Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan

Khasiat Daun Bawan untuk Kesehatan - Siapa yang tak tahu dengan salah satu jenis sayuran ini? Ya, daun bawang ini merupakan salah satu jenis sayuran berwarna hijau dengan aromanya yang khas, dan tidak heran jika daun bawang ini banyak digunakan sebagai pelengkap sajian aneka kuliner di nusantara.

Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan

Daun bawang banyak ditemukan sebagai bahan pelengkap dari berbagai aneka masakan. Bahkan banyak yang menggunakan daun bawang ini sebagai penghias pada sajian kuliner. Namun tahukah Anda bahwa daun bawang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, baik itu untuk kesehatan kulit, rambut, sistem pencernaan, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan

1. Sumber zat besi

Kandungan zat besi yang terdapat dalam daun bawang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan mampu memperkuat sel jaringan tubuh.

2. Mengandung serat yang baik

Tingginya kandungan serat dalam daun bawang sangat baik untuk kesehatan pencernaan tubuh kita. Serat juga baik untuk mencegah terjadinya penyakit sembelit.

3. Tinggi kandungan kalium

Apakah Anda tahu bahwa daun bawang ternyata memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi? Kandungan kalium dalam daun bawang ini bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, mengurangi masalah jantung, dan mencegah terjadinya keram otot.

4. Menjaga kesehatan jantung

Suatu senyawa bernama Cycloaliin yang ditemukan dalam daun bawang bermanfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan jantung Anda dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga bermanfaat untuk mengencerkan darah dan menguransi resiko terjadinya penyakit aterosklerosis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun bawang yang sering ditambahkan dalam sup, memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, yakni mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh serta mencegah tubuh Anda terserang penyakit pilek, demam, dan flu.

6. Rendah kalori

Daun bawang merupakan jenis sayur-sayuran, sehingga daun bawang rendah kalori dan sangat aman untuk dikonsumsi.

7. Kaya antioksidan

Siapa yang sangka bahwa ternyata daun bawang kaya akan kandungan antioksidan yang bernama quercetin dan kemferfol yang baik bagi kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

8. Anti diabetes

Daun bawang mengandung phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida yang memiliki sifat anti diabetes. Zat ini mampu membantu mencegah terjadinya degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa. Baca: Obat Tradisional Penyakit Diabetes Mellitus.

9. Obat cacing alami
Tidak hanya dapat digunakan sebagai obat tradisional penyakit diabetes mellitus, menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain, khasiat daun bawang tak berhenti sampai di situ saja. Apabila Anda memiliki buah hati yang menderita cacingan, jangan ragu untuk memberikan daun bawang. Hal ini karena daun bawang mampu mengobati penyakit cacingan secara alami. Tidak percaya? Buktikan sendiri khasiatnya.

10. Anti infeksi

Daun bawang memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus, sehingga sangat baik untuk mengobati infeksi dan luka yang ada di dalam tubuh.

Itulah sajian mengenai manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh. Jika Anda tidak menyukai daun bawang yang ditambahkan pada makanan, Anda bisa mengetahui manfaat apa saja yang diperoleh jika Anda mengkonsumsinya. Mengkonsumsi daun bawang yang ditambahkan pada masakan dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dan juga mencegah terjadinya beberapa jenis penyakit tertentu. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment