Khasiat Cabe Rawit untuk Kesehatan

Khasiat Cabe Rawit untuk Kesehatan - Si kecil mungil dengan rasa yang pedas, cabe rawit yang kita kenal sebagai tambahan sebagai bumbu dapur pada aneka kuliner nusantara. Tapi tidak banyak masyarakat kita yang mengetahui, dibalik rasanya yang pedas dan bentuknya yang mungil ini cabe rawit ternyata menyimpan banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Cabe Rawit untuk Kesehatan

Cabe rawit adalah buah dan tumbuhan yang termasuk ke dalam anggota genus Capsicum. Cabe rawit ini memiliki sebutan yang berbeda-beda di berbagai negara. Orang Malaysia dan Singapura menyebut cabe rawit dengan Cili Padi. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, cabe rawit lebih dikenal dengan sebutan Lombok Rawit. Sedangkan di daerah Jawa Barat, lebih dikenal dengan Cengek.

Kandungan Nutrisi dalam Cabe Rawit

Cabe rawit mengandung banyak kadar vitamin C dan juga betakaroten atau provitamin A. Kandungan ini lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan seperti jeruk, mangga, nanas, dan juga semangka. Bahkan kandungan mineral yang terdapat dalam cabe rawit ini, terutama kalsium dan fosfornya dapat mengalahkan ikan segar. Namun vitamin C yang terdapat dalam cabe hijau lebih kaya dibandingkan dengan cabe rawit.

Rasa pedas yang terkandung dalam cabe rawit disebabkan oleh suatu zat yang dinamakan Capsaicin yang ada di dalam bijinya. Capsaicin ini memiliki sifat stomakik, yaitu dapat berfungsi untuk menambah selera makan. Selain itu, cabe juga memiliki kandungan endorphin yang dapat membuat makanan menjadi lebih terasa nikmat.

Khasiat Cabe Rawit untuk Kesehatan

1. Mengatasi Kanker

Sebuah penelitian pernah dilakukan pada sebuah laboratorium di Inggris menyebutkan bahwa kandungan capsaicin dalam cabe rawit ini yang menimbulkan rasa pedas dapat menghilangkan sel kanker dengan tanpa merusak sel normal dalam tubuh, jika dikonsumsi secara rutin. Seperti kebiasaan masyarakan kita, ketika memakan gorengan, pastilah Anda akan memakannya dengan cabe rawit. Bahkan orang tua zaman dulu percaya bahwa cabe rawit dapat mengurangi kolesterol yang terdapat dalam minyak gorengan. Selain itu, mengkonsumsi cabe rawit akan mampu membakar kalori dalam tubuh, mencapai sekitar 25% kalori dalam tubuh.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Dengan mengkonsumsi cabe rawit, selera makan seseorang dapat meningkat. Hal ini dikarenakan ada zat capsaicin yang bisa menambah produksi hormon endophrin dalam tubuh.

3. Anti Aging

Mengapa cabe rawit dikatan sebagai anti aging atau pencegah terjadinya penuaan? Hal ini karena dalam cabe rawit itu sendiri terkandungan zat antioksidan, yaitu vitamin C yang tinggi dan juga betakaroten yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mampu mencegah penuaan dini. Bagaimana, apakah Anda berminat untuk menggunakan cabe rawit sebagai obat tradisional pencegah penuaan dini.

4. Mengatasi Stroke

Mungkin tidak semua orang mengetahui bahwa ternyata cabe rawit ini mampu mengurangi resiko terkena penyakit stroke dan penyumbatan pada pembuluh darah. Simak : obat tradisional penyakit stroke.

5. Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian ilmiah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi cabe rawit bisa membantu untuk melancarkan sumbatan dalam aliran darah (melancarkan sirkulasi darah), sumbatan seperti ini dapat mengakibatkan gangguan pada aliran darah dan merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung.

6. Mengobati Nyeri Sendi

Masih mengenai manfaat kandungan Capsaicin dalam cabe rawit, ternyata tidak hanya mampu menghasilkan rasa pedas, meningkatkan nafsu makan saja, tetapi juga mampu mengatasi keluhan nyeri sendi, kejang pada otot, atau penyakit lainnya yang berkaitan dengan gangguan sendi seperti penyakit rematik.

7. Menjaga Stamina Tubuh

Jika Anda menginginkan tubuh selalu fit, cabe rawit bisa dijadikan salah satu solusinya. Hal ini karena cabe rawit mengandung antioksidan, dan juga zat-zat yang penting yang terkandung di dalamnya yang berfungsi untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Terlebih ladi kandungan vitamin C-nya yang tinggi, yang dapat membantu menjaga tubuh kita tetap prima dan tidak mudah terserang penyakit.

8. Meningkatkan Kesuburan 

Tidak hanya kondisi kesehatan tubuh yang dapat diperbaiki, cabe rawit juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan. Dengan mengkonsumsi cabe rawit, juga bisa meningkatkan libido.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam cabe rawit. Semoga sajian informasi yang kami berikan mengenai khasiat cabe rawit untuk kesehatan tubuh ini bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang si pedas yang memiliki bentuk mungil ini. Salam sehar..

1 comments:

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete