Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit

Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit - Penyebab gatal yang paling sederhana yang paling umum terjadi adalah karena kulit digigit nyamuk. Penyebab yang mungkin lebih serius misalnya karena gangguan fungsi hati yang membuat peningkatan bilirubin darah yang menyebar ke kulit sehingga kulit akan tampak berwarna kuning dan terasa gatal, selain itu masih banyak contoh penyebab timbulnya rasa gatal pada kulit.

Secara umum, penyebab rasa gatal pada kulit akibat dari ruam lokal atau kondisi kulit lainnya seperti psoriasis atau dermatitis, bisa juga merupakaan suatu indikasi daru penyakit dalam (sistemik) yang sedang diderita, seperti penyakit hati dan gagal ginjal Penyebab lokal menimbulkan gatal hanya pada kulit yang terkena, sedangkan penyebab sistemik menimbulkan rasa gatal pada seluruh tubuh.

Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit

Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit
1. Kulit kering

Kulit gatal yang tidak disertai dengan perubahan kulit lainnya seperti ruam, paling umum disebabkan oleh kulit kering (Xerosis). Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti cuaca panas atau dingin dengan tingkat kelembaban yang rendah, penggunaan AC jangka panjang dan mencuci atau mandi terlalu lama.

2. Penyakit kulit dan ruam

Ada banyak jenis penyakit yang menyebabkan rasa gatal pada kulit, diantaranya : eksim (dermatitis), psoriasis, kudis, kutu, cacar air, panu, kulit jamuran, biduran, dan sebagainya. Gatal akan mempengaruhi daerah tertentu dan disertai dengan gejala-gejala alain seperti : merah, kulit iritasi, benjolan, dan lecet.

3. Penyakit Dalam

Selain karena faktor lingkungan dan kulit kering, rasa gatal yang dirasakan pada kulit juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit dalam. Adapun penyakit yang dapat menimbulkan seseorang mengalami rasa gatal-gatal adalah : penyakit hati, malabsorpsi gandum, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, tiroid dan kanker, termasuk leukimia dan limfoma.

4. Gangguan syaraf

Gangguan syaraf ternyata memiliki peranan tersendiri sebagai penyebab timbulnya rasa gatal. Kondisi ini mempengaruhi sistem syaraf sepeti multiple sclerosis, diabetes mellitus, syaraf kejepit dan herpes zooster (dompo).

5. Iritasi dan reaksi alergi

Ada beberapa alergen yang bisa menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada sebagian orang. Wol, bahan kimia, sabun serta zat lainnya dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan rasa gatal. Penggunaan kosmetik dan  makanan yang dikonsumsi juga dapat memicu terjadinya alergi dan menyebabkan gatal-gatal.

6. Konsumsi obat-obatan terentu

Reaksi terhadap obat-obatan tertentu seperti : antibiotik, obat anti jamur, atau obat anti nyeri narkotika dapat mengakibatkan ruam dan gatal-gatal yang luas. Alergi terhadap obat ini sering disebut dengan isitlah Drug Erruption.

7. Kehamilan

Ada beberapa wanita yang mengalami gatal-gatal pada kulit selama kehamilan berlangsung. Rasa gatal mungkin akan terasa pada seluruh bagian tubuh, terutama pada daerah perut, paha, payudara dan lengan. Apabila sebelum kehamilan berlangsung seorang wanita mengalami dermatitis atau eksim, maka kondisinya akan dapat memburuk selama kehamilannya.

Tindakan pengobatan harus segera anda lakukan jika raga gatal-gatal pada kulit yang anda rasakan seperti di bawah ini :
  • Gatal berlangusng lebih dari 2 minggu dan tidak membaik dengan tindakan perawatan
  • Sangat parah dan tidak nyaman sehingga penderitanay kesulitan untuk menalankan aktivitas atau tidur
  • Tidak diketahui jelas apa penyebabnya
  • Gatal pada kulit disertai dengan infeksi, terdapat nanah yang juga disertai dengan rasa nyeri dan demam
  • Seluruh tubuh terasa gatal
  • Disertai dengan gejala lain, seperti kelelahan yang luar biasa, penurunan berat badanm perubahan kebiasaan buang air besar atau frekuensi kencing atau demam.
Itulah Beberapa Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit. Semoga sajian informasi yang kami berikan bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan faktor pemicu timbulnya gatal-gatala pada kulit, sehingga kita bisa menghindari berbagai hal yang mengakibatkan gatal tersebut terjadi pada diri kita.

Simak Juga : 

0 comments "Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment