Beberapa Macam Gatal-Gatal pada Kulit

Beberapa Macam Gatal-Gatal pada Kulit - Rasa gatal memang sangat wajar dirasakan oleh setiap orang, terutama bagi kaum wanita yang memiliki beragam aktivitas dan pekerjaan di rumah. Tidak hanya mengganggu kenyamanan, beberapa jenis penyakit gatal pada kulit ini bisa jadi merupakan suatu gejala dari penyakit serius yang luput dari perhatian kita selama ini.

Seperti adanya proses peradangan pada kulit, alergi, infeksi, jamur dan lainnya. Gatal-gatal pada kulit ini sebenarnya dapat kita atasi dengan melakukan pengobatan sendiri, tentunya dengan mengetahui penyebab dari gatal-gatal tersebut dengan menggunakan obat gatal yang cocok dan tepat.
Beberapa Macam Gatal-Gatal pada Kulit

Beberapa Macam Gatal-Gatal pada Kulit
Berikut ini adalah macam-macam jenis penyakit gatal-gatal pada kulit yang paling umum terjadi. Adapun jenis-jenis penyakit gatal kulit tersebut adalah sebagai berikut :
1. Gatal Pruritoseptif

Gatal ini adalah jenis gatal-gatal pada kulit yang timbul akibat terjadinya radang pada kulit, seperti : eksim, kulit rusak, kulit sensotof, kulit kering, kulit terinfeksi bakteri atau jamur, dll.

2. Gatal Neuropatik

Gatal yang disebabkan oleh adanya kelainan pada syaraf atau disebut juga dengan Neuropatik, biasanya kasus gatal yang seperti ini terjadi pada eksim kering atau setelah sembuh dari penyakit yang menyerang dan merusak syaraf tepi. Gatal-gatal jenis neuropatik ini akan sangat mengganggu penderitanya karena memiliki sifat gatal yang hebat seperti perasaan tertusuk.

3. Gatal Neurogenik

Gatal-gatal di seluruh tubuh juga dapat terjadi dan timbul karena adanya kelainan atau rangsangan di pusat otak dan biasanya gatal jenis neurogenik ini terjadi dikarenakan oleh kondisi fisik yang salah, seperti : adanya kelainan ginjal, empedu, tiroid, dll. Gatal jenis neurogenik ini juga bisa timbul karena mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu yang mengakibatkan alergi pada tubuh. Rasa gatal timbul pada seluruh bagian tubuhnya, dan hal inilah yang menyebabkan kebanyakan pendritanya tidak mampu menyebutkan  secara pasti bagian tubuh mana yang terasa gatal pada kulitnya.

4. Gatal Psikogenik

Ada jenis gatal-gatal yang disebabkan oleh adanya faktor psikis, anda percaya? Ya, hal ini bisa saja terjadi pada seseorang yang sudah tersugestu merasa gatal. Bahkan pada beberapa orang tidak bisa membedakan apakah rasa gatal pada kulitnya tersebut benar-benar dirasakannya atau hanya perasaannya saja. Dan parahnya, kuit yang digaruk justru bisa menimbulkan rasa gatal, sehingga penderitanya tersebut berfikir dan merasa bahwa rasa gatak itu memang benar-benar terjadi pada dirinya. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Gatal Kulit).

Demikianlah sajian informasi mengenai Beberapa Macam Gatal-Gatal pada Kulit, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang penyakit gatal kulit. Simak sajian informasi kesehatan menarik lainnya hanya di Blog Obat Tradisional Penyakit Amandel.

1 comments:

  1. terima kasih artikel sangat bermanfaat sekali,, sekarang saya bisa mengetahui dan mempraktekannya

    ReplyDelete