10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata - Memiliki mata yang sehat sudah bisa dipastikan adalah impian semua orang. Mata yang sehat dapat melihat berbagai jenis benda baik itu dari jarak yang dekat ataupun jarak yang jauh dengan jelas. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya gangguan mata itu sendiri, diantaranya adalah membaca sambil tiduran, terlalu lama menatap layar monitor komputer, atau membaca buku dengan penerangan yang buruk.

Peran mata sangatlah penting, sebagai organ penglihatan, mata sangatlah menentukan setiap kegiatan ataupun pekerjaan yang kita lakukan. Karena jika mata mengalami gangguan, pekerajaan ataupun aktivitas yang kita lakukan tidak akan terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, mengingat pentingnya fungsi mata untuk kehidupan kita, kita harus memprioritaskan kesehatan mata tanpa mengenyampingkan kesehatan organ tubuh yang lainnya.

Mulai dari sekarang, mari kita sayangi mata yang telah Alloh SWT. karuniakan kepada kita dengan menjauhi beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan gangguan mata tersebut, dan tentunya dengan ditunjang dengan pola makan yang sehat demi memenuhi kecukupan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata kita, yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan mata kita.

10 Makanan Terbaik untuk kesehatan Mata

1. Wortel

Wortel Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata
Adalah salah satu jenis sayurang yang sangat baik untuk kesehatan mata, karena wortel memiliki kandungan beta-karoten, yang nantinya akan dirubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, wortel juga bermanfaat untuk melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita.


2. Buji Bunga Matahari (Kwaci)

Kwaci untuk Menjaga Kesehatan Mata
Cemilan yang biasanya menemani kita ketika menonton televisi atau bersantai ini ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kwaci memiliki kandungan selenium, zinc,dan vitamin E yang bisa mencegah gangguan mata seperti : katarak dan gangguan mata yang disebabkan oleh faktor penuaan. Selain itu, dalam biji bunga matahari juga terdapat kandungan vitamin B2 yang berfungsi untuk mengatasi penyakit sensitivitas mata terhadap cahaya atau sering dikenal dengan istilah " Photophobia"

3. Ikan Salmon

Ikan salmon menjaga kesehatan mata
Siapa yang tidak tahu jenis ikan yang satu ini? Ya, ikan salmon memiliki kandungan omega-3 yang tingi jika dibandingkan dengan ikan yang lain. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan salmon secara rutin, maka akan terhindar dari gangguan mata kering sehingga mata akan terjaga kesehatannya.

4. Telur

Telur untuk Kesehatan Mata
Telur adalah salah satu makanan yang merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk mata, karena mengandung  : lutein,  vitamin B12, vitamin D, zinc, vitamin A, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam putih telur ini adalah antioksidan terbaik yang dapat mencegah terjadinya proses degenerasi makular dan penyakit katarak.



5. Bayam

Bayam untuk Kesehatan Mata
Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat. Khasiat bayam untuk kesehatan  selain dapat menambah energi, jenis sayuran berdaun hijau ini sama halnya seperti telur, ternyata bayam memiliki kadungan zeaxanthin dan lutein yang cukup tinggi. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma.




6. Alpukat

 Alpukat untuk Kesehatan Mata
Buah alpukat lebih kita kenal sebagai salah satu jenis buah yang populer untuk dijadikan jus atau bahan makanan lainnya. Dalam buah alpukat ini memiliki kadnungan lutein paling banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsinya yaitu dapat mencegah degenerasi makular dan mata katarak. Selain itu, buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting dalam tubuh seperti alfa dan beta-karoten yang berguna dalam pembentukan vitamin A agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

7. Bawang Putih

Bawang Putih untuk Kesehatan Mata
Kandungan selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione yang terdapat dalam bawang putih ini sangat bermanfaat untuk melindungi lensa mata dari radikal bebas seperti sinar UV. Selain itu, bawang putih juga dapat menjaga dan melancarkan sirkulasi darah dan dapat memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh yang tentu saja akan membantu mata kita untuk tetap sehat.



8. Tomat

Tomat untuk Kesehatan Mata
Selain sebagai bahan untuk campuran aneka masakan, buah tomat juga sangat populer sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan kulit wajah. Tidak hanya berhenti sampai di situ, khasiat buah tomat juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena buah tomat diperkaya dengan vitamin A, vitamin C, dan lycopene yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata. Simak juga : Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan.



9. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam untuk Kesehatan Mata
Dark Chocolate ini berfungsi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan. Cokelat hitam mengandung suatu zat yang dinamakan flavonoid yang bertugas melindungi pembuluh darah pada mata sehingga akan memperkuat kornea dan retina mata kita.






10. Kol/ Brokoli

Brokoli untuk Kesehatan Mata
Sayuran ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sama halnya seperti pada bayam, brokoli mengandung zat zeaxanthin dan lutein yang keduanya berfungsi seperti "sunglasses' yang berfungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV, dan tidak hanya itu, mengkonsumsi kol atau brokoli terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit katarak. (Baca : Brokoli Sayuran Pencegah Pengapuran Tulang).




Itulah 10 jenis makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Semoga sajian informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai jenis-jenis makanan yang bermanfaat untuk kesehatan organ penglihatan kita. Salam sehat

0 comments "10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment