Faktor Penyebab Penyakit Vertigo

Faktor Penyebab Penyakit Vertigo - Penyakit Vertigo bisa disebabkan karena adanya faktor otologik neurologik, psikologik atau iatrogenik. Penyakit yang sering disebut dengan istilah "Pusing Tujuh Keliling" ini terjadi secara mendadak dan berlangsung selama beberap ajam. Gejalanya disertai dengan mual, muntah, sakit kepala, telinga berdenging dan pendengaran yang sedikit terganggu. Penyakit vertigo ini berkaitan dengan neuroma akustik biasanya ringan. Beberapa jenis antibiotik seperti gentamisin, sterptomisin dan kanamisin bersifat vestibulotoksik dan menyebabkan vertigo.

Faktor penyebab penyakit vertigo

Faktor Penyebab Penyakit Vertigo
Penyakit vertigo disebabkan karena adanya gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (alat keseimbangan atua bagian vestibular) atau mungkin di bagian otak. Penyakit vertigo yang paling sering adalah jenis Benign Paroxymal Positional Vertigo (BPPV), yaitu ilusi gerakan yang disebabkan oleh gerakan kepala secara mendadak atau gerakan kepala ke arah tertentu, jenis penyakit vertigo seperti ini umumnya tidak begitu berat dan dapat diatasi.

Selain itu, ada juga faktor lain yang turut berperan dalam terjadinya penyakit vertigo, yaitu karena adanya peradangan di telinga bagian dalam (labirintis) yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan terkadang diikuti dengan pendengaran yang sedikit berkurang. Penyebab yang paling umum adalah infeksi viral atau bakteri. Beberapa penyakit lain yang juga bisa menyebabkan vertigo adalah : meniere disease, pendarahan di otak, multiple sclerosis, cedera kepala ringan dan migrain.

Beberapa faktor pencetus penyakit vertigo
  • Kurangnya pergerakan aktig, sehingga saat mengalami perubahan posisi mendadak akan timbul sensasi vertigo.
  • Konsumsi alkohol berlebih
  • Pernah menjalani operasi otak atau pascaoperasi mayor
Beberapa gangguan keseimbangan yang menjadi faktor penyebab penyakit vertigo
  1. Gangguan telinga. sekitar 50% kasus penyakit vertigo ini berkaitan dengan penyakit-penyakit atau gangguan telinga bagian dalam
  2. Gangguan otak, sekitar 5 % diperkirakan kelainan di otak memiliki hubungan dengan timbulnya penyakit vertigo, misalnya : stroke, migrain, penyempitan pembuluh darah otak (multiple sclerosis), penyakit parkinson, dan tumor.
  3. Kondisi tubuh, Diperkirakan kondisi tubuh juga memiliki kaitan erat sebagai penyebab terjadinya penyakit vertigo, seperti : tekanan darah rendah (hipotensi), hipertensi, penyakit infeksi, kekurangan gula darah (hipoglikemia), gangguan jantung. Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu juga memiliki efek samping terhadap keseimbangan (ototoksik) dapat juga menjadi penyebab terjadinya penyakit vertigo.
  4. Faktor lain, Beberapa faktor lain yang juga dapat mengakibatkan seseorang menderita penyakit vertigo ini adalah : faktor stress, cemas karena pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, merijuana dan sejenisnya, berada dalam ruangan yang tertutup dan terlalu panas. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Vertigo).
Itulah sajian informasi mengenai Faktor Penyebab Penyakit Vertigo. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan penyakit vertigo yang kerap kita sepelekan. Terima kasih telah menyimak sajian informasi yang kami sajikan. Simak sajian informasi kesehatan lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

Simak Juga :

0 comments "Faktor Penyebab Penyakit Vertigo", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment