Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Rambutan

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Rambutan - Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Buah rambutan ini merupakan salah satu dari jajaran buah-buahan yang mampu berperan secara aktif dalam meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Buah rambutan mudah sekali dikenali dari bentuk buahnya yang kecil dengan warna merah cerah dan adanya serat yang menyerupai rambut memenuhi kulitnya.

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Rambutan

Kandungan Nutriis Buah Rambutan
  • Buah rambutan memiliki kandungan karbohidrat, sehingga dapat menjadi sumber energi
  • Rambutan memiliki kandunga protein yang baik untuk tubuh, dan berperan aktif dalam proses regenerasi sel-sel yang rusak.
  • Rambutan memiliki kandunga serat pangan sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan saat hendak buang air besar
  • Kandungan vitamin A sebagai vitamin larut air, sehingga bermanfaat untuk kesehatan mata. Tidak hanya untuk kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam buah rambutan ini juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit anemia. Kandungan mineral zat besi dalam rambutan berperan dalam menambah produksi sel darah merah atau eritrosit.
  • Buah ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang mampu berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam rambutan ini juga sangat efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan, mengkonsumsi buah rambutan makan akan memberikan kesehatan kembali. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dapat memulihkan daya tahan tubuh yang sempat melemah dan menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.
  • Kaya akan mineral, antara lain : zat besi, kalsium, fosfor, niacin, potassium, zinc, magnesium.

Khasiat Buah Rambutan untuk Kesehatan

1. Mengobati penyakit hipertensi

Mengkonsumsi buah rambutan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi. Rambutan mampu meredakan penyakit hipertensi yang Anda derita. 

2. Menyembuhkan diare

Penyakit diare tentu menandakan kondisi pencernaan Anda tidak sehat. Kondisi lambung mengalami gangguan akibat bakteri yang masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman. Dengan mengkonsumsi buah rambutan maka baik lambung maupun usus sebagai organ pencernaan akan selalu terlindungi. (Obat Tradisional Penyakit Diare).

3. Menyembuhkan penyakit kolesterol
Anda memiliki keluhah penyakit kolesterol, maka konsumsilan buah rambutan. Buah rambutan ini memiliki kandungan flavonoid yang dapat memberikan kesehatan tubuh terutama terkait jumlah kolesterol jahat.

4. Menyembuhkan penyakit radang

Inflamasi atau peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat menyerang bagian mana saja. Radang sendi, radang otot, radang tenggorokan, radang paru-paru. Dengan mengkonsumsi buah rambutan yang kaya kandungan antiinflamasi, maka berbagai gangguan terkait dengan inflamasi dapat diatasi dengan tuntas.

5. Membantu program diet

Rambutan adalah buah yang memiliki rasa manis dengan kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi membuatnya menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Meskipun dikatakan sebagai buah sumber energi, namun kalori yang terkandung dalam buah rambutan ini tidaklah setinggi kalori dalam buah alpukat.

6. Antikanker

Dalam buah rambutan terdapat kandungan antikanker yang sangat baik untuk kesehatan tubuh sekaligus mencegah terjadinya penyakit kanker.

7. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ yang memiliki fungsi sebagai detoksifikasi dalam tubuh. Di dalam tubuh terdapat banyak racun, dan ginjal adalah tempat memilah toksin yang masuk ke dalam tubuh. tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada toksin yang masih tertinggal di dalam organ ginjal. Mineral fosfor yang terdapat dalam buah rambutan itulah yang akan berfungsi menetralkan toksin atau menyempurnakan kinerja ginjal. Sehingga tidak akan khawatir ada toksin yang masih tersisa dalam organ ginjal itu sendiri.

8. Mengatasi gangguan saat hamil

Bagi Anda yang sedang hamil dan kerap mengalami gangguan seperti rasa pusing dan juga ingin muntah, buah rambutan dapat meredakan gangguan tersebut. Bukan hal yang wajar jika saat Anda hamil sering mengalami pusing dan muntah. Buah rambutan akan mengembalikan sistem daya tahan tubuh agar selama hamil, kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Ibu hamil juga tidak lepas akan bahaya anemia yang ada. Anda akan mengalami bahaya jika anemia yang terjadi tidak kunjung diobati. Dianjurkan selama hamil untuk tidak ragu mengkonsumsi buah rambutan yang dapat meredakan penyakit anemia yang menyerang.

0 comments "Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Rambutan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment