Khaisat Tauge untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Tauge untuk Kesehatan Tubuh - Tauge atau toge (disebuh juga kecambah, cambah, tokolan) ini paling sering digunakan sebagai sayuran ataupun sebagai tambahan pada salah satu jenis masakan khas nusantara, misalnya : pada karedok (sunda), dan makanan-makanan lainnya.

Khaisat Tauge untuk Kesehatan Tubuh
Tauge ini memiliki kandungan fitokimia, dan sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, agar kandungan zat atau nutrisi dalam tauge itu sendiri utuh dan kita bisa mencernanya secara optimal. Namun, bagi Anda yang tidak begitu menyukai tauge dalam keadaan mentah, Anda dapat mencampurkannya bersama sup yang hampir selesai masak dan jangan memasak tauge sampai matang.

Selain itu, Anda juga dapat mencelupkan tauge sesaat pada air yang telah mendidih, kemudian tiriskan. Dengan cara seperti ini, kandungan vitamin C dan enzim dari tauge yang rusak diperkirakan hanya 20 %. Jika direbus lama, kerusakan kandungan nutrisinya dapat mencapai kurang lebih 60%.

Khasiat Tauge untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Penuaan Dini atau Antiaging
Tauge ternyata merupakan bahan tradisional pencegah penuaan dini. Sayuran ini merupakan sayuran yang dapat membuat kita menjadi lebih awet muda, karena dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Tauge mengandung antioksidan yang kuat dan sangat padat sehingga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

2. Mencegah Kanker
Dalam proses terbentuknya tauge tleah menguraikan 90% rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali untuk diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, tauge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar, hal inilah yang menjadikan kekuatan ganda tauge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar ini akan mencegah penumpukanan zat racun yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

Bagi para wanita uang rutin mengkonsumsi tauge dapat mencegah terjadinya penyakit kanker payudara. Kecambah kedelai kaya akan senyawa antikanker, senyawa genistin akan bekerja lebih efektif ketika sudah berbentuk benih kecambah dan akan menekan kanker. Saat itu, genistin akan bekerja secara aktif menghambat pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka mati.
3.  Meningkatkan Kesuburan
Kandungan vitamin E dalam sayuran tauge dapat membantu mengurangi gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause, dan gangguan akibat menopause.

4. Menjaga dan Meningkatkan Keasaman Lambung
Ada beberapa orang yang ketika mengkonsumsi tauge ini akan merasa kembung karena mereka terlalu sensitif terhadap oligosakarida. Untuk mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, tauge mungkin salah satunya karena bersifat basa. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Asam Lambung).

5. Merawat Kecantikan
Tahukah Anda, bahwa tauge ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan? Tauge memiliki khasiat untuk menghilngkan noda hitam pada wajah, menyuburkan rambut, membuat tubuh menjadi langsing, membantu meremajakan dan menghaluskan kulit.

6. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan dari estrogen alami yang ditemukan dalam tauge ini berfungsi dengan sintesis estrogen dan tanpa efek smaping. Estrogen ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, serta mencegah terjadinya penyakit osteoporosis atau penyakit kerapuhan pada tulang.

7. Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Kolesterol
Kandugan saponin dalam tauge dapat menghancurkan lemak jahat LDL tanpa mempengaruhi lemak baik HDL. Kandungan saponinnya sangat tinggi, karena pada saat proses dari biji-bijian menjadi kecambah kadar saponinnya naik menjadi 450%. Bagi Anda yang menderita penyakit stroke dan serangan jatung yang disebabkan oleh lemak darah melambung, sebaiknya konsumsilah sayuran tauge ini secara rutin.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan saponin dalam tauge diketahui dapat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, tauge juga kaya akan zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak DNA.

Itulah beberapa manfaat tauge bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai khasiat dan manfaat yang terdapat dalam sayuran yang kerap kali disebut dengan istilah kecambah ini. Simak juga artikel kesehatan menarik lainnya, hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Khaisat Tauge untuk Kesehatan Tubuh", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment