10 Bahan Alami Penghilang Gatal Kulit

10 Bahan Alami Penghilang Gatal Kulit, Gatal-gatal pada kulit dapat kita atasi dengan menggunakan ramuan herbal dari bahan-bahan alami. Simak sajian informasi obat alami untuk gatal kulit berikut ini.

10 Bahan Alami Penghilang Gatal Kulit

10 Bahan Alami Penghilang Gatal Kulit

Berikut ini adalah 10 jenis obat alami penyembuh gatal kulit yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati penyakit gatal-gatal atau ruam pada kulit. Dan manfaatnya telah terbukti secara ampu mengobati gatal-gatal kulit tanpa efek samping.

1. Timun

Timun memiliki senyawa yang bersifat menyejukkan dan menyegarkan, dengan manfaat itulah tumun banyak digunakan di salon-salon kecantikan. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit saja, timun juga sering digunakan sebagai obat alami penyakit gatal dan ruam di kulit. Timun bisa dipotong, ditumbuk atau diparut kemudian ditaruh di atas kulit yang ruam.

2. Kulit Pisang

Khasiat kulit pisang dalam menyejukkan gatal telah lama diketahui sejak lama. Cara penggunaannya cukup mudah, kulit pisang diletakkan di atas kulit yang gatal dengan bagian dalam menghadap ke kulit. Rasakan reaksinya, kulit yang gatal peralahan akan berkurang.

3. Cuka apel

Dengan berbgai manfaat yang telah dimiliki oleh cuka apel, ternyata masih ada khaisat yang tak kalah luar biasa dri cuka apel ini, yaitu mampu mengatasi rasa gatal pada kulit. Untuk penggunaannya sendiri, cukup dnegan menggunakan kapas atau kertas yang sudah ditetesi dengan cuka apel dan di taruh di atas kulit yang ruam atau gatal. Adapun fungsi cuka apel itu sendiri adalah menetralisir racun yang mungkin merupakan penyebab dari ruam atau gatal pada kulit.

4. Baking Soda

Penggunaan baking soda dapat menarik racun ke permukaan sehingga dikenal juga sebagai obat jerawat alami. Untuk meringkankan ruam kulit, terutama yang sudah merah melepuh kita hanya perlu menggunakan 3 sendok baking soda dan dapat dicampur dengan air dan oleskan pada kulit yang ruam.

5. Oatmeal

Oatmeal, selama ini kita hanya mengetahui bahwa oatmeal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Ternyata, oatmeal juga bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Pertama, haluskan oatmeal hingga menjadi bubuk, kemudian masukkan ke dalam kantong yang diikatkan pada kran tempat keluarnya air pada bak mandi. Berendamlah dengan air hangat yang sudah tercampur dengan oatmeal selama 30 menit. Selain dengan menggunakan oatmeal seperti cara di atas, kita juga bisa mengaplikasikan oatmeal pada bagian kulit yang ruam / gatal secara langsung.

6. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami penghilang gatal kulit yang telah dikenal sebagai penyejuk rasa terbakar pada kulit. Getah lidah buayua bisa langsung dioleskan pada bagian kulit yng terbakar. Dan begitu juga dengan penggunaannya sebagai obat penyembuh gatal-gatal kulit, kita hanya perlu mengoleskan sari/lendir lidah buaya pada kulit yang terasa gatal tersebut.

7. Alkohol

Alkohol digunakan untuk mencegah penyebaran gatal karena racun. Oleskan alkohol dengan cepat ke daerah kulit yang terkena racun, untuk mencegah racun masuk lebih dalam pada kulit.

8. Sari lemon

Asam dari sari lemon merupakan astringent ( bahan yang bersifat mengeringkan) alami. Sari lemon bekerja dengan cara mengeliminasi minyak berlebih, sehingga banyak digunakan sebagai prosuk kecantikan. Dalam mengatasi rasa gatal, sari lemon dapat menyerap racun yang berbentuk minyak sehingga mengurangi gatal. Untuk penggunaannya sendiri, oleskan sari lemon pada kulit yang ruam/gatal.

9. Air mengalir

Jika kulit terkena racun atau bahan kimia lainnya yang berbahaya, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan cara mencucinya di bawah air yang mengalir. Air yang mengalir akan membawa racun dari permukaan kulit sehingga mencegahnya untuk masuk lebih dalam. Dan hal ini juga berlaku untuk mengatasi gatal-gatal kulit.

10. Kompres dingin

Kompres dingin kulit yang mengalami gatal-gatal, dengan mengkompres kulit dengan air dingin, rasa gatalpun akan berkurang.

Selain dengan mengguankan ke-10 bahan alami penyembuh gatal tersebut, ada beberapa jenis tanaman herbal yang telah teruji secara klinis menyembuhkan penyakit gatal atau ruam pada kulit, yaitu denga Tribulus Terrestris dan Maca. Sajian lengkapnya dapat anda simak pada Obat Tradisional Penyakit Gatal Kulit.

Itulah beberapa bahan alami penghilang gatal kulit. Sembuhkan keluhan gatal-gatal kulit yang anda keluhkan dengan bahan alami yang telah tersedia melimpah di alam sekitar kita. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi pengobatan keluhan gatal-gatal yang anda derita saat ini. Selamat mencoba..

2comments: