupakan bagian integral dari sistem kekebalan tubuh manusia, sebagaimana limfosit yang bertanggungjawab untuk memproduksi antiodi untuk melawan bakteri, virus atau mikroorganisme penyebab penyakit pada tubuh. Ini fungsi kekebalab limpa adalah subyek organ pulpa putih.

Sementara itu, pulpa merah berkaitan dengan proses penyaringan, yaitu menghilangkan sel-sel darah merah yang tua atau yang sudah rusak dari tubuh. Selain itu, juga bertanggungjawab sebagai reservoir darah yang akan diberikan pada saat keadaan darurat seperti syok hemoragik atau kelebihan/kehilangan darah akibat luka atau cedera. Dengan bertindak sebagai filter, limpa mampu meregenerasi sel darah merah yang tua, yang rusak, dan cacat dari dalam tubuh kita. Sel-sel darah merah yang tua ini kemudian dipecah oleh makrofag yang merupakan jenis fagosit. Makrofag tidak hanya menelan dan mencerna sel-sel darah merah, namun juga mikroorganisme lain serta sampah-sampah sisa metabolisme.

Fungsi penting lainnya dari limpa adalah terletak pada proses penyaringan darah, yaitu ketika menghancurkan sel-sel darah merah yang sudah tua(rusak) mempertahankan zat besi dan beberapa komponen penting lainnya. Zat besi disimpang dalam limpa bersama bilirubin dan feritin, yang kemudian diangkut ke sumsung tulang, yang merupakan situs utama untuk sintesis hemoglobin.

Hemoglobin sendiri adalah jenis protein yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan organ tubuh kita. Terlepas dari fungsi, limpa juga menyimpan monosit, yang merupakan leukosit yang membantu mencerna bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

Beberapa penyakit dapat menyebabkan pembesaran limpa dan dengan demikian mengganggu fungsinya. Pembesaran limpa atau splenomegali merupakan masalah kesehatan utama yang berhubungan dengan organ. Kondisi seperti infeksi, malaria, anemia, lupus sistematik, kanker seperti limfoma dan leukemia dan penyakit hati seperti sirosis dapat menyebabkan pembesaran organ, yang hasil dari kelebihan perangkap sel darah dan trombosit. Hal ini pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko penyakit lain dan infeksi. Kadang-kadang, peningkatan yang signifikan dalam ukuran limpa dapat mengakibatkan pecah, yang memerlukan perhatian medis segera. Kondisi ini mungkin memerlukan operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh limpa. Kondisi medis lain yang menghambat fungsi limpa adalah anemia sel sabit. Pada penyakit ini, sel-sel darah merah yang abnormal menghambat aliran darah ke limpa, sehingga menghasilkan kegagalan.
Ini kondisi abnormal dapat didiagnosis dengan CT scan, MRI, ultrasound atau biopsi sumsum tulang. Pembesaran limpa dapat dirasakan oleh dokter selama pemeriksaan fisik. Sebuah penilaian umum gejala ini dilakukan dalam rangka untuk memastikan penyebab disfungsi limpa.

Meskipun limpa melakukan berbagai fungsi penting lainnya dalam tubuh, tapi limpa bukanlah organ vital, karenanya manusia dapat bertahan hidup tanpa limpa. Dalam kasus operasi pengangkatan seluruh organ, sebagian besar fungsi limpa diambil oleh hati dan organ tubuh lainnya. Akan tetapi, jika hanya sebagian dari limpa diangkat, organ dapat beregenerasi sendiri.

Meskipun kita dapat bertahan hidup tanpa limpa, hal ini tentunya akan meningkatkan resiko infeksi. Selain itu juga dapat mempengaruhi jumlah sel darah dan trombosit. Oleh karena itu, pembesaran limpa tidak boleh diabaikan dan harus segera dilakukan pengobatan agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh dan organ lainnya. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Limpa Bengkak).

0 comments "Fungsi Organ Limpa dalam Tubuh Manusia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment