Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan - Salah satu jenis tanaman hias yang memiliki bunga dan warna cantiknya yang khas ini sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat untuk dijadikan tanaman hias di halaman atau pekarangan rumah.

Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan
Bunga Matahari memiliki nama latin Helianthus annuus Linn. dan masuk ke dalam famili Compositae. Sama seperti lidah buaya, bunga matahari ini meruapkan tanaman hias yang dijadikan sebagai obat tradisional dalam penyembuhan berbagai penyakit. Adapun beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bunga matahari ini adalah : penyakit hipertenis atau penyakit darah tinggi, sakit kepala, disentri, sakit gigi, nyeri haid, rematik, nyeri lambung, radang payudara, sulit melahirkan, campal, infeksi saluran kemih (ISK), bronkhitis, batuk, keputihan dan malaria.

Kandungan kimia yang terdapat dalam bunga matahari tersebut adalah : Quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene.

Bagian tanaman bunga matahari yang sering digunakan untuk pengobatan antara lain adalah akar, bunga dan bijinya. Akar bunga matahari memiliki khasiat untuk mengobati infeksi saluran kencing, radang saluran nafas (bronchitis), batuk rejan (pertussis), keputihan (leucorrhoe). 

Bagian bunganya sendiri digunakan untuk pengobatan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengurangi rasa pusing (sakit kepala), sakit gigi, nyeri haid (dysmenorrhoe), sakit lambung (gastric pain), radang payudara (mastitis), rheumatik (arthritis), sulit melahirkan.

Sedangkan bagian biji bunga matahari sendiri digunakan untuk menambah nafsu makan, mengatasi lesu, mengobati disentri berdarah, campak, sakit kepala. Bukan hanya bagian akan, bunga dan bijinya saja, daun bunga matahari juga bermanfaat dan dipercaya sebagai obat tradisional penyakit malaria yang efektif.

Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan

Bunga matahari tidak hanya memiliki warna bunga yang sangat cantik, tapi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan sebagai bahan alami untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun beberapa dari sekian banyak penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bunga matahari adalah sebagai berikut :

1. Mengobati Sakit Kepala

Anda merasa sakit kepala? tunggu dulu, jangan langsung mengobatinya dengan obat-obatan kimia. Mari kita lihat obat yang tersedia di lingkungan sekitar kita. Ya, Ambil 30 gram bunga matahari, kemudian direbus dengan satu butir telur ayam (jangan dipecahkan). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Kemudian air rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.

2. Mengobati Rematik

Penyakit rematik memang bukanlah penyakit yang mematikan, tapi keberadaanya cukup membuat penderitanya merasa kesakitan dan kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas terutama yang berkaitan dengan persendian. Penderita tidak bisa luwes dalam bergerak, karena rematik menyerang persendian dan sistem gerak lainnya. Untuk mengobati rematik, rebuslah 1 tangkai kepala bunga matahari sampai menjadi kanji. Kemudian tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep.

3. Mengobati Disentri

Bunga matahari adalah obat tradisional penyakit disentri yang efektif dan cara pembuatannyapun sangat mudah. Seduh 30 gram biji bunga matahari, kemudian ditim selama kurang lebih 1 jam. Setelah dingin, tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diminum.

4. Melancarkan buang air besar dan kecil

Jika Anda mengalami susah buang air besar ataupun susah buang air kecil, jangan pernah khawatir, karena si cantik bunga matahari adalah solusinya yang mampu memberikan kesembuhan serta melancarkan buang air kecil dan besar secara efektif. Caranya : rebuslah 15-30 gram akar bunga matahari segar, kemudian minum airnya. Insya Alloh semuanya akan lancar kembali.

5. Infeksi saluran kencing

Mengobati penyakit infeksi saluran kemih dengan menggunakan bunga matahari sangatlah mudah untuk kita lakukan sendiri di rumah. Caranya cukup rebus 30 gram akar bunga matahari segar. Sewaktu akan mendidih, segera diangkat dan minum selagi masih hangat. Lakukan secara rutin, hingga reaksi kesembuhan dapat anda raih.

Bagi anda yang memiliki keluhan penyakit seperti yang telah disebutkan di atas, anda bisa mencoba membuat ramuan obat herbal dari bunga matahari untuk penyembuhan penyakit yang saat ini anda keluhkan. Selain bahannya sangat mudah kita peroleh, pengobatan dengan bunga matahari inipun sangat sederhana dan tentunya tidak mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya yang mahal.

Demikianlah sjaian informasi mengenai Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan. Mari kita jadikan halaman tumah sebagai apotek hidup bagi kita. Bunga matahari memiliki bunga yang cantik dan manfaat berkhasiat untuk kesehatan kita, jadi tak ada salahnya jika kita mulai menghiasi halaman rumah dengan si cantik berkhasiat luar biasa ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 comments: