Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh - Ketumbar selain sebagai bumbu masakan, ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ketumbar adalah tumbuhan rempah-rempah yang sangat populer digunakan sebagai bumbu dapur dalam beberapa aneka jenis kuliner di nusantara.

Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Ketumbar memiliki nama Latin Coriandrum sativum ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Dalam bahasa Inggris ketumbar dikenal dengan sebutan coriander dan di Amerika Latin dikenal dengan sebutan cilantro. Ketumbar memiliki bentuk yang kecil dengan diameter 1-2 mm, dan biasanya dijual dalam bentuk serbuk atau berbentuk biji. Baunya yang khas ini membuat aroma masakan menjadi kuat dan menjadi lebih menggungah selera.

Kandungan nutrisi dalam ketumbar
  • Energi = 404 kkal
  • Lemak = 16,1 gr
  • Protein = 14,1 gr
  • Karbohidrat = 54,2 gr
  • Fosfor = 370 mg
  • Kalsium = 630 mg
  • Zat besi = 18 mg
  • Vitamin B1 = 0,2 mg
  • Vitamin A = 1570 IU
  • Vitamin C = 0 mg
Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Keputihan
Biji ketumbar dapat mengatasi keputihan, caranya dengan merendam biji ketumbar ke dalam air semalaman. Setelah itu, saring dan minumlah hasil dari rendaman tadi saat perut Anda kosong pada pagi hari. Lakukanlah penyembuhan selama seminggu, dengan menggunakan ketumbar obat tradisional penyakit keputihan Insya Alloh proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

2. Mengobati Encok
Ketumbar dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi keluhan encok. Untuk mendapatkan manfaat dari ketumbar untuk mengobati encok cukup mudah, rebuslah biji ketumbar yang sebelumnya dihaluskan dengan air kemudian minum ramuan tersebut selagi hangat.

3. Melancarkan Haid
Khasiat luar biasa dari ketumbar sebagai obat tradisional pereda nyeri haid dan melancarkan haid. Ketumbar secara alami dapat merangsang dan membantu keteraturan sekresi hormon dari kelenjar endokrin, sehingga bermanfaat untuk menjaga keteraturan menstruasi serta mengaurangi rasa sakit yang mungkin muncul. Ketumbar merupakan salah satu solusi wanita untuk mengurangi rasa nyeri pada perut saat menstruasi. Caranya, ambil ketumbar sebanyak 6 gram, rebuslah bersama 500 ml air dengan menambah gula. Setelah mendidih saring air rebusan tadi dan minum dalam keadaan masih hangat.

4. Anti Diabetes
Tahukah Anda bahwa ketumbar memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobati dan menstabilkan kadar gula dalam darah. Bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit diabetes mellitus, anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan salah satu jenis bumbu dapur ini. Baca : Obat Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus.

5. Obat Jerawat
Jika Anda mempunyai masalah dengan jerawat dan komedo, cara melakukan pengobatan dengan menggunakan ketumbar cukup sederhana : haluskan biji ketumbar dan kunyit selanjutnya oleskan pada wajah yang terdapat jerawatnya, dan sebaiknya lakukan sebelum tidur.

6. Obat Kolesterol
Ketumbar mengandung sejumlah senyawa asam, yaitu : asam linoleat, asam oleat, asam palmiat, asam stearat, dan asam askorbat. Senyawa-senyawa tersebut telah diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan dapat mengurangi deposit kolesterol dalam dinding pembuluh darah arteri dan vena.

7. Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi dalam dapat membantu mengatasi penyakit anemia atau penyakit kurang darah.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan minyak esensial ketumbar, dapat membantu proses sekresi enzim, dan cairan pencernaan di dalam perut, merangsang proses pencernaan dengan meningakatkan gerakan peristaltik di saluran pencernaan dan mengatasi anoreksia.

9. Anti Bengkak
Cinoele, salah satu dari 11 komponen minyak esensial dan asam linoleat yang terdapat dalam ketumbar, memiliki khasiat antirematik dan anti-artriti. Dengan demikian, ketumbar dapat digunakan untuk mengatasi bengkak akibat rematik dan arthritis.

10. Mengobati Diare
Komponen borneol dan linalool dalam ketumbar membantu proses pencernaan, meningkatkan fungsi hati, dan membantu proses pengikatan massa feses pada usus. Komponen lain seperti cineol, limonene, alpha-pinene dan beta-phelandrene memiliki aktivitas antibakteri sehingga berkhasiat dalam mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri.

11. Menjaga Kesehatan Hati
Ketumbar dapat mengatasi inflamasi atau peradangan, kejang, ekspektoran, melindungi hati, anti-karsinogenik, anti-konvulsan, antihistamin, dan hipnotik. Selain itu, ketumbar juga dapat bertindah sebagai afrodisiak alami jika dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya.

Itulah beberapa khasiat ketumbar untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dari ketumbar, tidak ada salahnya Anda memasukannya sebagai bumbu dapur dalam beberapa masakan yang Anda konsumsi sehari-hari. Terima kasih atas kunjungan dan kesediaan Anda telah menyimak sajian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat..

1 comments: