8 Khasiat Luar Biasa Kacang Hijau untuk Kesehatan

Khasiat Kacang Hijau untuk Kesehatan - Kacang Hijau adalah salah satu jenis tanaman jenis polong-polongan (Fabaceae) yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, diantaranya protein, vitamin, serat, fosfor, kalsium, dan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

8 Khasiat Luar Biasa Kacang Hijau untuk Kesehatan

8 Khasiat Luar Biasa Kacang Hijau untuk Kesehatan
1. Antioksidan

Salah satu khasiat kacang hijau dalam tubuh adalah sebagai penyuplai zat antioksidan yang bekerja untuk mencegah tubuh dari gangguan bakteri, virus, dan radikal bebas. Dengan adanya kandungan zat antioksidan dalam kacang hijau ini juga akan bermanfaat bagi Anda untuk tetap awet muda, karena antioksidan tersebut mampu meregenerasi sel-sel kulit mati dengan sel kulit baru sehingga membuat kulit Anda menjadi lebih kencang dan indah dari sebelumnya.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Khasiat kacang hijau untuk kesehatan berikutnya adalah mampu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh, seperti mempermudah usus untuk mengelola makanan mana yang akan diserap tubuh dalam dan mana yang akan menjadi kotoran. Untuk mendapatkan manfaat dari kacang hijau sebagai pendukung kelancaran sistem pencernaan tubuh, Anda bisa mengkonsumsiny dalam berbagai bentuk olahan, Anda bisa merebusnya kemudian ambil airnya atau dimasak dalam hidangan lain selama kacang hijau tersebut tidak terkontaminasi dengan zat kimia yang merusak zat gizi kacang hijau itu sendiri.

3. Menurunkan kolesterol

Mungkin tidak semua orang mengetahui bahwa kacang hijau adalah salah satu bahan alami penurun kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena kacang hijau tidak memiliki kadar kolesterol tinggi, dan memiliki serat yang baik untuk pencernaan tubuh.

4. Menuurnkan resiko diabetes

Bagi Anda yang rajin mengkonsumsi kacang hijau, ini akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh Anda, yakni mampu membantu menurunkan resiko penyakit diabetes. Hal ini tidak lain karena kacang hijau memiliki indeks glikemik rendah yang baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

5. Menjaga kesehatan payudara

Bagi Anda kaum hawa, mengkonsumsi kacang hijau sangat disarankan. Karena kacang hijau memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh perempuan dari berbagao serangan virus yang lebih sering menginfeksi kaum perempuan. Dengan adanya kandungan antioksidan dalam kacang hijau ini, mampu membantu meningkatkan sistem imun bagi kesehatan payudara kaum hawa.

6. Sumber energi yang baik

Salah satu manfaat luar biasa kacang hijau adalah sebagai penyuplai energi yang baik bagi tubuh. Kacang hijau memiliki kandungan vitmain B, sehingga tidak heran apabila kacang hijau ini bisa menunda lapar dan memberikan energi yang cukup untuk tubuh.

7. Mengontrol hormon perempuan

Khasiat kacang hijau tidak berhenti sampai di situ, kandungan nutrisi dan zat gizinya membuat kacang yang termasuk ke dalam jenis polong-polongan ini mampu untuk mengontrol hormon perempuan setelah masa berhentinya menstruasi atau menopause. Kacang hijau memiliki kandungan isoflavon akan turut membantu meningkatkankan kesuburan wanita.

8. Sumber protein nabati

Kacang hijau memiliki banyak kandungan protein yang sangat baik untuk kesehatan dan pencernaan tubuh. Protein nabati yang diproduksi dari kacang hijau mampu membantu kelancaran proses metabolisme dalam tubuh.

Demikianlah beberapa khasiat luar biasa kacang hijau unuk kesehatan tubuh. Sekarang kita sudah mengetahui manfaat kacang hijau bagi kesehatan, semoga kita bisa mengambil manfaat dan khasiat dari kacang hijau ini dengan bijak untuk memeliharan kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat..

0 comments "8 Khasiat Luar Biasa Kacang Hijau untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment