Khasiat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Wortel untuk Kesehatan Tubuh - Manfaat sayuran wortel bagi kesehatan sangat beragam. Wortel yang secara luas dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A ini ternyata memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan.

Khasiat Wortel untuk Kesehatan Tubuh
Sebelum kita membahas khasiat dan manfaat sayuran wortel ini lebih jauh, mari kita simak terlebih dahulu ulasan mengenai kandungan nutrisi dan zat gizi yang terkandung dalam sayuran yang berwarna oranye ini. Menurut departemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau 1/2 cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.

Kaya akan vitamin A

Wortel juga merupakan makanan yang paling kaya akan kandungan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.

Antioksidan

Sayuran wortel memiliki kandungan antioksidan beta-karoten, dan inilah yang menjadikan sayuran ini berwarna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Vitamin dan mineral

Wortel adalah sayuran yang super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Khasiat Wortel untuk Kesehatan Tubuh
  • Mengurangi Resiko Kanker
Dalam wortel, terdapat kandungan hidrat arang, fosfor, beta-karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beta-karoten dipercaya ampuh untuk mencegah serangan penyakit kanker. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa wortel dapat menurunkan resiko penyakit kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Penelitian menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.

Falcarinol sendiri adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah satu-satunya sayuran yang memiliki zat ini. Sebuah penelitian menunjukkan resiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

  • Menekan resiko penyakit jantung
Kandungan beta-karoten, alfa-karoten serta lutein menjadikan wortel sangat dibutuhkan oleh organ jantung. 
  • Menjaga kesehatan mata
Sumber beta-karoten dalam wortel akan diubah oleh organ hati menjadi sumber vitamin A. Maka tak heran, jika seseorang yang rutin mengkonsumsi wortel dalam menu hariannya, maka organ matapun akan terjada kesehatannya sepanjang waktu. Wortel adalah salah satu dari 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah stroke
  • Menjaga kesehatan ginjal
Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal. Meskipun para ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tidak boleh minum jus, ternyata lain halnya dengan wortel, sayuran ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal.
  • Menjaga kesehatan kulit
Manfaat wortel pada kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kadnungan zat-zat pendukung lainnya yang mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar. Wortel mampu menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmenstasi. Penggunaannya bisa langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. Mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.
  • Mencegah penuaan dini
  • Meningkatkan produksi ASI
  • Menjaga kesuburan kandungan
  • Menjaga kesehatan janin dalam kandungan
Itulah beberapa khasiat dan manfaat wortel untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan mengenai sayuran wortel dan khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Salam sehat..

1 comments:

  1. I think your blog is very helpful to many people and thank you for your blog that you have shared to all readers
    domino qiu qiu

    ReplyDelete