Khasiat Daun Seledri untuk Kesehatan

Khasiat Daun Seledri untuk Kesehatan - Daun Seledri adalah salah satu jenis sayurang yang sudah menjadi sahabat bagi ibu rumah tangga. Mengapa demikian? Telah menjadi rahasia umum, jika daun seledri memiliki peranan khusus dalam masakan, yaitu sebagai aroma masakan atau yang lebih sering digunakan sebagai penyedap sayur sop. 

Daun Seledri
Khasiat Daun Seledri untuk Kesehatan
Daun seledri juga sering disebut dengan daun sop atau dalam bahasa latin Apium graveolens ini, selain memiliki fungsi sabagai penambah aroma pada masakan, ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita.

Kandungan Nutrisi dalam Daun Seledri

Kandungan vitamin dan zat penting yang penting bagi tubuh manusia, antara lain : asam amino, boron, kalsium, asam lemak esensial, folat, inositol, besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, selenium, sulfur, seng, klorin, folat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan juga vitamin K.

Khasiat Daun Seledri untuk Kesehatan
  • Memperlambat proses penuaan
  • Baik untuk dinding lambung
  • Menjaga berat badan
  • Mengobati diabetes
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Menjaga kestabilan tekanan darah
  • Menjaga kemudaan sel
  • Menjaga keturunan dan aktivitas otot
  • Membantu melarutkan kalsium dalam tubuh
  • Melindungi otak dan sistem syaraf
  • Menetralkan asam tubuh
  • Mengobati arthritis, neuritis, rematik, dan asma.
1. Mengobati Rematik
Daun seledri ternyata dapat digunakan sebagai obat tradisional penyakit rematik. Ambil 1 genggam daun dan batang seledri, kemudian rebus dalam 2 gelas air sampai tertinggal hanya 1 gelas. Setelah dingin, saring untuk diambil airnya, minum ramuan ini 1 gelas sehari.

2. Mengobati mata kering
Cukup dengan mencuci daun seledri, daun bayam dan juga daun kelor sebanyak masing-masing 1/2 genggam sampai benar-benar bersih, kemudian tumbuk semua bahan tersebut hingga halus, tambahkan garam dapur seujung sendok teh dan juga 3/4 cangkir air yang sudah masak. Remas campuran ini sampai rata, kemudian peras dan saring untuk diambil airnya . Minum air perasan ramuan ini sekaligus, dan lakukan 3 kali sehari.

3. Obat Tekanan Darah Tinggi
Cuci 100 gram seledri seutuhnya sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 cangkir air, kemudian peraslah dan saring, lalu rebus hingga mendidih. Setelah dingin minum air tersebut 2 kali sehari, pagi dan siang hari. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Darah Tinggi).

4. Obat Batuk
Cuci 30 gram seledri segar, dan kemudian potong beberapa bagian seperlunya, lalu rebus dengan 3 gelas air. Setelah dingin, saring dan tambahkan sedikit madu. Minum ramuan ini 2 kali/hari, pagi dan sore.

5. Obat Kolik
Sediakan 60 gram seledri segarm 1 ruas jahe merah. Cuci bahan-bahan tersebut dan juga potong-potong seperlunya, kemudian rebus dengan 2 gelas air dan hingga tersisa tinggal separuhnya. Setelah dingin, saring dan tambahkan sepotong gula aren, aduk hingga merata, minum air tersebut 1 kali sehari.

6. Obat Penyubur Rambut
Cuci 7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, kemudian tumbuk halus, kemudian gosokkan hasil tumbukan daun seledri tersebut ke kulit kepala dan juga rambut secara merata sambil dipijat-pijat ringan. Setelah selesai, bungkuslah rambut dengan menggunakan handuk selama kurang lebih 1 jam. Kemudian bilaslah rambut dengan air bersih. Lakukan cara ini 1 minggu sekali.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam daun seledri mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga dapat mencegah timbulnya kanker serta mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Catatan :
  • Kandungan serat seledri yang tinggi dapat mengakibatkan iritasi pada lambung yang peka atau sensitip, jika terjadi iritasi maka sebaiknya terapi seledri ini dihentikan.
  • Karena biji seledri kaya akan kandungan minyak atsiri, flavonoid, dan juga asam linoleat coumarin maka tidak baik dikonsumsi bagi wanita hamil karena mereka dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.
Demikianlah sajian informasi mengenai khasiat daun seledri untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai khasiat daun seledri. Untuk mendapatkan manfaat daun seledri, tidak ada salahnya Anda menambahkannya pada menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari atau dengan membuat ramuan dari daun seledri seperti yang telah kita bahas di atas. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Daun Seledri untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment