Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh - Ubi jalar merupakan salah satu bahan makanan yang mudah sekali kita temukan, baik itu di pasar tradisional ataupun pasar modern. Ubi jalar adalah salah satu sumber kalori dan dijadikan sebagai bahan makanan pokok kita sehari seperti halnya kentang, singkong, jagung dan beras.

Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh
Di Indonesia sendiri, belum banyak yang menggunakan ubi jalar sebagai bahan makanan pokok. Ubi jalar memiliki banyak varietas, ada yang memiliki daging berwarna putih, kuning, oranye, dan ungu. Khusus untuk ubi jalar yang berwarna oranye inilah yang sering kita jumpai, ubi jalar yang mengandung banyak beta-karoten. Biasanya ubi jalar ini dikonsumsi dengan cara direbus atau dibakar. Ubi jalar mengandung nutrisi dan zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. 

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar

Satu buah ubi jalar yang berukuran sedang menyediakan 162 kalori, 0 gram lemak, 37 gram karbohidrat (termasuk 6 gram serat dan 12 gram gula) dan 3,6 gram protein sesuai dengan database gizi nasional USDA.

Selain itu, ubi jalar juga memberikan lebih dari 100% dari kebutuhan harian untuk vitamin A, serta 37% vitamin C, 16% dari B-6 vitamin, 10% asam pantotenat, 15% kalium dan 28% mangan. Di dalam juga akan ditemukan sejumlah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, vitamin E, thiamin, riboflavin, dan asam folat.

Ubi jalar merupakan sumber beta karoten, antioksidan kuat yang dikenal terdapat dalam manfaat sayur sayuran dan buah-buahan yang berwarna cerah, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Warna kulit ubi jalar dapat bervariasi dari kuning, ungu atau coklat tapi tidak peduli apa warna itu, pastikan untuk tidak mengupasnya. Kulit ubi jalar yang manis memberikan kontribusi terhadap sebagian besar serat, kalium dan quercetin.

1. Mencegah diabetes

Ubi jalar diyakini mengandung indeks glikemik yang rendah dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa ubi jalar dapat mengurangi kadar gula darah yang tinggi dan resistensi insulin pada penderita penyakit diabetes mellitus.(Baca : Obat Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus).

2. Menstabilkan tekanan darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menentukan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya. Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, kurang dari 2% orang dewasa di AS memenuhi rekomendasi harian kalium yaitu 4.700 mg3. Satu ubi jalar menyediakan sekitar 542 miligram. Asupan kalium tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan resiko kematian akibat tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan kesuburan

Bagi wanita yang masih subur, mengkonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber tanaman dapat mempengaruhi kesuburan, menurut Harvard Medical School Harvard Health Publications. Vitamin A dalam ubi jalar (dikonsumsi sebagai beta karoten, kemudian dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh) juga penting selama kehamulan dan menyusui untuk sitesis hormon.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ubi jalar mengandung vitamin C yang tinggi dan beta-karoten yang menawarkan untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam ubi jalar berfungsi mencegah penyakit yang datang melalui virus seperti flu.

5. Mengatasi Peradangan

Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna dalam ubi jalar untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflammation. Dalam studi yang dipublikasikan oleh Journal of Medicinal Food, ekstrak ubi jalar ungu ditemukan memiliki efek anti-inflamasi dan antilipogenic positif.

6. Menjaga Kesehatan Mata


Ubi jalar termasuk ke dalam makanan terbaik untuk kesehatan mata. Menurut Duke dokter mata Jill Koury, MD, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan segmen luar fotoreseptor mata memburuk, merusak penglihatan normal. Memperbaiki kekurangan vitamin A dengan makanan tinggi beta karoten akan mengembalikan kemampuan penglihatan.

Dari berbagai catatan,  vitamin C dan E dalam ubi jalar telah terbukti mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif. Asupan tinggi dari berbagai jenis manfaat buah-buahan (3 porsi atau lebih per hari) juga telah terbukti mengurangi risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

7. Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam ubi jalar ini berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit sembelit atau konstipasi. Selain itu, serat dalam ubi jalarpun sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh tetap sehat.

8. Sumber energi

Ubi jalar memiliki kandungan mineral penting yaitu zat besi dan magnesium untuk meningkatkan energi yang dibutuhkan ketika tubuh kita beraktivitas. Zat besi ini juga mampu merangsang pembentukan sel darah merah bagi tubuh, sehingga tubuh dapat terhindari dari serangan penyakit kurang darah atau yang biasa disebut dengan istilah Anemia.

Itulah beberapa khasiat ubi jalar untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Semoga kita bisa mengambila manfaat dari ubi jalar untuk kebutuhan sehari-hari dan sebagai bahan alami untuk penyembuhan berbagai keluhan yang diderita. Terima kasih, semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment