Faktor Penyebab Penyakit Vitiligo

Fakor Penyebab Penyakit Vitiligo - Penyakit vitiligo adalah suatu kelainan kulit akibat hilangnya pigmen penentu warna kulit dan mata. Penyakit yang menimbulkan gejala bercak-bercak putih asimetris pada kulit ini timbul dan mengenai seseorang disebabkan oleh beberapa faktor pemicu. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Faktor Penyebab Penyakit Vitiligo

Faktor Penyebab Penyakit Vitiligo

Sampai saat ini, penyebab pasti penyakit vitiligo ini belum diketahui. Akan tetapi, ada beberapa kemungkinan yang kerap kali dikaitkan dengan munculnya penyakit kelainan kulit ini, seperti faktor mallfungsi dari kekebalan tubuh yang gagal mengenali bagian dari tubuhnya sendiri hingga sistem imunitas tubuh akan melawan sel dan jaringan miliknya sendiri.

Meskipun demikian, berikut ini adalah beberapa  faktor yang kerap dikaitkan sebagai penyebab penyakit vitiligo oleh para peneliti. Adapun faktor penyebab munculnya penyakit vitiligo tersebut adalah sebagai berikut :
  • Gangguan autoimun, gangguan kekebalan tubuh pasien yang terlalu aktif sehingga dapat menghancurkan melanosit.
  • Trauma dan gesekan seperti area yang rawang seperti tangan, kaki, siku, lutut, dan pergelangan tangan.
  • Sebuah peristiwa stress
  • Terkena sengatan sinar matahari yang terlalu parah atau terkena luka bakar
  • Paparan bahan kimia tertentu
  • Faktor keturunan, karena ditemukan pada beberapa penderita yang mempunyai jalur keluarga yang terkena penyakit vitiligo
  • Terkadang kehilangan pigmen dapat terjadi pada seseorang yang memiliki melanoma, keganasan dari sel-sel yang memproduksi melanin (melanosit).
Itulah beberapa faktor penyebab munculnya penykait vitiligo. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai penyakit vitiligo dan faktor pemicunya. Terima kasih atas kunjungan dan kesediaan adan telah menyimak sajian penyebab penyakit vitiligo yang kami berikan. Salam sehat..

0 comments "Faktor Penyebab Penyakit Vitiligo", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment