Jenis Penyakit Ginjal pada Manusia

Jenis Penyakit Ginjal pada Manusia - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas fungsi dan peran penting organ ginjal dalam tubuh kita. Pada faktanya, kita seperti selalu mengabaikan beberapa hal untuk menjaga kesehatan organ ginjal tersebut. Begitu terkena penyakit atau gangguan ginjal, seakan kita baru menyadari betapa pentingnya menjaga dan menghargai kesehatan setiap organ dalam tubuh kita. Mari kita syukuri setiap nikmat yang kita peroleh dengan cara menjaga kesehatan setiap organ tubuh yang selama ini berfungsi dengan baik, caranya yaitu dengan cara menjalankan gaya hidup dan pola makan yang sehat, dan olahraga yang teratur.

Jenis Penyakit Ginjal pada Manusia

Jenis Penyakit Ginjal pada Manusia

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit ginjal yang menyerang manusia. Terkadang kita tidak begitu peduli dengan kesehatan organ yang memiliki peranan penting dalam berlangsungnya kehidupan manusia ini. Adapun macam-macam penyakit ginjal pada manusia tersebut adalah sebagai berikut :
  • Penyakit batu ginjal ini terjadi disebabkan oleh terkumpulnya mineral dan benda-benda organik pada ginjal. Batu ginjal yang berukuran kecil dapat keluar dengan sendirinya. Akan tetapi, batu ginjal yang memiliki ukuran cukup besar harus dikeluarkan melalui pembedahan atau operasi. Ada beberapa faktor yang dapat memperparah kondisi penyakit batu ginjal ini, diantaranya adalah berkurangnya volume cairan dan bertumpuknya mineral, sehingga membuat terganggunya keseimbangan yang sempurna antara cairan dan larutan yang ada di dalam organ ginjal tersebut.
  • Penyakit Gagal Ginjal. Gagal ginjal ini kaan mengakibatkan hilangnya sebagian dan bahkan seluruh fungsi organ ginjal tersebut. Hal ini dapat terjadi karena rusaknya tubulus di dalam ginjal karena obat-obatan atau larutan organik seperti karbon tetraklorida, aseton serta etilon glikol dan bersinggungan dengan senyawa logam seperti merkuri, timah serta uranium. Penyakit gagal ginjal ini juga bisa dipicu oleh penyakit diabetes mellitus atau penyakit gula darah yang dapat merusak medula atau bagian dalam ginjal serta karena kelebuhan garam kalsium yang berada pada bagian organ ginjal tersebut.
  • Penyakit Pyelonephritis, atau suatu infeksi dan peradangan jaringan pada organ ginjal dan renal pelvis (ruang yang terbentuk dari perluasan ujung atas dari ureter tubulus yang menyalurkan urine ke kandung kemih). Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri dan merupakan salah satu kelainan ginjal yang dapat menjadi kronis dan akut.
  • Glomerulonephritis, adalah suatu penyakit pada organ ginjal yang sering terjadi. Penyakit ini diakibatkan karena sistem imun tubuh yang lemah. Gejala yang timbul adalah adanya darah dalam urine, pembengkakan pada jaringan tubuh serta adanya kandungan protein dalam urine. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah streptococcal. Pada banyak kasus, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan, Meskipun demikian, bukan berarti kita bisa mengabaikannya tanpa melakukan penyembuhan dan tentunya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal harus ditingkatkan.
Itulah beberapa Jenis Penyakit Ginjal pada Manusia. Semoga kita menjadi lebih peduli akan kesehatan setiap organ dalam tubuh kita terutama ginjal dengan memulai menjalani kehidupan dan pola makan yang lebih sehat. Semoga bermanfaat..

0 comments "Jenis Penyakit Ginjal pada Manusia", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment