Khasiat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Sepatu untuk Kesehatan - Kembang sepatu memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk berbagai pengobatan penyakit dan juga untuk kesehatan tubuh. Sudahkan anda menggunakan bunga sepatu untuk mengatasi keluhan yang anda rasakan? dan manfaat apa saja yang dimiliki oleh bunga sepatu? Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Khasiat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Sepatu untuk Kesehatan
1. Obat Gondongan

Bunga sepatu memiliki banyak manfaat, dan yang pertama yang akan kita bahas adalah sebagai obat tradisional penyakit gondongan. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan 30 gram bunga sepatu, cuci hingga bersih, rebus dengan 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum 3x sehari dengan sosis yang sama

2. Keputihan

Meotde penyembuhan penyakit keputihan alami dengan menggunakan kembang sepatu : Ambil 15 gram kembang sepatu segar, 15 gram jengger ayam, dan 30 gram kulit delima segar. Cuci semua bahan hingga bersih, lalu rebus dengan 500 ml sampai tersisa 200 ml. Saring air rebusan, dan minum air 2 x sehari.

3. Memperlancar haid

Anda memiliki keluhan haid yang tidak lancar? Mari kita coba cara alami untuk memperlancar haid dengan menggunakan bunga sepatu. Gunakan 3 kuntum kembang sepatu segar, cuci bersih giling sampat lumat tambah 150 ml air matang, tambahkan cuka beras putih secukupnya aduk rata, kemudian saring arinya dan minum 3x sehari 100 ml.

4. Sariawan

Penyembuhan sariawan dengan bunga sepatu : 30 gram daun kembang sepatu cuci bersih dan seduh dengan menggunakan air panas sebanyak 100 ml selama kurang lebih 15 menit, dinginkan, saring airnya, minum 3x sehari dengan sosis yang sama.

5. Batuk berdarah dan batuk berlendir

Selain dengan menggunakan ekstrak teripang laut yang digunakan sebagai obat tradisional penyakit batuk berdarah, ternyata bunga sepatu juga mampu mengatasi dan menyembuhkan batuk berdarah/batuk berlendir secara efektif. Caranya : ambil 2 kuntum bunga sepatu segar, remas kembang sepatu, seduh dengan air panas 400 ml, tutup dan biarkan semalaman, saring ambil airnya pada esok harinya, tambahkan madu alami secukupnya, minum pada pagi hari sebelum makan

6. Radang saluran nafas

2 kuntum kembang sepatu segar cuci bersih, giling kembang sepatu sampai lumat, tambahkan air putih matang 100 ml, tambahkan sedikit garam dapur, aduk rata peras ambil arinya, minum 2x sehari dengan dosis yang sama

7. Demam malaria

50 gram daun kembang sepatu, setengah lembar daun pepaya, 10 gram garam inggris, rebus ramuan dengan air setengah liter sampai mendidih saring airnya, minum air ramuan tersebut selagi hangat.

8. Mengeluarkan racun

Kelopak bunga sepatu kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari toksin atau racun. Saat ini telah banyak dijual teh yang terbuat dari kelopak bunga sepatu. Selain kandungan antioksidan yang ada dalam bunga sepatu ini juga sangat bermanfaat untuk melawan kanker dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh di dalam tubuh.

9. Kesehatan kulit

Kelopan bunga sepatu juga dapat bermanfaat untuk membesihkan kulit. Caranya sangat mudah dan dapat kita lakukan sendiri, yaitu cukup dengan menggosokkan kelopak bunga sepatu di wajah dan leher. Minyak bunga sepatu sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih halus. Bunga sepatu ini juga mempunyai sifat anti inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan jerawat dan mencegah terjadinya penuaan dini.

10. Menurunkan berat badan

Bunga sepatu memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun, lemak dan kalori yang terakumulasi di dalam tubuh, sehingga inipun mampu menurunkan berat badan tubuh secara alami dan efektif.

11. Memperbaiki suasana hati

Selama menstruasi, wanita akan mengalami perubahan hormon yang kadang membuat suasana hati mereka menjadi tidak menentu. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa mengkonsumsu teh bunga sepatu, hal ini dipercaya dapat memperbaiki suasana hati kita. Anda tidak percaya ? Silakan buktikan kebenarannya.

12. Penambah energi

Teh bunga sepatu juga ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan energi. Hal ini sangat bermanfaat untuk revitalisasi energi dan membebaskan kita dari stress dan ketegangan yang ada di dalam tubuh.

13. Pereda demam

Ketika kita demam atau terserang pilek, jangan dulu menggunakan obat-obatan kimia. Kita bisa menggunakan bahan alami yang tersedia di lingkungan sekitar kita. Ya, dengan bunga sepatu. Hal ini karena bunga sepatu kaya akan kandungan vitamin C yang mampu melawan virus penyebab pilek.

14. Mengurangi sensasi terbakar

Teh bunga sepatu dapat membantu mengurangi sensasi terbakar dalam tubuh wanita sebagai sinyal awal menopause. Teh bunga ini mampu memberikan efek atau dampak menenangkan dan mendinginkan tubuh.

15. Penurun kolesterol jahat

Sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan di Chung Shan Medical University di Taiwan mendapatkan kesimpulan bahwa bunga sepatu ternyata memiliki kandungan antioksidan di dalam kembang sepatu bisa mengurangi dan menurunkan kadar/kandungan kolesterol serta trigliserida di dalam tubuh. Jika anda memiliki penyakit kolesterol yang tinggi, tidak ada salahnya gunakan kembang sepatu untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami tanpa efek samping.

16. Obat alami hipertensi

Bunga sepatu ini sangat banyak khasiatnya. Teh bunga sepatu bisa menstabilkan tekanan darah tinggi yang secara otomatis turunkan tingkat stress serta penyakit darah tinggi (darah tinggi).

17. Makanan yang bergizi

Mengapa bunga sepatu dikatakan sebagai sumber makanan yang bergizi, hal ini karena bunga ini memiliki kandungan vitamin C, mineral, serta antioksidan. Semua nutrisi tersebut juga membuat perlindungan tubuh dari infeksi saluran pernafasan.

18. Mengatasi rambut rontok

Mengkonsumsi teh bunga sepatu secara teratur dapat mencegah kerontokan rambut. Ada juga dapat memakainya sebagai bahan dasar masker rambut. Cara membuat masker rambut dari bunga sepatu ini sangat mudah, cukup rebus kembang sepatu ini dan gunakan air rebusan bunga sepatu ini untuk membasuh rambut. Langkah pengobatan tradisional ini dipercaya sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok.

19. Obat alami jerawat

Khasiat Bunga Sepatu untuk Kesehatan yang terakhir kita bahas adalah sebagai obat jerawat. Jerawat bagi kebanyakan orang memang sangat mengganggu, terutama bagi para remaja yang sangat memperhatikan penampilan dan kecantikan kulit wajah. Caranya sangat mudah, rendam bunga sepatu di dalam air selama kurang lebih 30 menit, kemudian haluskan bunga sepatu tersebut sampai halus, kemudian campur dengan madu alami, dan langkah terakhir adalah oleskan ramuan herbal jerawat dari bunga sepatu tersebut pada wajah yang berjerawat. Kulit menjadi lebih sehat dan bebas dari jerawat. Selamat mencoba..

0 comments "Khasiat Bunga Sepatu untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment