7 Makanan Sehat Pencegah Stress

7 Makanan Sehat Pencegah Stress - Hidup di lingkungan masyarat era modern mengakibatkan seseorang mengalami peningkatan emosi atau mudah stress. Hal ini bisa disebabkan oleh menumpuknya tekanan yang dialami masing-masing indivudu ketika berada dalam lingkup pekerjaan, lingkungan sekitar dan keluarga.

7 Makanan Sehat Pencegah Stress 

7 Makanan Sehat Pencegah Stress

Stress juga memiliki kaitan dengan makanan. Bila ingin mencegah terjadinya stress,coba langkah sederhana untuk mengatasinya dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat dan bergizi.

Pakar Nutrisi , David Zinczenko, menyatakan ketika stress, tubuh secara alami akan meminta pasokan kalori. Pasokan kalori tersebut sengaja disediakan tubuh untuk mengahadapi tekanan yang dialami seseorang. Dengan demikian, Zinczenko menilai pasokan nutrisi ini haruslah sehat dan bergizi. Adapun 7 jenis makanan sehat pencegah stress adalah sebagai berikut :

1. Pepaya

Pepaya mungkin hanyalah buah yang dapat bermanfaat untuk penceranaa belaka, bisa jadi itulah yang anda fikirkan mengenai warna daging buah kuning-oranye ini. Tapi jangan salah, pepaya mampu mengatasi dan mencegah stress. Nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya mampu menghentikan stress dalam tubuh. Setengah pepaya mengandung 75% vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk.

Berdasarkan hasil penelitian para ahli kesehatan di Universitas Alabama, As. 1 buah pepaya ukuran besar mengandung 200 mg vitamin C. Dengan jumlah kadar vitamin seperti itu, seekor tikus tidak akan mengalami stress selama 2 hari. " Jika pepaya juga berkhasiat untuk menghilangkan stress pada tikus, berarti juga bisa digunakan untuk menghilangkan stress pada manusia" ujar Zinczenko.

2. Teh Pepermint

Teh dengan daun mint ini sangat direkomendasikan oleh para ahli nutrisi, karena merupakan minuman yang mmapu membuat anda jauh lebih fokus dan meningkatkan semangat kerja seseorang. Sejumlah riset juga membuktikan bahwa konsumsi teh pepermint mampu membuat pengendara lebih tahan ngantuk dan tetap fokus.

3. Biji Labu

Makanan sehat pencegah stress berikutnya adalah biji labu. Biji labu sebagai obat pencegah stress mungkin ini belum diketahui masyarakat kebanyakan di indonesia. Padahal, biji labu mengandung magnesium yang tinggi. Tubuh kita membutuhkan asupan magnesium dalam jumlah yang sangat besar, jika kebutuhan akan magnesium tidak dapat dipenuhi, maka resiko gejala stress seperti sakit kepala, cemas, tegang, kelelahan, insomnia, gelisah, tekanan darah tinggi akan terjadi pada tubuh kita. "Seperempat mangkuk biji labu mampu memenuhi setengah kebutuhan magnesium dalam sehari". Ungkap Zinczenko.

4. Buah Alpukat

Selain sangat populer akan manfaatnya untuk kecantikan kulit, ternyata buah alpukat juga memiliki khasiat sebagai pencegah stress alami. Buah alpukat memiliki kandungan lemak sehat dan juga potassium yang tinggi. Bahkan kandungan potassium alpukat lebih tinggi dibandingkan pisang.

5. Salmon

Ikan salmon memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi, bagi anda penyuka ikan tentu sangat faham akan hal ini. Kandungan gizi ikan salmon yang cukup esensial adalah omega3. Selain itu, juga mengandung protein yang tinggi, trifopan. Satu filet salmon memiliki trifopan yang setara dengan kebutuhan dalam satu hari, dan kandungan inilah yang sangat ampun untuk mencegah stress berlebih.

6. Kacang Almond

Kacang almond mengandung LDL yang baik untuk jantung. LDL ini akan memerangi 10 % kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara teratur. Ia juga menurunkan resiko serangan jantung, kanker serta membuat Anda awet muda.

Beberapa studi yang pernah dilakukan, almond juga baik untuk diet lantaran kandungan sertnya yang cukup tinggi. Almond juga mengandung karbohidrat yang bisa mengenyangkan perut bila dikonsumsi. Almond juga kaya akan protein, yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan kuku, kulit, dan rambut.

Kandungan kalsium dalam Almond cukup tinggi. Karena itu, kacang almond bisa memperlancar peredaran darah dan menjaga kestabilan liver. Tak ketinggalan, Almond juga mengandung vitamin E. Perlu diketahui, vitamin E sangat memicu tubuh memproduksi hormon anti stress.

7. Havermut

Efek biokimia dari stress adalah kehabisan stok serotonin, hormon yang membuat kita merasa sejuk, tenang dan terkendali. Untuk dapat menstabilkan kadar hormon serotonin ini dapat kita lakukan dengan meningkatkan asupan karbohidrat.

Sebaliknya untuk memperlancar produksi serotonin, konsumsilah makanan yang kaya akan serat seperti gandum. Lambatnya pencernaan makanan dapat mengakibatkan produksi serotonin stabil dan mencegah naiknya kadar gula dalam darah yang mengakibatkan perubahan suasana hati dan nafsu makan. Selamat mencoba..

Simak juga :

0 comments "7 Makanan Sehat Pencegah Stress", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment