Khasiat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh - Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang tidak asing lagi bagi semua kalangan masyarakat. Hal ini karena mentimun sangat mudah diperoleh dan tentunya dengan harga yang relatif murah dan dapat dibudidayakan dengan mudah di pekarangan sendiri.

Hampir sebagian besar jenis mentimun memiliki bentuk fisik bulat memanjang dengan kulit buah hijau tua, dagingnya berwarna hijau muda serta memiliki biji di dalamnya. Dengan kandungan air yang melimpah, timun ini sangat cocok untuk dikonsumsi pada siang hari saat cuaca sangat panas. Mentimun biasanya digunakan sebagai campuran pada beraneka jenis kuliner, masakan, asinan, ataupun rujak.

Khasiat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh 

Khasiat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

Selain dapat digunakan untuk konsumsi sehari-hari, ternyata manfaat mentimun tidak berhenti sampai di situ. Mentimun telah diketahui secara klinis memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Adapun khasiat dari mentimun itu sendiri adalah sebagai berikut :
  1. Penghilang racun. Kandungan air dalam mentimun yang hampir 95% akan memiliki efek menghilangkan racun dalam tubuh melalui urine atau keringat yang kita keluarkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.
  2. Penangkal kanker. Hal ini dikarenakan timun mengandung lignin yang memiliki fungsi sebagai pencegah berbagai jenis penyakit kanker, seperti : kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, serta kanker prostat.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam mentimun memiliki peranan yang nyata untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit saat perubahan cuaca dan lain-lain.
  4. Mengatasi sembelit. Telah diketahui bahwa mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan air yang melimpah serta serat dalam mentimun akan membantu menyehatkan organ pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar atau menghilangkan sembelit yang diderita.
  5. Mengontrol tekanan darah. Dalam mentimun terdapat kandungan kalium, magnesium, serta serat yang sangat efektif untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi maupun penyakit darah rendah yang sering dialami oleh sebagian besar orang.
  6. Mengatasi kolesterol. Tahukah Anda bahwa mentimun dapat dijadikan sebagai obat tradisional penyakit kolesterol? Hal ini karena mentimun mengandung suatu senyawa yang bernama sterol yang sangat ampuh untuk mengurangi kadar koelsterol jahat yang membahayakan kesehatan tubuh.
  7. Obat Diabetes. Mentimun mengandung suatu hormon yang berperan nyata dalam memproduksi insulin pada sel-sel organ pankreas yang Anda miliki.
  8. Menyehatkan ginjal. Mentimun memiliki karakteristik penyembuh bagi konsisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun dapat membantu fungsi ginjal dengan cara buang air kecil. Mengkonsumsi mentimun secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.
  9. Erepsin dalam mentimun juga dapat membantu dalam proses pencernaan protein
  10. Obat cacing. Tidak hanya dagingnya saja, biji mentimun ternyata sangat bermanfaat, karena dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji mentimun juga memiliki sifat antiinflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.
  11. Sumber kalium terbaik. Mentimun adalah sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium/100 gram. Senyawa elektrolit yang  ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dan meminimalkan efek natrium.
  12. Anti oksidan. Mentimun mengandung antioksidan seperti B karoten, karoten, zea-xanthin dan lutein, yang semuanya mampu bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.
  13. Membantu pertumbuhan rambut. Kandungan silikon, sulfur sodium, fosfor, dan kalsium dalam mentimun merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaat dari timun untuk pertumbuhan rambut ini, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dibuat jus.
  14. Mengencangkan kulit. Manfaat terbesar dan paling penting dari mentimun bagi kesehatan kulit adalah revitalisasi. Masker wajahh yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan membuatnya menjadi tampak lebih cerah.
Terima kasih telah menyimak sajian informasi mengenai khasiat mentimun untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda akan manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh timun. Salam sehat..

0 comments "Khasiat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment