5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini - Berikut ini adalah beberapa faktor pemicu terjadinya penuaan dini dan sebagai pencetus terjadinya kerusakan pada kulit. Hal ini dikarenakan beberapa penyebab penuaan dini ini mengakibatkan kulit kehilangan nutrisi dan elastitiasnya. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini
1. Merokok

Telah kita ketahui bersama, merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Selain dapat mengakibatkan terjadinya penyakit serangan jantung, kanker, impotensi, ternyata merokok juga dapat merusak kecantikan kulit dan sebagai salah satu faktor penyebab penuaan dini.
  • Nikotin membuat sel-sel kulit menjadi kekurangan cairan sehingga kelembaban berkurang, sehingga hal ini akan mneimbulkan dampak buruk terhadap kecantikan dan kesehatan kulit kita, yaitu kulit akan sangat mudah kusam ,kering, dan kasar.
  • Rokok secara umum kaan menurunkan kadar vitamin A pada kulit yang sebenarnya berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan sel tubuh lainnya.
  • Tanpa kita ketahui, ternyata tembakau juga memiliki dampak buruk yang lain, yaitu dapat merusak kolagen kulit sehingga elastisitasnya bherkurang dan kulit lebih mudah berkerut
  • Merokok dalam jangka waktu yang lama akan menurunkan aliran darah pada arteri dan kapiler kulit wajah, sehingga hal ini akan mengakibaktan kematian sel kulit. Berkurangnya aliran darah ini akan menyebabkan hambatan dalam aliran darah nutrisi dan oksigen ke kulit dan menumpuknya produk buangan pada sel-sel kulit.
  • Selain itu, merokok juga akan mengurangi proses penyembuhan luka, sehingga proses regenerasi kulit akan terhambat dan terganggu.
  • Paparan panas secara terus menerus ketika merokok juga telah diketahui dapat merusak elastisitas kulit wajah.
2. Alkohol

Mungkin di antara kita sudah banyak yang mengetahui bahwa mengkonsumsi alkohol yang berlebihan (lebih dari 1 gelas pada wanita dan lebih dari 2 gelas pada pria) ternyata dapat berakibat buruk pada kesehatan kulit, dan mengkonsumsi alkohol adalah faktor penyebab penuaan dini. Seseorang yang minum alkohol berlebihan akan cenderung memiliki kebiasaan yang buruk, sehingga mengakibatkan buruknya asupan nutrisi pada kulit dan tubuh.

3. Nutrisi yang buruk

Asupan nutrisi yang rendah serat, rendah vitamin, rendah antioksidanm dan asupan nutrisi yang tidak seimbang dapat menyebabkan penurunan kondisi kesehatan kulit. Kulit membutuhkan nutrisi untuk memperbaharui sel dan melawan sinar matahari, polusi serta radikal bebas. Jika kebutuhan nutrisi untuk kulit tidak terpenuhi, tentunya ini akan berimbas pada kondisi kesehatan kulit seseorang. Maka, dapat kita katakan bahwa gaya hidup dan pola makan yang sehat itu mempengaruhi kondisi kesehatan kulit kita dan tentunya merupakan kunci untuk terhindar dari penuaan dini.

4. Paparan sinar matahari
  • Diperkirakan sekitar 80%, penyebab penuaan dini pada kulit adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Terutama sinar ultraviolet yang dapat secara langsung mengakibatkan kerusakan pada serat kolagen dan serat-serat elastis pada kulit.
  • Paparan sinar ultraviolet juga mengakibatkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat merusak kolagen kulit
  • Paparan sinar UV dapat menyebabkan terjadinya pemebentukan bercak-bercak pigmentasi pada kulit
  • Paparan UV juga mengakibatkan penurunan kekebalan kulit sehingg kulit itdak dapat mengenali pertumbuhan sel-sel yang tidak normal yang akhirnya bekembang menjadi kanker kulit.
5. Polusi
  • Polusi yang berat dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon bumi, sehingga dapat mengakibatkan peningkatan radiasi sinar ultraviolet, terutama sinar UV-B yang dapat mengakibatkan kanker kulit
  • Serupa dengan paparan UV, polusi juga dapat menyebabkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat mengakibaktan kerusakan kolagen kulit.  

Solusi terbaik untuk mencegah penuaan dini

Agar kulit terhindari dari penuaan dini, maka asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh dan kulit sangatlah penting, dan kita harus sadar akan hal itu. Untuk melawan polusi dan radikal bebas, kiat harus menjaga kesehatan tubuh dengan asupan nutrisi yang tepat, menghindari minuman beralkohol, hentikan kebiasaan merokok, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung dan berlebihan. Selain itu, kita juga dapat memberikan asupan nutrisi penting untuk kulit dan tubuh dari bahan alami yang telah teruji secara klinis mampu mengangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini secara efektif. Silakan simak lebih lanjut => Obat Tradisional Pencegah Penuaan Dini.

Semoga sajian informasi mengenai 5 Faktor Penyebab Penuaan Dini yang kami berikan ini bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi anda yang saat ini sedang melakukan perawatan dan langkah pencegahan agar terhindar dari masalah penuaan dini. Salam sehat..

0 comments "5 Faktor Penyebab Penuaan Dini", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment