Khasiat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Khasiat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan - Belimbing wuluh adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki buah dengan rasa yang khas, asam namun menyegarkan. Belimbing wuluh memiliki ukuran yang kecil dan besarnya hanya sekitar ibu jari orang dewasa dan belimbing wuluh ini termasuk varietas berbeda dengan belimbing buah, tentunya hal ini menyebabkan belimbing wuluh dan belimbing buah itu sendiri memiliki beberapa perbedaan, dimulai dari bentuk, besar ukuran, serta rasanya.

belimbing wuluh

Kandungan Nutrisi Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh ini dibalik rasanya yang asam khas, ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya : sebagai obat batuk, sakit gigi, dan gejala penyakit diabetes. Hal ini karena dalam bua belimbing wuluh terdapat kandungan senyawa unsur alami, antara lain : Glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat. 

Khasiat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Adapun khasiat buah belimbing wuluh bagi kesehatan antara lain :

1. Mengobati batuk

Manfaat buah belimbing wuluh untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai obat batuk. Caranya cukup mudah, kita hanya harus menyiapkan 3 buah belimbing wuluh, adas secukupnya, serta gula secukupnya kemudian tambah dengan 1 cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam , setelah dingin saring dengan kain dan bgai untuk 2 kali minum, pagi dan malam pada saat perut masih kosong.

3. Efektif untuk mengobati sakit gigi

Efek belimbing wuluh untuk membantu meredakan sakit gigi untuk sementara sangat ampuh. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk belimbing dan meletakkannya pada gigi berlubang.

4. Mengatasi Jerawat

Belimbing wuluh juga sangat baik untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat yang sedang membandel, zat asam yang terdapat pada belimbing mungkin akan memberikan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif. Namun kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengerutkan dan mensamarkan jerawat yang ada di wajah. Simak >> Obat Tradisional Penghilang Jerawat.

5. Mengatasi Panu

Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur yang sangat ampuh untuk membantu dalam menghilangkan panu secara bertahap. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan belimbing wuluh yang sudah diparut di panu yang terdapat pada kulit anda.

6. Mencegah darah tinggi

Apakah Anda memiliki keluhan penyakit darah tinggi atau penyakit hipertensi? Kabar gembira bagi Anda, ternyata buah belimbing wuluh ini sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi (Baca : Obat Tradisional Penyakit Darah Tinggi). Cara membuat ramuan herbal darah tinggi dari buah belimbing wuluh ini cukup mudah, yaitu rebus 3 buah belimbing, rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi setengahnya, Minumlah setiap hari dan lakukan hingga keluhan penykait penyakit hipertensi yang Anda derita dapat segera di atasi.

7. Mencegah sariawan

Mengobati penyakit sariawan dengan menggunakan belimbing wuluh memang akan menimbulkan rasa perih yang cukup menyakitkan. Namn buah belimbing ini telah dipercaya mampu mengatasi penyakit sariawan secara tuntas tanpa meninbulkan efek saping.

8. Mengobati rematik

Cara alami mengobati rematik dengan belimbing wuluh ini  cukup sederhana, sediakan 100 lembar daun belimbing wuluh atau sekupunya, cuci bersih dan tumbuhk hingga halus, tambahkan kapur sirih, gosokkan ke bagian yang sakit. 100 gram daun muda belimbing wuluh, 15 biji cengkeh dan 20 biji merica lalu tumbuk hingga halus lalu tambahkan sedikit cuka hingga tercampur rata, dan oleskan pada bagian yang sakit.

9. Obat diabetes mellitus

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes mellitus atau penyakit kencing manis, Anda bisa melakukan terapi pengobatan secara alami dengan menggunakan belimbing wuluh yang telah dikenal sebagai obat tradisional penyakit diabetes mellitus yang efektif menurunkan kadar gula darah. Caranya cukup mudah, sediakan satu genggam belimbing wuluh, tumbuk hingga halus lalu rebus sampai mendidih, saring airnya dan minum hangat-hangat 2x sehari, lakukanlah secara rutin hingga khasiatnya terasa.

10. Obat gondongan

Mungkin Anda sudah mengetahu apa yang dimaksud dengan penyakit gondongan. Salah satu solusi penyembuhan penyakit gondongan secara alami dapat kita lakukan dengan memanfaatkan daun belimbing wuluh. Caranya sediakan 100 lembar daun belimbing wuluh atau secukupnya, tumbuk hingga halus bersama 3 siung bawang putih. Setelah halus, tempelkan pada bagian yang terkena gondongan.

0 comments "Khasiat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment