Kandungan Biji Buah Pinang

Kandungan Biji Buah Pinang - Biji Buah Pinang memiliki kandungan zat-zat dan senyawa yang telah terbukti secara klinis mampu berperan secara aktif sebagai penyembuh berbagai macam penyakit kronis dan juga mampu meningkatkan keperkasaan pria (meningkatkan libido). Mari simak fakta menarik mengenai kandungan dan manfaat biji buah pinang tersebut.

Kandungan Biji Buah Pinang
Kandungan Biji Buah Pinang

Buah pinang memang sudah akrab di masyarakat kita sejak zaman nenek moyang kita . Pada umumnya buah pinang ini digunakan untuk nyirih, yaitu buah pinang yang dikunyak besama daun sirih dan kapur. Dan yang menarik adalah, orang yang nyirih ini rata-rata memiliki gigi yang kuat dan utuh meskipun usia mereka sudah mulai renta.

Tradisi nyirih konon sudah dilakukan sejak semenjak 500 tahun yang lalu di daerah Asing Tenggara yang meliputi Malaysia, Thailand, Stilangka, termasuk Indonesia. Meskipun saat ini tradisi ini sudan mulai langkan karena perkembangan alat kesehatan, beberapa di daerah di dindonesia masih banyak orang yang masih menjaga tradisi nyirih ini.

Berdasarkan penelitian oleh para ahli, yang dikutip dari ”The Merck Index”, zat yang terkandung didalam buah pinang seperti Arecoline yang merupakan sebuah ester metil-tetrahidrometil-nikotinat yang berwujud minyak basa keras. Dulu, zat tersebut digunakan dalam bentuk arecolinum hydrobromicum yang berfungsi untuk membasmi cacing pita pada hewan seperti unggas, kucing, dan anjing, sebelum ditemukannya obat cacing sintetik, seperti piperazine, tetramisole, dan pyrantel pamoate.

Jika manusia rajin mengkonsumsi pinang muda, penyerapan nutrisi oleh tubuh melalui usus menjadi maksimal karena akan terbebas dari cacingan. Zat pada pinang muda bersifat alami, jadi masih jauh lebih baik dan aman daripada zat kimia sintetis. Cara mengkonsumsinya sangat mudah, jika buah pinang masih muda, tinggal dikunyah bijinya dan dihisap cairannya. Jika buah pinang sudah agak tua, tinggal diremukkan isinya, kemudian direbus dan air hasil rebusannya diminum.

Senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam biji pinang adalah Arecaidine atau arecaine, Choline atau bilineurine, Guvacine, Guvacoline, dan Tannin dari kelompok ester glukosa yang menggandeng beberapa gugusan pirogalol. Sifat astringent dan hemostatik dari zat tannin inilah yang berkhasiat untuk mengencangkan gusi dan menghentikan perdarahan.

Buah pinang muda rasanya yang sedikit asam itu, diyakini oleh masyarakat Nanggroe Aceh Darusaslam dapat menambah atau merangsang vitalitas seksual. Menurut salah seorang peramu obat tradisional di daerah tersebut, sudah banyak penderita lemah syahwat yang disembuhkannya dengan cara memberi ramuan buah pinang muda yang dicampur dengan bahan ramuan alam lainnya.Penderita lemah syahwat yang sudah lama menginginkan anak itu, setelah diberi ramuan dari buah pinang muda dengan campuran lainnya, kini mereka telah dianugerahi dua orang anak.

Manfaat buah pinang 
  1. Pinang dimanfaatkan bijinya yang di dunia Barat dengan dikelan sebagai Betel nut.
  2. Biji pinang mengandung alkaloida seperti misalnya arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline), yang sedikit banyak bersifat racun dan adiktif, dapat merangsang otak. Sediaan limpisida biji pinang di apotek bisa digunakan untuk mengobati cacinganm terutama cacing pita. Kandungan lainnya dalam buah pinang antara lain : arecaidine, arecolidine, guracine (guacine), guvacoline, dan kandungan atau unsur lainnya.
  3. Buah pinang digunakan untuk ramuan penyembuh disentri, diare berdarah, dan kudis. Biji pinang juga digunakan untuk menghasilakn zat warna merah dan bahan penyamak.
  4. Akar pinang jenis pinang itam, digunakan sebagai bahan peracun untuk menyingkirkan musuh. Sedangkan pelepah daunnya yang berbentuk seperti daun (dikenal dengan sebutan upih) digunakan untuk membungkus kue dan makanan lainnya. Umbutnya dimakan sebagai lalapan atau dibikin acar.
  5. Batang pinang sendiri diperjual belikan terutama di kota-kota besar, bisa digunakan untuk perayaan 17 Agustus "Panjat Pinang", sebagai bahan perkakas atau pagar. Dan batang pinang yang tua dibelah dan dibuang tengahnya dimanfaatkan untuk talang atau saluran air.
  6. digunakan sebagai pohon rias atau ornamental.
Manfaat buah pinang
  • Biji buah pinang yang masih muda dipercaya dapat mengecilkan rahim setelah melahirkan
  • Buah pinang juga digunakan untuk menghentikan pendarahan, karena adanya kandungan senyawa choline
  • Sebagai obat cacingan, kandungan archoline dipercaya dapat mengatasi cacingan pada unggas.
  • Menambah keperkasaan pada pria dan meningkatkan libido
  • Zat pewarna alami. Warna merah mudah yang dihasilkan pada buah pinang muda ini bersumber dari senyawa phobapheen yang terkandung di dalamnya.
  • Mengunyah dan meminum air buah pinang dapat menghindari terjadinya mata rabun.
Itulah Kandungan dan Manfaat Biji Buah Pinang. Terimak kasih atas kesediaan anda telah menyimak  sajian informasi yang kami berikan. semoga bermanfaat, aamiin..

0 comments "Kandungan Biji Buah Pinang", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment