Khasiat Bunga Kana (Tasbih) untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Kana (Tasbih) untuk Kesehatan - Bunga Kana yang memiliki nama ilmiah Cannia indica ini adalah suatu jenis tanaman daerah topis Amerika yang juga sering dijuluki sebagai tulis Asia. Sedangkan di Indonesia sendiri memiliki julukan "Bunga Tasbih", hal ini tidak lain karena bunga kana memiliki biji yang keras dan bisa digunakan untuk membuat tasbih. Tanaman bunga kana ini memiliki tampilan yang memikat dan mampu menghiasi halaman rumah Anda.

Bunga Kana (Bung Tasbih)

Bunga Kana (Bunga Tasbih) ini memiliki sebutan  Bunga Ganyong bagi masyarakat Jawa yang selama ini hanya dimanfaatkan sebagai tanaman penghijauan di pinggir jalan dan tidak terlalu mendapatkan perhatian khusus sebagai tanaman hias. Akan tetapi, selain memiliki pesona bunga yang indah, bunga kana ini juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.

Bagian tanaman yang bermanfaat
  • Rimpang : rasanya manis, sifatnya sejuk. Berkhasiat sebagai penyejuk, pereda demam (antiseptic) peluruh kencing (diuretik), penenang (tranquiliter), menurunkan tekanan darah (hipertensif), disentri kronik, wasir, keputihan, dan radang hati akut disertai kuning. Efek farmakologis dari hasil penelitian pada percobaan binatang bahwa rimpang bunga tasbih ini berkhasiat : Hepatoprotektor (melindung isel hati dari kerusakan), kolagoga dan koleretik, yaitu meningkatkan aliran empedu dan meningkatkan pembuangan bilirubin, relaksan pada otot saluran cerna, hipotensif, tidak beracun.
  • Bunga : Sifatnya menghentikan pendarahan (hemostatis) berkhasiat sebagai obat tradisional penyakit batuk darah dan haid terlalu banyak (metrorrhagia).
Kandungan kimia dalam bunga kana atau bunga tasbih

Kandungan kimia yang terdapat dalam bunga kana ini antara lain adalah substansi phenol, dua terpene, empat coumarin, pati, glukose, lema alkaloid dan getah. Bagian yang dapat dimanfaatkan adalah rimpang, daun, bunga dalam keadaan segar maupun kering. Umbinya mengandung banyak air, sedikit kanji, protein, fosfor, kalsium, vitamin B, dan vitamin C. Adanya kandungan kanji dalam tanaman ini, dapat dimanfaatkan dengan cara diekstrak untuk diambil tepungnya sebagai bahan makanan. Daunnya mengandung 90% air, 7% karbohidrat, 1% protein, dan 0,2 % lemak.

Khasiat Bunga Kana atau Bunga Tasbih untuk Kesehatan

1. Obat hepatitis
  • Umbi kana 60-120 gram
  • 3 gelas air
Cuci dan bersihkan, kemudian potong-potong tipis lalu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 1/2 gelas. Biarkan dingin terlebih dahulu, dan saring air rebusan tersebut sebanyak 2x dalam sehari, sekali minumnya 3/4 gelas. Lakukanlah secara teratur sekitar 20 hari, dan maksimal hingga 47 hari. Dosis maksimal dalam 1 hari 250 gr. Khaisatnya akan tampak setelah 1 minggu konsumsi, biasanya bola mata dan kulit uang menguning akan mulai memudar.

2. Obat keputihan
  • Umbi kana kering 30 gram (iris tipis)
  • Beras ketan 30 gram
  • Daging ayam 30 gram (iris tipis)
Cara pembuatan : Bersihkan semua bahan ke dalam mangkuk beri ari sampai semua bahan terendam, kira-kira 2 cm di bawan permukaan air, dan kemudian di tim. Setelah semua bahan masak, makanlah sekaligus obat alami penyembuh keputihan dari tanaman bunga tasbih ini, dan lakukan setiap hari sampai sembuh.

3. Obat wasir
  • Umbi kana 60 gram
  • 3 gelas air
Cuci dan bersihkan umbi kana lalu potong-potong tipis dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan obat tradisional penyakit wasir ini dan minum 2x/hari (sekali minumnya 1/2 gelas)

4. Obat haid berlebih
  • Bung kana kering 10-15 gram
  • 2 gelas air 
Cara pembuatannya sangat mudah, rebus bunga kan dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Untuk cara pemakainnya sendiri, saring setelah dingin air rebusannya dan minumlah sekaligus (lakukan 2-3 kali/ hari).

Itulah sajian informasi mengenai khasiat bunga tasbih untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat bunga kana. Terima kasih telah menyimak informasi yang kami berikan, simak pula artikel menarik lainnya mengenai kesehatan dan ramuan herbal dari bahan alami, hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

0 comments "Khasiat Bunga Kana (Tasbih) untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment