Macam-Macam Jerawat dan Pengobatannya

Macam-macam Jerawat dan Pengobatannya - Ada beberapa jenis jerawat yang kerap menghampiri dan mengganggu penampilan kita. Hal ini disebabkan karena ketidakseimangan hormon, penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit, faktor genetik (diturunkan dari orang tua), pola hidup yang tidak sehat dan infeksi yang diakibatkan oleh mikroorganisme yang terjebak di bawah lapisan kulit karena pori-pori tertutup oleh kotoran, minyak dan debu. Dan faktor-faktor tersebutlah yang mengakibatkan terjadinya peradangan dan menimbulkan jerawat.

Macam-Macam Jerawat dan Pengobatannya

1. Jerawat biasa

Jerawat biasa
Ini adalah jerawat yang sering menyerang kita terutama saat menginjak masa puber atau karena adanya perubahan hormon menjelang menstruasi, stress, atau menempelnya kotoran pada wajah akibat kulit yang berminyak, sehingga menjadi tempat untuk berkembangnya bakteri yang terjebak di bawah kulit. ciri-ciri jerawat ini adalah tonjolan bewarna merah muda yang terjadi akibat pori-pori kulit wajah tersumbat oleh infeksi baktero propionibacterium acne. Bakteri ini bertempat tinggal di saluran kelenjar secabaceous yang tersumbat atau pada daerah asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous dalam pori-pori kulit.

Adapun cara untuk mengatasinya adalah cukup mudah. Anda bisa menggunakan bahan alami seperti tomat dan lemon. Gunakan tomat atau buah jeruk lemon sebagai masker untuk mengatasi jerawat pada wajah Anda. Penggunaan kedua bahan ini selain mampu mengobati jerawat, juga mampu mencegah timbulnya noda hitam akibat bekas jerawat.

2. Komedo

Komedo
Komedo adalah salah satu jenis jerawat. Komedo ini seringkali membuat ujung hidung dan dagu menjadi terasa kasar dan gatal. Komedo terdiri dari 2 jenis, yaitu : whitehead dan blackhead atau komedo tertutup dan komedo terbuka. Salah satu penyebab timbulnya komedo itu sendiri adalah karena sekresi kelenjar minyak yang berlebihan, ditambah dengan sel-sel kulit mati yang bergabung dan menutupi pori-pori kulit wajah. Whitehead atau komedo tertutup telah ditumbuhi kulit pada bagian pori-pori yang tersumbat, sementara blackhead adalah pori-pori yang melebar dan menghitam.

Untuk mengatasi jerawat berjenis komedo ini kita bisa memanfaatkan bahan alami sebagai tips untuk menuntaskan komedo pada wajah. Ya, bahan yang akan kita gunakan tersebut adalah putih telur. Caranya ukup mudah, celupkan kapdas pada putih telur dan kemudian tempelkan pada daerah yang berkomedo, diamkan selama beberapa menit hingga putih telur yang ada pada kapas tersebut menjadi kering. Setelah kapas tersebut mengering, kelupaskan secara perlahan. Anda akan melihat ada banyak komedo yang terangkat pada kapas tersebut.

3. Jerawat batu

Jerawat Batu
Jerawat batu atau Cystic acne, merupakan jerawat yang sering meninggalkan bekas pada wajah, seperti bopeng atau kulit menjadi cekung. Jerawat batu ini adalah jerawat-jerawat besar yang berkumpul pada wajah dengan peradangan hebat yang menimbulkan rasa sakit. Biasanya jerawat ini terjadi karena keturunan atau faktor genetik. Untuk mengobati jenis jerawat batu ini, Anda harus mengunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Simak Juga :

Itulah macam-mcam jerawat dan cara mengobatinya. Hal utama yang harus kita perhatikan untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah itu sendiri. Usahakan agar Anda membersihkan wajah Anda setelah beraktivitas di luar, karena sangat besar kemungkinan kulit wajah Anda terkena polusi, debu, dan kotoran lainnya. Selain itu, bersihkan pula wajah Anda dari sisa-sisa kosmetik yang masih menempel ketika menjelang tidur.

Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat tanpa jerawat adalah idaman setiap orang. Jagalah kebersihan dan kesehatan kulit wajah Anda mulai sekarang, karena tidak ada yang betanggungjawab atas kesehatan tubuh kita, selain diri kita sendiri. Semoga bermanfaat..

0 comments "Macam-Macam Jerawat dan Pengobatannya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment