Khasiat Buncis yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Obat Tradisional Penyakit Amandel - Buncis adalah sejenis polong-polongan yang bisa dimakan baik secara langsung ataupun dengan cara dimasak terlebih dahulu. Baik buah, biji ataupun daunnya telah banyak dimanfaatkan sebagai sayuran.

Khasiat Buncis yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Buncis memiliki nama latin Phaseolus Vulgaris ini diperkirakan berasal dari Amerika Selatan, sangat cocok dibudidayakan di dataran medium maupun dataran tinggi. Meskipun aslinya berasal dari Amerika Selatan, Indonesia merupakan salah satu Negara yang memproduksi buncis terbesar di dunia.  Tanaman buncis dibedakan menjadi 2 macam, yaitu : buncis tipe merambat dan tipe tegak.

Kandungan Nutrisi dalam Buncis

Buncis mengandung beberapa kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Beberapa kandungan nutrisi tersebut adalah : vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B11, vitamin C, lemak, protein, ladar abu, mangan, molibdenum, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, kalsium, tembaga, karbohidrat, serat kasar, dll.

Pada umumnya, buncis dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam masakan sehari-hari. Selain rasanya yang khas, buncis ternyata juga memiliki khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh kita, hal ini karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran buncis itu sendiri. Adapun khasiat buncis untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Mengontrol glukosa

Khasiat Buncis yang Menakjubkan untuk Kesehatan yang pertama adalah untuk mengontrol kadar gula daram darah. Buncis memiliki kadar protein yang cukup tinggi dan protein yang terkandung dalam buncis ini tidak jauh berbeda dengan protein yang terkandung dalam telur. Jika dimasak dengan benar, maka protein di dalamnya akan terserap dengan sempurna oleh tubuh kita. Hal tersebut dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah darah.

2. Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi buncis 4 kali dalam seminggu dapat membantu menjaga kesehatan organ jantung Anda. Hal ini karena buncis mengandung asam folat yang berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan jantung secara alami.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Buncis mengandung serat yang sangat tinggi, yang  sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan dalam tubuh Anda berlangsung dengan baik, maka hal ini juga berpengaruh positif pada tubuh Anda dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan jantungpun akan turut terjaga kesehatannya.

4. Anti aging

Proses penuaan dini bisa disiasati dan dicegah dengan mengkonsumsi buncis setiap harinya. Buncis mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan paparan sinar matahari. Jika Anda ingin terlihat tetap awet muda dan terhindar dari penuaan dini, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buncis sebagai obat tradisional pencegah penuaann dini.

5. Meningkatkan sistem metabolisme

Kandungan mineral dalam  buncis seperti mangan, kalium, zat besi, dan magnesium berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

6. Mangatasi batu ginjal

Serat yang tinggi dalam buncis bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah terjadinya pembentukan batu pada ginjal. Maka tidak heran jika para dokter menyarankan untuk mengkonsumsi buncis untuk mencegah terjadinya penyakit batu ginjal.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Adanya kandungan vitamin B1, B6, dan vitamin yang terdapat dalam buncis ini berkhasiat untuk meningakatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa mencegah tubuh Anda terserang penyakit.

8. Rendah kalori

Buncis memiliki nilai kalori yang cukup rendah dan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan. Ingin memiliki berat badan yang ideal? jangan lupa sertakan sayuran buncis ke dalam menu makan harian Anda.

Setelah mengetahui Khasiat Bunci yang Menakjubkan untuk Kesehatan tubuh, semoga menambah kesadaran betapa pentingnya mengkonsumsi sayuran segar dan makanan sehat yang dapat menunjang kesehatan tubuh kita, terutama buncis yang dapat dengan mudah kita temui di lingkungan sehari-hari. Terima kasih atas kunjungan Anda, dan semoga bermanfaat.

1 comments: