Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Blewah untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Blewah untuk Kesehatan - Blewah memiliki nama latin Cucumis melo ini merupakan buah yang memiliki rasa lezat dan segar, sama seperti keluarganya, yaitu semangka. Pada saat cuaca sangat terik, blewah ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa haus. Tidak hanya itu, buah blewah juga salah satu jenis buah-buahan yang menjadi primadona ketika bulan Ramadhan, hal ini terkait dengan penggunaannya dalam berbagai hidangan es buah, dan yang lainnya.

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Blewah untuk Kesehatan

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat dan segar, mengkonsumsi buah blewah ini juga ternayta memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Blewah mengandung vitamin C dan vitamin B6, penderita penyakit diabetes mellitus (gula darah) juga baik mengkonsumsi buah ini.

Kandungan Nutrisi Buah Blewah

Blewah kaya akan mineral, pro vitamin A, kalium dan serat. Kandungan gizi dalam buah blewah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan ginjal dan fungsi limpa, serta mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Nilai gizi blewah sangat bervariasi. Semangkuk blewah mengandung, antara lain :
  • 3,1 mg beta-karoten
  • 68 mg vitamin C
  • 1,3 mg serat
  • 13 mg karbohidrat
  • 494 mg potasium
  • dan 14 mg sodium. 
Selain itu, unsur kalsium, fosfor, besi, niasin, protein, lemak tak jenuh ganda juga dapat diperoleh dari blewah. Sementara itu menurut The Journal of Food Science, 100 gram blewah rata-rata mengandung 
  • 12,69 mg magnesium
  • mangan 0,03 mg
  • 0,05 mg tembaga
  • 0,10 mg sen
  • 0,003 mg kobalt
  • dan 0,005 mg krom.
Mengingat tingkat kandungan beta-karoten yang cukup tinggi, blewah baik untuk dikonsumsi karena dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan kanker.

Dalam RDA (Recommended Dietary Allowance), disarankan untuk kita agar mengkonsumsi beta-karoten sekitar 5-6 mg per hari,  untuk menjaga kesehatan jantung. Mengacu pada saran, kita tidak perlu rumit untuk mendapatkan asupan beta-karoten. Karena hanya dengan mengkonsumsi blewah secara teratur, maka kita telah mempertahankan jantung agar tetap sehat.

Khasiat Buah Blewah untuk Kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan potassium dalam buah blewah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium yang terkandung dalam blewah juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit darah tinggi (hipertensi). Manfaat lainnya adalah mampu mengurangi pembentukan plak pada pembuluh arteri, serta bermanfaat sebagai bahan pencahar alami.

2. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah blewah ini mampu menjaga kesehatan mata dan tulang, serta berguna utnuk mencegah efek radikal bebas akibat udara yang tercemar.

3. Makanan sehat bagi penderita diabetes

Tahukah Anda bahwa buah blewah ini merupakan salah satu jenis makanan yang sehat bagi penderita penyakit diabetes mellitus atau penyakti kencing manis? Hal ini karena buah blewah memiliki indeks glikemik yang rendah (GI), fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah ini merupakan gula sederhana yang alami, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki keluhan penyakit gula darah dan obesitas. Tidak hanya itu, buah blewah juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional penyakit asam urat yang mampu menurunkan kadar purin dalam darah secara alami.

4. Antioksidan

Kandungan vitamin A dan betakaroten dalam buah blewah ini sangat baik untuk tubuh. Isi dari betakaroten ini adalah antioskidan, yang berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil atau radikal bebas yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini atau mencegah terjadinya penyakit kanker.

5. Menjaga kesehatan jantung

Blewah mampu menjaga kesehatan jantung. Mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Akan tetapi, itulah merupakan salah satu fakta dari buah blewah. Bahkan tidak hanya mampu menjaga kesehatan jantung saja, blewah juga mampu menjaga keshatan paru-paru, dan pembuluh darah, meningkatkan day tahan tubuh, menyehatkan ginjal, fungsi limpa, menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena terdapat kandungan mineral yang kaya akan pro vitamin A, kalium, dan serat makanan. >> Makanan Super Sehat untuk Kesehatan Jantung.

6. Sumber folat yang baik

Kandungan folat yang tinggi dalam buah blewah membantu memelihara dan memproduksi sel-sel baru, terutama bagi wanita hamil, demi menjaga kesehatan ibu dan pertumbuhan janinnya.

0 comments "Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Blewah untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment